Saturday, September 26, 2020

OPINI : Solusi Media Cetak Agar Bisa Bertahan Di Era Digital Saat Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Strategi media cetak dalam  mempertahankan eksistensinya di era digital,  memang kita semua  tidak bisa mengelak dengan kehadiran teknologi yang semakin pesat, yakni dengan menghadirkan media online. Akan tetapi, ada perbedaan antara berita di media online dan media cetak, Dalam media online mengunggulkan kecepatan sehingga kejadian yang berlangsung harus diposting menjadi sebuah berita dalam hitungan menit bahkan detik.

Sementara itu, media cetak dalam mempertahankan eksistensinya dengan cara memberikan ulasan berita secara lengkap dari berbagai sudut pandang dan mewawancarai lebih dari satu narasumber yang memiliki kredibilitas. Strategi lain dalam mempertahankan eksistensinya, media cetak mempertimbangkan desain layout dan gambar dibuat dengan menarik yang disesuaikan dengan pembacanya. Dengan desain yang menarik akan memberi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya, itu adalah salah satu aspek yang dimiliki media cetak untuk tetap bertahan di era saat ini.

  • Solusi Dalam Menghadapi Tantangan Industri Media Cetak yaitu.

Dengan mempertahankan industri media cetak di tengah persaingan antar media dengan memaksimalkan pelaksanaan strategi pemasaran. Dapat dengan cara membangun jaringan (networking) dalam pemasaran, memelihara pelanggan dengan ikatan yang lebih personal untuk lebih memberikan kepuasan pelanggan, serta mengembangkan pasar baru pada segmen medianya. Taktik lainnya yaitu melakukan promosi baik untuk memperkokoh image, mempertahankan kredibilitas di depan para stakeholder (baik pembaca maupun permasang iklan).

 Selain manajemen dan pengaturan teknologi yang efektif dan efisien, perusahaan media harus tetap menjaga mutu redaksi dalam menghadapi persaingan antar media yang sama. Salah satunya yaitu petimbangan faktor pemilihan koran bagi pembaca. Kenyamanan pembaca menjadi perhatian pertama bagi pembaca mulai dari ukuran kertas sampai jenis kertas.

Faktor kedua yaitu masalah harga yang perlu disesuaikan dengan persepsi kualitasisi koran tersebut. Tata letak dan artistik koran juga berpengaruh pada tertarikan pembaca terhadap koran dengan memperhatikan peletakkan susunan berita serta kombinasi teks dan gambar. Visual dan tata letak akan menggiring pembaca untuk melihat isi dan konten koran.

Konten adalah yang utama dimana kualitas berita amatlah penting. Kualitas berita dapat dinilai dengan kedalaman suatu berita, kredibilitas, kelengkapan jenis berita dan gaya penulisan dalam membahas berita.

Manajemen media cetak bukan sekadar bagaimana memproduksi suatu berita, tetapi juga berkaitan dengan marketing, manajemen finansial dan kepercayaan dari masyarakat yang menjadi pembacanya. Penting bagi suatu perusahaan media cetak untuk menjaga kepercayaan dan kedekatan dengan pelanggan atau pembacanya. Oleh karena itu perusahaan industri media cetak harus dapat membuka diri terhadap kritik dan masukan dari masyarakat.

Selain keterbukaan pada masyarakat, ada pula tugas yang dihadapi dunia industri media cetak dengan keterbatasan kapasitas yang dimilikinya. Tugas itu berkaitan dengan peran media dalam demokrasi dan bagaimana dunia media dapat bertahan menghadapi perkembangan teknologi. Jadi satu-satunya yang bisa dikerjakan adalah membentuk kerja sama tim yang solid dan mau terus belajar. Perusahaan media harus sadar terhadap kemajuan teknologi informasi saat ini, dan harus mau belajar lagi dengan membuka pikiran dan mau terjun ke lapangan. (Fitriani A)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Kampanye Germas di Era Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto dan Mahasiwa Magang Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat, melakukan kegiatan...

Terbaik di Indonesia Timur, Komitmen Pemda Barru dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - 'Paritrana' adalah bahasa sansekerta yang bermakna perlindungan, Tidak banyak daerah yang memiliki progresivitas dalam memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja...

Bupati Suardi Sebut Keistimewaan Profesi Bidan di Muscab IBI Cabang Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id -Musyawarah cabang ketujuh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Barru, digelar di Gedung Tower Kantor Bupati Barru dan dibuka oleh Bupati...

Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru MadrasahPeluncuran Garda Kagum KemenagKab. Barru - Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan...

DPK Sulsel Gelar Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Performance Pengelola Perpustakaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh Hasan Sijaya, S.H., M.H membuka acara Bimbingan Teknis Perpustakaan Angkatan...

REKOMENDASI