- Advertisement -

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Halaman 46 48 49 50 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Halaman 46 48 49 Pembelajaran 4, Tema 9 yaitu Menjelajah Luar Angkasa, Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan. Pembelajaran 4 dimulai dari halaman 39 sampai 50.

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 46

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ayo Menulis

Dalam sebuah cerita fiksi biasanya terdapat satu tokoh utama dan satu atau lebih tokoh tambahan. Tokoh keduanya biasanya ditentukan dengan melihat seberapa sering sang tokoh muncul dalam cerita atau dialog di dalam cerita tersebut.

Kita juga dapat menentukan tokoh utama dan tokoh tambahan dengan melihat jalan cerita, dan tentang siapa cerita tersebut. Tokoh tambahan biasanya mendukung tokoh utama dalam cerita fiksi. Peran tokoh tambahan salah satunya untuk memperjelas watak tokoh utama. Lakukanlah kegiatan berikut ini dengan mengikuti petunjuknya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

1. Sediakan kertas ukuran A4 atau folio. Gunakan format diagram berikut ini untuk menuliskan tokoh utama, tokoh tambahan, watak, dan tempat terjadinya cerita fiksi “Proyek Rino”.
2. Pada tempat yang disediakan, tuliskan isi cerita dari cerita fiksi di atas.

Jawaban:

Judul cerita : Proyek Rino

Watak tokoh utama (Rino) : Antusias, bertanggung jawab dan mandiri

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Watak tokoh tambahan (Argia) : Sabar, bijakasana dan seka membantu

Hubungan antara tokoh utama dan tokoh tambahan : Tokoh tambahan berhubungan erat dengan tokoh utama dan sangat memengaruhi keseluruhan cerita.

Isi Cerita :
Rino berpikir keras setelah mendapat tugas dari gurunya untuk membuat proyek sekolah. Kakaknya yang bernama Argia membantu permasalahan yang dihadapi Rino dengan memanfaatkan internet. Kak Argia mencari cara membuat barang-barang yang diperlukan Rino untuk dijual di sekolah dalam kegiatan proyek sekolah. Kakak Rino juga menasihati agar Rino bijaksana dalam menggunakan internet karena semua yang dapat terhubung dengan internet itu sesuai dengan usia Rino.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 46

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca cerita fiksi yang berjudul “Proyek Rino.” Dari cerita tersebut, adakah hal yang mirip dengan keadaan atau peristiwa yan terjadi dalam kehidupanmu sendiri? Hal penting apa sajakah yang dapat kamu dapatkan dari cerita tersebut? Bagaimana cara kita dalam menggunakan kemajuan teknologi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa? Ceritakanlah kepada teman sebangkumu!

Jawaban:
Hal penting yang saya dapatkan adalah pemanfaatan teknologi untuk menyelesaikan masalah. dan bijak menggunakan teknologi. Kemajuan teknologi dapat kita gunakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Misalnya dengan adanya telepon genggam kita dapat terhubung dengan saudara-saudara kita yang ada di seluruh Indonesia dari Sabang sampai merauke. Dengan adanya komunikasi yang baik tentunya persatuan dan kesatuan bangsa akan semakin terbina dengan baik. Hindari menyebarkan hoax yang mudah memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan harapan semua bangsa yang berdaulat di muka bumi, termasuk Indonesia. Bangsa yang bersatu akan memudahkan pembangunan dan tercapainya cita-cita bangsa. Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan itu sendiri? Mari kita cari tahu dengan membaca bacaan berikut ini.

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Halaman 54 55 56 57 58 Pembelajaran 1

Ayo Membaca

Makna Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, dan adat budaya. Makna kesatuan di dalamnya adalah Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

Dari segi geografis, kita dapat melihatnya dari peta wilayah Indonesia. Pengertian wilayah Indonesia berarti bagian bumi yang membentang dari 95° sampai 141° Bujur Timur dan 6° Lintang Utara sampai 11° Lintang Selatan. Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, sesuai dengan batas-batas wilayahnya.

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah juga rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang bermukim di dalam wilayah itu. Senasib karena telah berhasil menjadi bangsa yang merdeka dan membentuk negara kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia juga bermakna semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Para pemuda dari berbagai suku bangsa berikrar pada sebuah kongres pemuda tahun 1928.

Kesadaran terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa menjadi tonggak sejarah bersatunya tekad pemuda Indonesia. Para pemuda bertekad untuk Indonesia yang bersatu dan Indonesia sebagai sebuah kesatuan.

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah “Persatuan Indonesia” merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa. Hal tersebut juga tercantum pada Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi: “Dan perjuangan pergerakan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Sumber tulisan : www.markijar.com dengan penyesuaian

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 48 dan 49

Ayo Berdiskusi

BACA JUGA:  30 Contoh Kalimat Denotasi Lengkap

Bersama dengan teman sebangkumu jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Apa makna persatuan dan kesatuan bangsa dari bacaan tersebut?
Jawaban:
Negara Indonesia sebagai bentuk persatuan dari kumpulan suku-suku di Indonesia yang beragam dan mendiami wilayah geografis pulau-pulau di Indonesia.

2. Apa makna persatuan kesatuan bangsa menurutmu sendiri?
Jawaban:
Menurut saya makna persatuan adalah utuh atau tidak terpecah belah serta rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa.

3. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa diupayakan oleh para pendiri bangsa?
Jawaban:
Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai semangat bagi para pemuda bangsa yang berikrar dalam Sumpah Pemuda. Pada masa perjuangan kemerdekaan persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

4. Bagaimana makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini? Berikanlah beberapa contoh!
Jawaban:
Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia saat ini adalah :
– Indonesia adalah negara beragam. Sehingga masyarakat harus mengakui jika Indonesia negara yang beragam dan tetap satu sebagai bangsa Indonesia.
– Adanya wawasan nusantara, maka tiap orang akan merasa satu, senasib sepenanggungan.
– Setiap orang bisa mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan.

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.
Jawaban:

Judul : Racikan Toleransi di Semangkuk Soto Kudus
Sumber : www.liputan6.com

Makna persatuan dan kesatuan dalam berita :
– Tak hanya warga Kudus yang menikmati soto dan pindang kerbau. Ada pula yang datang dari Jakarta
– Soto Kudus merupakanan akulturasi Tiongkok dan nusantara.
– Soto Kudus merupakan simbol nyata toleransi di Tanah Air.

Ayo Renungkan

– Bagaimana pendapatmu tentang cara hidup masyarakat modern yang kamu lihat di sekelilingmu?
Jawaban:
Cara hidup masyarakat modern memiliki sisi positif dan juga sisi negatif. Sisi positifnya adalah masyarakat moderen memiliki cara hidup yang serba efisien dengan memanfaatkan teknologi. Sisi negatifnya adalah masyarakat modern tidak bergantung lagi pada manusia lain sehingga menjadi masyarakat yang individualis.

– Apa saja pengaruh berkembangnya teknologi komunikasi terhadap kehidupanmu sehari-hari?
Jawaban:
Perkembangan teknologi komunikasi semakin memudahkan proses komunikasi tanpa memikirkan jarak, ruang dan waktu, lebih mudah dalam memperoleh informasi dengan memperolehnya lebih cepat.

Bagikan

BACA JUGA:

Hak Veto PBB: Pengertian, Sejarah dan Negara Pemilik Hak

Hak veto dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah hak spesial untuk membatalkan keputusan, ketetapan, rancangan peraturan dan undang-undang atau resolusi. Berikut Sejarah Hak Veto. Dilansir situs History,...

Pengertian Trakea Lengkap Fungsi Dan Struktur Trakea

Pengertian Trakea Lengkap Fungsi Dan Struktur Trakea, Trakea atau batang tenggorokan merupakan bagian dari sistem pernapasan yang berbentuk pipa tabung memiliki diameter sekitar 20...

Jaringan Tumbuhan : Jenis, Ciri-Ciri, Gambar dan Fungsi

Jaringan Tumbuhan : Jenis, Ciri-Ciri, Gambar dan Fungsi, Jaringan pada tumbuhan terbagi menjadi dua, ada yang bersifat meristematis dan bersifat permanen. Simak penjelasan lengkapnya...

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap. Sosialisasi politik merupakan sebuah proses dengan...

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Subtema 3 Belajar Berwirausaha, Pembelajaran 3 Halaman 146, 147, 148, 149, 150, 151

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 5 Kelas 6 SD/MI halaman 146, 147, 148, 149, 150,...

POPULER