- Advertisement -

Cegah Kecelakaan, Mahasiswa PBL FKM Unhas Bagikan Buku Saku Keselamatan Berkendara

Mahasiswa PBL II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan intervensi kesehatan berupa pembagian buku saku tentang pencegahan kecelakaan saat berkendara kepada beberapa tukang ojek/supir bentor di Kelurahan Anrong Appaka sebagai representatif dalam rangka peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 15 Januari 2023 di RW 1 Paccelang dan RW 2 Lekoboddong, sedangkan Senin 16 Januari 2023 dilakukan di RW 3 Maccini Ayo dan RW 4 Bulu-Bulu.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Mahasiswa Posko 1 PBL II FKM Unhas terdiri atas enam orang, yaitu Nur Amaliah Tuwo, Onestin Bintang Paembonan, Nindya Wirasista, Hermalia Putri, Rizky Burti Aryanti, dan Masitha.

Pembagian buku saku dilakukan dengan mendatangi pangkalan ojek/supir bentor yang dibarengi pembagian beberapa alat pelindung diri (APD) saat berkendara berupa sarung tangan dan masker.

BACA JUGA:  Hidupkan Tradisi Baik, IAIN Bone Programkan Gerakan Senin Mengaji Bersama

“Kegiatan ini diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan melalui buku saku untuk menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), terkhusus pekerja ojek/supir bentor dalam rangka pencegahan kecelakaan,” ungkap Nur Amaliah Tuwo selaku koordinator posko 1 di tengah pelaksanaan kegiatan.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pada pembagian buku saku, mahasiswa juga menjelaskan garis besar isi buku. Selain itu, kelengkapan dan keamanan kendaraan yang digunakan tukang ojek/supir bentor juga diobservasi.

Di tempat terpisah, A. Muflihah Darwis, SKM, M.Kes, supervisor PBL, mengatakan “Buku saku ini dapat menjadi metode intervensi yang efektif bagi para pengendara karena mampu menjadi alarm sebelum berkendara.

BACA JUGA:  Labkommat UNM Kembali Menggelar Pelatihan Analisis Data

Tidak bisa dipungkiri bahwa kurangnya pengecekan kelengkapan  kendaraan menyumbang angka kecelakaan yang tinggi. Metode intervensi ini diharapkan mendukung tujuan 3 dalam SDGs yaitu menciptakan kehidupan sehat dan layak”.

Kegiatan ini juga didukung oleh Kepala Kelurahan Anrong Appaka, Bambang Mulyadi, SM. Ia menyampaikan apresiasi kepada Mahasiswa Posko 1 PBL II saat melakukan pemaparan bentuk rencana pelaksanaan intervensi kesehatan pada seminar awal yang telah dilaksanakan pada Rabu, 11 Januari 2023.

Selain itu, Babinkamtibmas Kelurahan Anrong Appaka, Bripka Muh. Akbar juga antusias terhadap program intervensi tersebut demi keamanan berkendara, khususnya masyarakat Kelurahan Anrong Appaka.

Bagikan

BACA JUGA:

IAIN Bone Fasilitasi Pertemuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Bone bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Wilayah V ITHLA sukses menggelar ITHLA Sharing di Aula...

Rektor Unibos Harap Maba Mampu Mewujudkan Empat Pilar Unibos

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu, M Eng., dalam sambutannya pada acara penerimaan dan pengukuhan Mahasiswa Baru (Maba), mengungkapkan harapannya kepada para...

Dikunjungi Kapolda Sulsel, Rektor: Di UIN Alauddin Ada Pancasila dan Pancacita

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi-Selatan Irjen Pol Merdisyam melakukan kunjungan ke UIN Alauddin bersilaturahmi dengan Prof Hamdan Juhannis selaku Rektor bersama jajaran pimpinan...

Departemen Kesling FKM Unhas Gelar Oral Presentation & Poster Presentation pada ICER-PH ke 4

Hari 1 dan 2 “International Conference on Environmental Health Risks and Public Health” yang diadakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) berlangsung dengan...

Peserta ToT 2021 LPM Penalaran UNM Laksanakan Implementasi Hasil Pelatihan

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Peserta Training of Trainer (ToT) 2021 LPM Penalaran UNM laksanakan implementasi hasil pelatihan mulai tanggal 28 Juni 2021 hingga 3 Juli 2021. Implementasi hasil...

POPULER