Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Lokus Gowa Latih Kader Emo-Demo

Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Lokus Gowa Latih Kader Emo-Demo
Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Lokus Gowa Latih Kader Emo-Demo

Tim mahasiswa KKN Tematik Stunting Lokus Kabupaten Gowa Posko 2 Gelombang 108 Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan pelatihan emo-demo di Aula Kantor Desa Je’nemadinging, Jumat 12 Agustus 2022.

Kegiatan ini dibawakan oleh Diva Fadliah Kusumawardani, Andi Dewi Chandra, Nuur Rahmah, Nilasari, Sri Wafiq Azisah, dan Nia Aulyah Baddulu serta dihadiri oleh 16 orang kader posyandu Desa Je’nemadinging.

“Emo-Demo bertujuan sebagai sarana penyampaian pesan sederhana dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat mudah diingat serta mempermudah dalam strategi perubahan perilaku,” ujar Diva Fadliah Kusumawardani.

BACA JUGA :   FKM Unhas dan Indohun Kenalkan One Health Hadirkan 4 Pembicara

Salah satu Emo-Demo yang diperagakan yaitu Porsi Makan Bayi dan Anak.

Disini disediakan alat peraga berupa piring mainan dan tiga macam kartu.

Kartu putih ibarat nasi, kartu merah ibarat lauk seperti ikan, serta kartu hijau ibarat sayur dan buah.

Instruksi-nya adalah peserta diminta untuk mengisi piring mainan dengan kartu-kartu tersebut sesuai dengan porsi makan yang biasa mereka berikan pada anaknya.

BACA JUGA :   Dekan Prof Sukri Palutturi Sebagai Pakar Healthy Cities Jadi Alasan Forum Nasional Kabupaten/Kota Sehat Indonesia Gendeng FKM Unhas

“Maksud dari Emo-Demo ini adalah untuk mengetahui bahwa anak juga memerlukan makanan yang beragam dan bergizi tinggi, serta porsi makan yang juga seimbang,” lanjut Diva Fadliah Kusumawardani.

Dosen Pendamping KKN yaitu Muhammad Rachmat, SKM MKes; Dr Citrakesumasari, MKes SpGK, dan Nasrah, SKM, MKes.