Mahasiswa Posko 24 FKM Unhas Gelar Seminar Awal PBL II di Desa Bonto Manai

Mahasiswa Posko 24 Praktik Belajar Lapangan (PBL) II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar seminar awal di Desa Bonto Manai, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep. Rabu, 11 Januari 2023.

Lima mahasiswa Posko 24 yaitu Nurwilda Fajriani, Shalwa Safitri, St. Mutia Faradiba, Andi Baso Arsidin, A. Faizah Nadia merupakan mahasiswa semester 5 yang sedang melaksanakan PBL II.

Kegiatan Seminar awal merupakan salah satu agenda kegiatan PBL II yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Staff Desa, Kepala Dusun, Ketua RK dan RT serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Bonto Manai.

- Iklan -

Posko ini didamping oleh seorang supervisor Selvi Yusnita Sari, SKM., M.Kes juga turut hadir dan memberikan sambutan dalam seminar awal.

Baca Juga:  HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Kepala Desa Bonto Manai mengatakan: “Saya berharap dengan kedatangan mahasiswa PBL II Unhas ini dapat membawa perubahan yang positif di Desa Bonto Manai”.

Dalam sambutan, Nurwilda Fajriani selaku koordinator desa posko 24 pada PBL II, menjelaskan kegiatan PBL II ini akan melibatkan masyarakat Desa Bonto Manai. “Kami berharap dapat bekerjasama dengan baik dalam menyukseskan kegiatan kami nantinya,” ungkapnya.

- Iklan -

Supervisor lapangan, Andi Selvi Yusnitasari, SKM., M.Kes. menyampaikan bahwa kerja sama Kepala Desa, aparat desa serta masyarakat sangat penting dalam pelaksanaan intervensi yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa PBL.

Harapannya, kehadiran mahasiswa PBL dapat berkontribusi dalam mengatasi permasalah kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu, intervensi yang dilaksanakan diharapkan dapat berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Desa Bonto Manai.

- Iklan -
Baca Juga:  Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI Gelar Lomba Olahraga Tingkat Fakultas seFEBI

Kegiatan PBL II FKM Unhas dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 09-23 Januari 2023. Adapun Program kegiatan yang menjadi prioritas masalah di Desa Bonto Manai adalah Penyuluhan Mengenai Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat;

Penyuluhan Pencegahan Hiv/Aids Generasi Muda Cegah HIV/AIDS; Pengadaan Tanaman Obat Keluarga, Dan Pengenalan Website PETA (Pemanfaat Tanaman Obat Keluarga) Sebagai Upaya Percepatan Penanganan Risiko Hipertensi Pada Masyarakat;

Penyuluhan Mutu Air Dan Praktik Penjernihan Air Bersih Berbasis Masyaraka; Papan Bicara K3 Untuk Masyarakat Yang Bekerja di Dermaga.

Kegiatan PBL yang dilaksanakan oleh mahasiswa akan mendukung SDG’s, yaitu untuk menciptakan kehidupan sehat dan sejahtera.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU