ADV A1

Komedo Whitehead dan Blackhead, Ini Penyebabnya!

FAJAR Pendidikan

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat non-inflamasi, yang biasanya muncul di area hidung, dahi, dagu, punggung, dada, leher, lengan dan pundak. Wajah yang berkomedo bisa membuat rasa percaya diri seseorang menurun.

Munculnya komedo ini sering kali disebabkan karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, produksi minyak berlebih, debu atau kotoran. Jika komedo ini terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat, maka jerawat akan muncul di wajah dan menyebabkan peradangan.

Komedo Whitehead dan Blackhead, Ini Penyebabnya!
Komedo Whitehead dan Blackhead, Ini Penyebabnya! [FOTO/INT]
Komedo di wajah terdiri dari komedo putih atau whitehead dan komedo hitam atau blackheadKomedo ini tidak dapat dihilangkan menggunakan bahan-bahan alami yah gaes. Tetapi, butuh skincare dengan bahan aktif yang cocok dengan kulit wajah kamu.

Berikut penyebab komedo, dilansir dari beberapa sumber:

1. Jarang Membersihkan Wajah

Komedo adalah masalah kulit yang bisa dialami semua orang. Munculnya komedo di wajah ini, disebabkan karena jarang membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Jika wajah tidak dibersihkan, maka debu, kotoran, keringat dan minyak yang menempel di kulit akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

BACA JUGA :   5 Fakta Menarik Sungai Aaere, Warna Hijau Tosca

2. Sering Mengonsumsi Makanan Berminyak

Kalau kamu sering mengonsumsi makanan yang berminyak, maka produksi minyak di kulit akan meningkat, dan memicu munculnya komedo di wajah. Untuk itu, hindari makanan yang berminyak dan berlemak, seperti gorengan, makanan kemasan, makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang dibekukan.

3. Jarang Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang bisa dilakukan secara rutin, dan bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, rajin berolahraga bisa membantu mencegah munculnya komedo. Karena saat berolahraga, kita akan mengeluarkan keringat yang bisa membersihkan pori-pori tersumbat penyebab komedo.

4. Perubahan Hormon

Penyebab komedo yang selanjutnya, yaitu karena terjadi perubahan hormon pada perempuan. Biasanya hal ini dialami pada masa haid, kehamilan, menyusui dan menopause. Perubahan hormon ini bisa membuat produksi minyak berlebihan yang menyumbat pori-pori, dan mengakibatkan komedo muncul di wajah.

BACA JUGA :   15 Jenis Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

5. Salah Menggunakan Produk Makeup

Kesalahan menggunakan produk makeup juga bisa menyebabkan komedo. Agar wajahmu terhindar dari komedo, sebaiknya gunakan makeup yang memiliki klaim non-comedogenic dan hypoallergenic. Selain itu, kalau kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, gunakan makeup yang hasil akhirnya matte, untuk mengontrol produksi minyak di kulit.

6. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan wajah berkomedo. Walaupun eksfoliasi memiliki fungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat, menghilangkan komedo dan mengangkat sel kulit mati, tetapi sering eksfoliasi justru bisa merusak lapisan kulit, membuat kulit dehidrasi dan berisiko terkena komedo.

7. Salah Memilih Produk Skincare

Penyebab komedo yang terakhir, yaitu karena salah memilih produk skincare yang bisa memperparah komedo di wajah. Sebaiknya hindari menggunakan produk skincare yang terlalu melembapkan wajah, dan bisa meningkatkan produksi minyak di wajah.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI