Mahasiswa KKN PPM Unhas Mengadakan Penyuluhan Perawatan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada Anak

FAJAR Pendidikan

MAKASSARSerangkaian dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis pada Rabu (10/08), mahasiswa KKN PPM Unhas melaksanakan penyuluhan salah satunya ialah Perawatan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi  (KIPI) pada Anak. Kegiatan ini diikuti oleh Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan Kader Posyandu di Desa Belabori Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.

Program ini merupakan program yang dilaksanakan untuk kelompok khusus Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Tujuannya ialah agar para ibu dan calon ibu dapat mempersiapkan anaknya dalam melaksanakan imunisasi dan juga tidak takut terhadap adanya respon KIPI setelah melakukan imunisasi.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang FKM Unhas Ikut Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Catin di KUA Kecamatan Manggala

Terkhusus untuk kader posyandu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyampaikan kepada ibu hamil dan ibu menyusui agar melakukan imunisasi setiap jadwal dan melaporkan apabila terjadi KIPI pada setiap posyandu.

Penyuluhan ini dibawakan oleh bidan Desa Belabori dengan metode ceramah. “Saya harap setelah dilakukan penyuluhan ini ibu hamil, ibu menyusui dan kader posyandu dapat mengetahui cara perawatan anak jika terjadi KIPI,” ujar Bidan Muslimah, selaku pemateri.

BACA JUGA :   Siapkan Lulusan Berkompetensi, Prodi Perpajakan Poltekbos Gelar Test TOEFL

Hal ini sejalan dengan tujuan penyuluhan yang disusun oleh penanggung jawab. “Tujuan dari penyuluhan ini agar ibu dapat mengetahui cara perawatan anak selama terjadi KIPI,” ucap Risna selaku penanggungjawab kegiatan ini.

Kegiatan ini berjalan lancar sesuai dengan dukungan masyarakat dan kinerja mahasiswa KKN PPM Unhas yang gencar dalam mensosialisasikan kegiatan ini. Selain itu, dukungan dari puskesmas juga sangat berperan penting dalam kegiatan ini.

 

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -