OPINI : Solusi Media Cetak Agar Bisa Bertahan Di Era Digital Saat Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Strategi media cetak dalam  mempertahankan eksistensinya di era digital,  memang kita semua  tidak bisa mengelak dengan kehadiran teknologi yang semakin pesat, yakni dengan menghadirkan media online. Akan tetapi, ada perbedaan antara berita di media online dan media cetak, Dalam media online mengunggulkan kecepatan sehingga kejadian yang berlangsung harus diposting menjadi sebuah berita dalam hitungan menit bahkan detik.

Sementara itu, media cetak dalam mempertahankan eksistensinya dengan cara memberikan ulasan berita secara lengkap dari berbagai sudut pandang dan mewawancarai lebih dari satu narasumber yang memiliki kredibilitas. Strategi lain dalam mempertahankan eksistensinya, media cetak mempertimbangkan desain layout dan gambar dibuat dengan menarik yang disesuaikan dengan pembacanya. Dengan desain yang menarik akan memberi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya, itu adalah salah satu aspek yang dimiliki media cetak untuk tetap bertahan di era saat ini.

  • Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Industri Media Cetak yaitu.

Dengan mempertahankan industri media cetak di tengah persaingan antar media dengan memaksimalkan pelaksanaan strategi pemasaran. Dapat dengan cara membangun jaringan (networking) dalam pemasaran, memelihara pelanggan dengan ikatan yang lebih personal untuk lebih memberikan kepuasan pelanggan, serta mengembangkan pasar baru pada segmen medianya. Taktik lainnya yaitu melakukan promosi baik untuk memperkokoh image, mempertahankan kredibilitas di depan para stakeholder (baik pembaca maupun permasang iklan).

- Iklan -
Baca Juga:  Anies Baswedan Menolak Tawaran dengan Integritas dan Elegan

 Selain manajemen dan pengaturan teknologi yang efektif dan efisien, perusahaan media harus tetap menjaga mutu redaksi dalam menghadapi persaingan antar media yang sama. Salah satunya yaitu petimbangan faktor pemilihan koran bagi pembaca. Kenyamanan pembaca menjadi perhatian pertama bagi pembaca mulai dari ukuran kertas sampai jenis kertas.

Faktor kedua yaitu masalah harga yang perlu disesuaikan dengan persepsi kualitasisi koran tersebut. Tata letak dan artistik koran juga berpengaruh pada tertarikan pembaca terhadap koran dengan memperhatikan peletakkan susunan berita serta kombinasi teks dan gambar. Visual dan tata letak akan menggiring pembaca untuk melihat isi dan konten koran.

Konten adalah yang utama dimana kualitas berita amatlah penting. Kualitas berita dapat dinilai dengan kedalaman suatu berita, kredibilitas, kelengkapan jenis berita dan gaya penulisan dalam membahas berita.

- Iklan -
Baca Juga:  Pilpres Curang, Pemilu Buruk, Quo Vadis Indonesia?

Manajemen media cetak bukan sekadar bagaimana memproduksi suatu berita, tetapi juga berkaitan dengan marketing, manajemen finansial dan kepercayaan dari masyarakat yang menjadi pembacanya. Penting bagi suatu perusahaan media cetak untuk menjaga kepercayaan dan kedekatan dengan pelanggan atau pembacanya. Oleh karena itu perusahaan industri media cetak harus dapat membuka diri terhadap kritik dan masukan dari masyarakat.

Selain keterbukaan pada masyarakat, ada pula tugas yang dihadapi dunia industri media cetak dengan keterbatasan kapasitas yang dimilikinya. Tugas itu berkaitan dengan peran media dalam demokrasi dan bagaimana dunia media dapat bertahan menghadapi perkembangan teknologi. Jadi satu-satunya yang bisa dikerjakan adalah membentuk kerja sama tim yang solid dan mau terus belajar. Perusahaan media harus sadar terhadap kemajuan teknologi informasi saat ini, dan harus mau belajar lagi dengan membuka pikiran dan mau terjun ke lapangan. (Fitriani A)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU