Cegah Kecelakaan, Mahasiswa PBL FKM Unhas Bagikan Buku Saku Keselamatan Berkendara

Mahasiswa PBL II Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan intervensi kesehatan berupa pembagian buku saku tentang pencegahan kecelakaan saat berkendara kepada beberapa tukang ojek/supir bentor di Kelurahan Anrong Appaka sebagai representatif dalam rangka peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 15 Januari 2023 di RW 1 Paccelang dan RW 2 Lekoboddong, sedangkan Senin 16 Januari 2023 dilakukan di RW 3 Maccini Ayo dan RW 4 Bulu-Bulu.

Mahasiswa Posko 1 PBL II FKM Unhas terdiri atas enam orang, yaitu Nur Amaliah Tuwo, Onestin Bintang Paembonan, Nindya Wirasista, Hermalia Putri, Rizky Burti Aryanti, dan Masitha.

- Iklan -

Pembagian buku saku dilakukan dengan mendatangi pangkalan ojek/supir bentor yang dibarengi pembagian beberapa alat pelindung diri (APD) saat berkendara berupa sarung tangan dan masker.

Baca Juga:  Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI Gelar Lomba Olahraga Tingkat Fakultas seFEBI

“Kegiatan ini diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan melalui buku saku untuk menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), terkhusus pekerja ojek/supir bentor dalam rangka pencegahan kecelakaan,” ungkap Nur Amaliah Tuwo selaku koordinator posko 1 di tengah pelaksanaan kegiatan.

Pada pembagian buku saku, mahasiswa juga menjelaskan garis besar isi buku. Selain itu, kelengkapan dan keamanan kendaraan yang digunakan tukang ojek/supir bentor juga diobservasi.

- Iklan -

Di tempat terpisah, A. Muflihah Darwis, SKM, M.Kes, supervisor PBL, mengatakan “Buku saku ini dapat menjadi metode intervensi yang efektif bagi para pengendara karena mampu menjadi alarm sebelum berkendara.

Baca Juga:  Tiga Hal Dibutuhkan Pemuda Era 5.0

Tidak bisa dipungkiri bahwa kurangnya pengecekan kelengkapan  kendaraan menyumbang angka kecelakaan yang tinggi. Metode intervensi ini diharapkan mendukung tujuan 3 dalam SDGs yaitu menciptakan kehidupan sehat dan layak”.

Kegiatan ini juga didukung oleh Kepala Kelurahan Anrong Appaka, Bambang Mulyadi, SM. Ia menyampaikan apresiasi kepada Mahasiswa Posko 1 PBL II saat melakukan pemaparan bentuk rencana pelaksanaan intervensi kesehatan pada seminar awal yang telah dilaksanakan pada Rabu, 11 Januari 2023.

- Iklan -

Selain itu, Babinkamtibmas Kelurahan Anrong Appaka, Bripka Muh. Akbar juga antusias terhadap program intervensi tersebut demi keamanan berkendara, khususnya masyarakat Kelurahan Anrong Appaka.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU