Beranda blog Halaman 319

Bendung Kenakalan Remaja dengan Bekal Pendidikan

0

Setelah orang tua mengetahui dan memahami kehidupan buah hatinya pada saat remaja serta fitrah yang meliputi mereka, tentu bila mereka dibiarkan, akan berbahaya bagi diri anak sendiri orang tua serta keluarga.

Bahayanya, bukan hanya petaka di dunia yang membuat sedih dan malu. Bahkan bisa merusak agamanya. Sehingga menuju ke jurang neraka. Nauzubillahi mindzalik.

Untuk itu, orang tua harus membekali anak dengan pendidikan Islami. Agar mereka mengerti aqidah yang benar. Beribadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Sehingga mampu membedakan muamalah. Atau pergaulan yang dibolehlan atau yang haram.

Apabila orang tua tidak mampu mendidik mereka, karena sebuah udzur, berikanlah keberhakan ilmu. Hendaknya anak disekolahkan yang tenaga pendidik, serta materi pelajarannya, benar benar mewarnai anak menjadi anak yang saleh dan salehah.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, telah menjelaskan kepads kita, bahwa ilmu yang paling baik, berfaedah dan tidak mengandung kesalahan, ataupun bahaya, adalah ilmu Al-Quran dan sunnah.

Rasulullah SAW bersabda, “Paing baiknya kalian, adalah orang yang belajar Al-Quran dan mau mengajarkannya. (HR Bukhari, 5027).

Setelah ilmu, hendaknya anak diperrintah untuk beribadah. Sering kita jumpai orang tua, jarang memperhatikan ibadah anaknya, baik ibadah yang wajib, maupun yang sunnah.

Sebab bila remaja ahli ibadah. Tentu diia akan jauh dari maksiat. Karena orang yang menyibukkan diri dengan ibadah, setan tidak mampu menggodanya.

Dikuasai Setan

Sebaiknya, jika remaja tudak mau pergi ke mesjid, untuk salat berjamaah misalnya. Tidak mau menyibukkan dirinya dengan ibadah dan amal yang bermanfaat, niscaya waktu akan dikuasai oleh teman hidupnya. Yaitu, setan yang ada di dalam tubuh mereka.

Rasulullah bersabda, “Tidakkah salah satu.di antara kalian, melainkam ditemani oleh “Qorin”, dan golongan Jin”.

Sahabat bertanya, “Demikian juga dengan dirimu Rasulullah,” Beliau menjawab.:,”Ya. Tetapi Allah menolongku, hingga aku selamat. Setan tidak mampu menggodaku”. (HR Muslim, 8/139).

Allah Azza.Wajalla juga telah mengabarkan kepada kita, bahwa setan tidak mampu menggoda hamba yang ihlas beribadah karena Allah. (Lihat.QS. Al Hajji – 40).

Maka orang tua harus memotivasi anaknya untuk mengerjakan salat dan ibadah lainnya. Bila perlu,.menemaninya. Agar anak tidak disibukkan oleh maksiat dan terhindar oleh lainnya.

Selain itu, orang tua juga, hendaknya mengawasi sikap anaknya selama di rumah, dan ketika dis sedang bepergian Apakah ketika anak di rumah dia berbuat sesuatu kemungkaran melakui hp.

Sedang menulis sesuatu yang membahagakan. Atau sedang melihat gambar porno atau lainnya ? Apakah anak malas salat ? Malas bangun malam. Malas membawa Al-Quran.

InsyaAllah, apabila orang tua selalu mengwasi dan menegur sikap anaknya yang keliru. Anak akan terjaga fitrahnya..dan menjadi anak yang saleh dan salihah. Dengan izin Allah, menjadi anak ahli ibadah, berbuat baik kepada kedua orang tua. Bahksn mendoakan orang tuanya dan bermanfaat kepada umat.juga. (ana)

Resep Sayur Asem Betawi, Segarkan Badan

Pas beberapa hari belakangan ini, setelah merayakan hari lebaran Idul Adha, kaum muslimin menyantap makanan daging-dagingan. Apakah itu daging sapi, ayam atau daging kambing. Karena momentum lebaran haji ini ditandai dengan hari berkurban bagi seseorang atau keluarga kaum muslimin. Dan mendapatkan pahala bagi yang berkurban.

Masanya sekarang, jeda dulu makan daging agar kolesterol tidak melaju naik. Ganti sayuran yang tidak berkuah santan. Misalnya sayur asem.

Untuk sayur asem, ada dua menu. Sayur Asem Betawi dan Sayur Asem Jawa. Namun kali ini, disuguhkan Sayur Asem Betawi, dengan resep @inggrid._soebagio. Berikut resepnya.

Bahan:

–1,5 liter air matang

-1 buah labu siam dipotong-potong kotak

-1 buah jagung manis, dipotong sesuai selera

-5 lonjor kacang panjang, potong-potong panjang sesuai selera

-1 mangkuk daun so atau melinjo

-segenggam kacang tanah

-3 cabe keriting dipotong-potong

-5 siung bawang merah

-1 siung bawang putih

-1/2 jempol lengkuas

-1/4 jempol asam matang

-2 buah tomat potong-potong

-1 sendok teh garam

-secukupnya gula pasir

Cara Membuat:

1. Rebus kacang tanah dan jagung manis sampai empuk, lalu masukkan semua bahan bumbu.

2. Masukkan labu siam yang sudah dipotong-potong, kacang tanah, daun so atau daun mekinjo. Masak sampai mendidih dan bumbu meresap, tanak, agar tidak langu.

3. Setelah itu, angkat lalu sajikan. Sayur Asem Betawi, siap untuk disantap dengan nasi hangat. Selamat menikmati. (Ana)

Rektor IAIN Bone Dampingi Menag RI Buka Ujian SSE UM-PTKIN

0

Rektor IAIN Bone Syahabuddin hadir dampingi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas membuka kegiatan Ujian Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara resmi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Senin (24/6/2024).

Hadir pula dampingi Direktur PTKI, Prof Ahmad Zainul Hamdi, Sekretaris Forum Rektor, Prof Sumper Mulia Harahap, Ketua Panitia SPAN-UMPTKIN, Prof Hj Nyayu Khodijah, dan Rektor UIN Bandung, Prof Rosihon Anwar.

Pembukaan diikuti oleh Panitia Lokal yan ada di 59 PTKIN secara daring. Pada kesempatan itu Panitia Nasional UM-PTKIN dan Menag Yaqut turut berinteraksi menyapa panitia lokal.

Menag Yaqut menjelaskan pentingnya sosialisasi untuk meningkatkan peminat mahasiswa baru PTKIN. Menurutnya, tak bisa dipungkiri calon mahasiswa baru banyak mendapatkan interaksi melalui media sosial.

“Anak-anak kita itu lebih banyak berinteraksi dengan media sosial dibanding dengan kita (bertemu langsung). Intervensi ke media sosial itu perlu,” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa yang tidak kalah penting adalah isi kontennya. “Kontennya jangan kaku-kaku. Kontennya harus mengikuti berfikir anak-anak sekarang,” tegasnya.

Terkahir, ia menyampaikan bahwa PTKIN punya modal untuk terus berkembang lebih baik lagi sebab memiliki kekhsusan dibanding dengan perguruan tinggi lainnya.

“Saya kok ya meyakini di tengah gempuran ideologi budaya yang serba borderless ini yang tidak ada batasan ini. Ilmu-ilmu yang diajarkan di PTKIN ini bisa menjadi benteng pertahanan terakhir bangsa ini,” ujarnya.

Sementara itu pelaksanaan Ujian SSE di IAIN Bone diikuti oleh 821 peserta yang terbagi menjadi 14 sesi selama 5 hari (24-30/6/2024).*

Artis Indonesia yang Diakui Hollywood (Bagian 1)

0

Beberapa pemain film Indonesia memiliki kualitas yang sangat istimewa yang bahkan diakui oleh Hollywood. Industri film Indonesia terus berkembang pesat hingga saat ini.

Meskipun film-film Indonesia sering kali tampil di berbagai festival internasional dan meraih penghargaan, kehadiran artis Indonesia di Hollywood masih tergolong jarang. Namun demikian, dalam dua dekade terakhir, beberapa aktor Indonesia telah berhasil mendapatkan pengakuan dari industri film Hollywood.

Christine Hakim

Christine Hakim, seorang aktor senior dalam industri perfilman Indonesia, pertama kali diakui oleh Hollywood. Dia telah menyampaikan berbagai peran berpengaruh dalam film-film Indonesia, termasuk penampilannya yang mengesankan dalam “Pasir Berbisik”. Christine Hakim telah lama berkecimpung di dunia akting selama puluhan tahun, yang memberinya pengalaman yang sangat luas di industri film.

Dengan latar belakang pengalaman yang mendalam ini, tidak mengherankan jika Christine Hakim kemudian terlibat dalam proyek-proyek Hollywood. Salah satu contohnya adalah penampilannya dalam film “Eat, Pray, Love” yang dibintangi oleh Julia Roberts. Di sini, Christine Hakim memerankan Wayan, seorang wanita Bali yang menjadi sahabat bagi karakter utama Liz dan membantu Liz melepaskan diri dari tekanan hidupnya.

Puncak dari karirnya adalah ketika Christine Hakim berperan sebagai seorang profesor dalam serial “The Last of Us”. Versi live action dari “The Last of Us” mengungkapkan bahwa wabah Cordyceps berasal dari Indonesia, tepatnya pada tahun 2003 di salah satu pabrik tepung dan gabah di Jakarta Barat. Keadaan darurat dalam cerita “The Last of Us” mendorong pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan dan militer, untuk mencari karakter Ratna.

Christine Hakim berhasil menunjukkan kemampuan aktingnya yang luar biasa dalam berbagai konteks, baik dalam perfilman Indonesia maupun dalam proyek-proyek internasional yang menantang.

Yoshi Sudarso

Yoshi Sudarso, sejak beberapa tahun belakangan, telah menjadi topik perbincangan hangat di Indonesia. Ia adalah seorang aktor keturunan Indonesia yang telah aktif berakting di industri Hollywood. Sebelumnya, Yoshi telah terlibat dalam beberapa proyek film, namun dia mulai mencuri perhatian ketika memerankan Ranger biru dalam serial Power Rangers Dino Charge.

Dalam Power Rangers tersebut, Yoshi, yang lahir di Surabaya dan kini menetap di Amerika, berperan sebagai Koda. Karakter Koda digambarkan sebagai manusia gua yang kemudian menjadi Power Ranger dengan kekuatan Stegosaurus. Selain menjadi Ranger biru, Yoshi juga tampil dalam berbagai film termasuk Buffalo Boys dan peran terbarunya dalam film Bullet Train. Selain itu, Yoshi memiliki keahlian dalam seni bela diri dan telah menjadi stunt-man dalam beberapa produksi Hollywood seperti The Maze Runner, Agents of S.H.I.E.L.D, dan Alita: Battle Angel.

Dengan kemampuan dan reputasi yang dimilikinya, tidak mengherankan jika Yoshi Sudarso akan terus muncul dalam proyek-proyek film yang lebih besar di masa depan.

Resep Puding Marble, Kreasi Unik

Biasanya kue marble dibikin dari bahan kue bolu. Marble ternyata juga bisa dibikin dari bahan puding. Resep Ni Je Sanang ini merupakan sebuah kreasi baru, khusus untuk kue marble.

Motifnya memang unik. Seperti kue lapis, tapi teksturnya tidak menampakkan kue lapis atau terkesan seperti kue lapis bayangan.

Lalu uniknya lagi, bagaimana caranya membikin kue marble dari bahan puding? Apa bedanya pembuatannya dengan kue marble dari bahan kue bolu? Simak resep Ni Je Sanang.

Bahan Puding Marble:

-37 gram agar-agar tali (1 tahil)

-6 gelas air (i300 ml)

-2 1/2 gelas gula pasir (470 gram)

-4 butir telur

-1/2cawan tepung jagung

-1 1/2 tin susu cair

-2 sendok besar margarine

-1/2 cawan serbuk koko (campur dengan sedikit air)

-1 sendok teh esen vanilla

Cara Membuat Puding Marble:

  1. Kocok telur sampai mengembang. Masukkan tepung jagung ke dalam kocokan telur, kemudian kocok lagi hingga tercampur rata. Masukkan susu cair dan esen vanilla, aduk lagi hingga tercampur rata.
  2. Apabila agar-agar tadi sudah hancur, masukkan gula pasir. Lalu tuang ke dalam periuk sambil disaring. Kemudian naikkan ke atas kompor, masak sampai mendidih, masukkan telur ke dalam panci agar-agar, sambil disaring. Kemudian kocok terus hingga mendidih, sampai dua tiga kali.
  3. Masukkan margarine dan aduk lagi. Angkat dan bagi dua adonan. Satu adonan, masukkan koko, aduk di atas api, satu bagian lagi beri pewarna seperti warna asli vanilla. Apabila diangkat, tuang berselang-seling ke dalam loyang. Boleh didinginkan ke dalam lemari es. Lalu iris-iris dan sajikan.

Selamat menikmati. (Ana)

Resep Ayam Tumis Pare, Sederhana Tapi Maknyus

Menu Ayam Tumis Pare, resep dari “Rahasia Dapur Kita” ini pun, bisa dijadikan salah satu menu di acara pesta. Menu sederhana dan sedikit “berbau” kampung, tetap bergengsi.

Apalagi tumis ayamnya dicampurkan pare. Konon, pare yang rasanya sedikit pahit, juga salah satu bahan sayuran yang menurunkan kadar gula darah. Itu karena khasiat pahit dari pare. Namun, meskipun pahit, pare bila dimasak dengan bahan lain, hilang rasa pahitnya.

Dengan demikian, ibarat pepatah, sekali merengkuh dayung, satu dua buah pulau yang terlampaui. Berikut resep “Rahasia Daput kita”.

Bahan Ayam Tumis Pare:

-1/2 ekor ayam kampung

-1 buah pare, iris tipis

-1 sendok makan garam

-3 siung bawang putih

-1 cm jahe iris-iris

-1 sendok makan tauco

1/2 sendok makan saus tiram

-gula pasir secukupnya

-air secukupnya

Cara Membuat Ayam Tumis Pare:

  1. Rendam pare yang telah diiris-iris dengan satu sendok makan garam di dalam air.
  2. Remas-remas pare, kemudian angkat dan cuci bersih, lalu tiriskan.
  3. Panaskan wajan, tumis bawang putih sampai wangi. Masukkan jahe, aduk sebentar.
  4. Masukkan pare dan ayam, aduk sebentar, masukkan tauco, kecap manis dan saus tiram, gula pasir secukupnya.
  5. Tambahkan air, kemudian tutup sampai ayam matang dan air menyusut. Lalu angkat dan sajikan. Ayam Tumis Pare siap dinikmati.

Selamat menikmati. (Ana)

Perbedaan Antara Mengadopsi dan Memelihara Anak Yatim

0

Oleh Akhuukum Fillaah :

Abu Hashif Wahyudin Al-Bimawi

بسم الله الرحمن الرحيم

الســـلام عليــكم ورحــمة اﻟلّـہ وبركاته

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَ نَتُوْبُ إِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بلله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إله إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لا نَبِيَّ بَعْدَهُ

PERTANYAAN:

Kebanyakan pengungsi Kosovo masuk ke Amerika terkadang di asuh oleh organisasi Kristen. Sebagian ikhwah ingin mengkafalahi (Memelihara) anak-anak yatim dengan mengambil mereka agar dapat hidup bersama di rumah dan memberi makan kepadanya.

Salah seorang Syaikh mengatakan: bahwa hal ini haram tidak diperbolehkan mengadopsi dalam Islam, dan tidak memberikan suppot (semangat) kepada orang-orang untuk kafalah (memelihara) anak yatim.

Apakah dalam Islam diperbolehkan mengadopsi anak yatim tanpa mengubah nama anak yatim tersebut?

Apakah anak yatim yang dikafalahi (dipeliharanya) itu seperti anak orang yang memeliharanya?

JAWABAN:

Di sana ada banyak perbedaan antara mengadopsi dan mengkafalahi (memelihara) anak yatim:

  1. Adopsi adalah seseorang menjadikan salah seorang anak yatim seperti salah satu anak kandungnya, dipanggil dengan namanya, dan tidak dihalalkan (menikahi) dari mahramnya, sehingga anak lelakinya menjadi saudara lelakinya dan anak perempuannya menjadi saudarinya serta pamannya. Dan hukum semisal itu. Hal ini termasuk salah satu prilaku “JAHILIYYAH PERTAMA.”

Sampai penamaan ini menyatu dengan sebagian para shahabat. Seperti Miqdad bin Aswad di mana nama ayahnya adalah (Amr) akan tetapi di katakan kepadanya anaknya Aswad dengan memakai nama orang yang mengadopsinya. Hal itu berlangsung di permulaan Islam, sampai Allah mengharamkan hal itu dalam kisah yang terkenal di mana Zaid bin Haritsah di panggil dengan Zaid bin Muhammad. Di mana beliau adalah suami dari Zainab bin Jahsy, dan di ceraikan oleh Zaid.

Dari Anas Radhiyallaahu anhu berkata:* ketika Zainab Radhiyallaahu ‘anha telah menyelesaikan massa iddanya. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa sallam mengatakan kepada Zaid bin Haritsah:

عَنْ أَنَس رَضِي اللَّه عَنْهُ قَالَ: لَمَّا انْقَضَتْ عِدَّة زَيْنَب رَضِي اللَّه عَنْهَا قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِزَيْدِ بْن حَارِثَة: «اِذْهَبْ فَاذْكُرْهَا عَلَيَّ»، فَانطلَقَ حَتَّى أَتَاهَا وَهِي تُخَمِّر عَجِينهَا، قَالَ: يَا زَيْنَب أَبْشِرِي أرسلنِي رَسُول اللَّه يَذْكُرك، قَالَتْ: مَا أَنَا بِصَانِعَةٍ شَيْئًا حَتَّى أُؤَامِر رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ، فَقَامَتْ إلى مَسْجِدهَا وَنَزَلَ الْقُرْآن، وَجَاءَ رَسُول اللَّه فَدَخَلَ عَلَيْهَا بِغَيْرِ إِذْن».

“Pergilah, dan ingatkan dia untukku, maka dia pergi sampai bertemu dengannya (Zainab) dalam kondisi memakai khimar. Seraya berkata, “Wahai Zainab, ada kabar gembira. Saya di utus Rasulullah untuk mengingatkan anda. Zainab berkata, “Saya tidak dapat melakukan apapun sampai ada perintah dari Tuhanku. Maka dia berjalan menuju masjidnya. Dan Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam datang, masuk ke dalamnya”

Dalam hal ini Allah menurunkan firman-Nya:

وَاِذْ تَقُوْلُ لِلَّذِيْٓ اَنْعَمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ وَاَنْعَمْتَ عَلَيْهِ اَمْسِكْ عَلَيْكَ زَوْجَكَ وَاتَّقِ اللّٰهَ وَتُخْفِيْ فِيْ نَفْسِكَ مَا اللّٰهُ مُبْدِيْهِ وَتَخْشَى النَّاسَۚ وَاللّٰهُ اَحَقُّ اَنْ تَخْشٰىهُ ۗ فَلَمَّا قَضٰى زَيْدٌ مِّنْهَا وَطَرًاۗ زَوَّجْنٰكَهَا لِكَيْ لَا يَكُوْنَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ حَرَجٌ فِيْٓ اَزْوَاجِ اَدْعِيَاۤىِٕهِمْ اِذَا قَضَوْا مِنْهُنَّ وَطَرًاۗ وَكَانَ اَمْرُ اللّٰهِ مَفْعُوْلًا. [رواه مسلم : 1428]

“Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yang Allah telah melimpahkan nikmat kepadanya dan kamu (juga) telah memberi nikmat kepadanya: “Tahanlah terus isterimu dan bertakwalah kepada Allah”, sedang kamu menyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akan menyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedang Allah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti. Maka tatkala Zaid telah mengakhiri keperluan terhadap istrinya (menceraikannya), Kami kawinkan kamu dengan dia supaya tidak ada keberatan bagi orang mukmin untuk (mengawini) isteri-isteri anak-anak angkat mereka, apabila anak-anak angkat itu telah menyelesaikan keperluannya daripada isterinya. Dan adalah ketetapan Allah itu pasti terjadi.” [Qs. 33/Al-Ahzab (Golongan Yang Bersekutu) : 37]. [HR. Muslim, 1428]

2. Allah telah mengharamkan adopsi karena di dalamnya dapat menghilangkan nasab (keturunan) sementara kita di perintahkan untuk menjaga nasab (keturunan) kita._

Dari Abu Zar Radhiyallaahu ‘anhu bahwa beliau mendengar Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَيْسَ مِنْ رَجُلٍ ادَّعَى لِغَيْرِ أَبِيهِ وَهُوَ يَعْلَمُهُ إِلاَّ كَفَرَ وَمَنِ ادَّعَى مَا لَيْسَ لَهُ فَلَيْسَ مِنَّا وَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ. [رواه البخاري : 3317  ومسلم ( 61 )]

“Bukan termasuk seseorang yang dipanggil dengan selain ayahnya sementara dia mengetahuinya melainkan dia telah kufur. Siapa yang di panggil oleh kaumnya, di mana dia tidak ada hubungan nasab (keturunannya). Maka di siapkan tempat tinggalnya di neraka.” [HR. Bukhori, 3317 dan Muslim, 61]

Makna kufur adalah melakukan prilaku kekufuran bukan berarti dia keluar dari agama.

Karena di dalamnya termasuk mengharamkan apa yang Allah halalkan dan menghalalkan apa yang di haramkan. Karena mengharamkan anak perempuan yang di adopsi (menikah) dengan anak yatim sebagai salah satu contoh, termasuk mengharamkan yang mubah di mana Allah tidak pernah mengharamkannya. Serta menghalalkan warisan setelah meninggal orang yang mengadopsi sebagai contoh, termasuk menghalalkan apa yang Allah haramkan. Karena warisan termasuk hak anak-anak kandungnya.

Hal ini terjadi perselisihan dan pertikaian antara orang yang di adopsi dengan anak-anak yang mengadopsi.

Karena akan menghilangkan sebagian hak-hak yang akan ke anak yatim tanpa di benarkan. Sementara dengan keputusan mereka sendiri mengetahui bahwa dia tidak berhak bersama (anak-anak kandungnya).

Terkadang terjadi pertikaian dan permusuhan di antara orang yang di adopsi dengan anak-anak yang mengadopsi. Karena akan menghilangkan sebagian hak-hak mereka ke anak yatim tanpa di benarkan. Sementara mereka mengakui bahwa dia tidak berhak bersama mereka.

Sementara kafalah (menanggung) anak yatim adalah mejadikan anak yatim di rumahnya atau menanggungnya bukan di rumahnya tanpa menyandarkan (nasab) kepadanya, dan tanpa mengharamkan apa yang halal atau menghalalkan apa yang haram seperti halnya pada adopsi. Bahkan dia sebagai penanggung yang mulia yang memberikan kenikmatan kepadanya setelah Allah Ta’ala. Maka tidak bisa di qiyaskan (analogikan) antara penanggung anak yatim dengan orang yang mengadopsi. Karena adanya perbedaan di antara keduanya. Juga karena menanggung anak yatim termasuk merupakan anjuran dalam Islam.

Allah ta’ala berfirman:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْيَتٰمٰىۗ قُلْ اِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۗ وَاِنْ تُخَالِطُوْهُمْ فَاِخْوَانُكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ الْمُفْسِدَ مِنَ الْمُصْلِحِ ۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَاَعْنَتَكُمْ اِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Qs. 2/Al-Baqarah (Sapi Betina) : 220]

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga telah menjadikan orang yang menanggung anak yatim akan menemani dan membersamai beliau Shallallaahu alaihi wa sallam di surga.

Dari Sahl bin Sa’ad berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ‏”‏‏.‏ وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى، وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا‏.‏ [رواه البخاري : 4998]

“Saya dan orang yang menanggung anak yatim di surga seperti ini dan beliau memberikan isyarat jari telunjuk dan jari tengah dan beliau renggangkan di antara keduanya”. [HR. Bukhori, 4998]

Akan tetapi harus di perhatikan bahwa anak-anak yatim itu ketika telah baligh, maka harus di pisahkan dari istri-istri dan anak-anak perempuan orang yang menanggunnya (kafil). Jangan sampai memperbaiki dari satu sisi dan merusak pada sisi lainnya. Juga perlu di ketahui kalau orang yang di tanggung anak yatim wanita itu cantik, menarik (penampilannya) sebelum balig. Maka kafil (orang yang menanggungnya) harus mengawasi anak-anaknya jangan sampai terjermus ke sesuatu yang haram dengan anak-anak yatim. Karena hal ini kadang terjadi dan menjadi sebab kerusakan yang sulit untuk di perbaikinya.

Kemudian kami menganjurkan kepada saudara-saudara kami untuk menanggung (kafalah) anak-anak yatim. Karena hal ini merupakan akhlak yang jarang orang melakukannya kecuali orang yang di beri kebaikan Allah kepadanya dan cinta kebagusan serta kasih sayang kepada orang-orang yatim dan miskin. Terutama saudara-saudara kita yang di Kosovo dan Cechnya. Di mana mereka mendapatkan tekanan dan siksaan di mana kita memohon kepada Allah agar di bebaskan dari bencana dan kesulitannya. (*)

Renungan Harian Kristen, Selasa, 25 Juni 2024: Menerima Diri Sendiri dalam Api Duka dan Sengsara

0

Renungan Harian Kristen hari ini, Selasa, 25 Juni 2024 berjudul: Menerima Diri Sendiri dalam Api Duka dan Sengsara

Bacaan untuk Renungan Harian Kristen hari ini diambil dari Yohanes 12:27-28

Renungan Harian Kristen hari ini mengisahkan tentang Menerima Diri Sendiri dalam Api Duka dan Sengsara

Yohanes 12:27-28 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.
12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!” Maka terdengarlah suara dari sorga: “Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!”

Pengantar:

Berbeda dengan keinginan kita pada umumnya, yaitu agar kita dijauhkan dari duka dan sengsara, renungan hari ini justru mengajak kita melihat rahasia hidup dalam “Menerima Diri Sendiri dalam Api Duka dan Sengsara”. Dikatakan bahwa hanya melalui pengenalan dan penerimaan diri melalui api duka dan sengsara, Allah dapat menjadikan kita berkat bagi orang lain.

Renungan Harian Kristen, Selasa, 25 Juni 2024

Sebagai seorang yang dikuduskan Allah, tidaklah sepatutnya untuk meminta agar duka dan sengsara serta kesulitan dijauhkan dari kehidupan saya. Seharusnya saya meminta agar Allah melindungi saya sehingga saya tetap menjadi untuk apa Dia menciptakan saya, walaupun di dalam api duka dan sengsara.

Tuhan kita menerima diri-Nya sendiri, menerima tugas pekerjaan-Nya dan menyadari maksud tujuan-Nya, di tengah-tengah api duka dan sengsara. Dia diselamatkan bukan dari saat itu, melainkan keluar dari saat itu.

Kita berkata bahwa seharusnya tidak ada duka dan sengsara, tetapi nyatanya ada, dan kita harus menyambut dan menerima diri kita sendiri di dalam apinya. Jika kita berusaha mengelak dari duka dan sengsara, menolak berurusan dengannya, maka kita bodoh. Duka dan sengsara adalah salah satu fakta terbesar dalam kehidupan, dan tidak ada gunanya untuk mengatakan bahwa tidak seharusnya demikian. Dosa, duka, sengsara dan penderitaan itu ada, dan kita tidak berhak untuk berkata bahwa Allah telah berbuat salah dalam mengizinkan keberadaan dari ketiga hal itu.

Duka dan sengsara menyingkirkan kedangkalan seseorang, tetapi tidak selalu membuat orang tersebut menjadi lebih baik. Penderitaan membuat saya mengenali atau menemukan diri sendiri atau sebaliknya, dapat menghancurkan saya. Anda tidak dapat menemukan atau menerima diri sendiri melalui keberhasilan, karena Anda akan terbius oleh kesombongan. Dan, Anda tidak dapat menerima diri sendiri melalui keadaan hidup sehari-hari yang monoton karena telah terbiasa dengan keadaan Anda. Satu-satunya cara untuk menemukan diri sendiri ialah di dalam api duka dan sengsara. Mengapa harus demikian tidaklah penting. Faktanya adalah hal yang benar di dalam Alkitab dan dalam pengalaman manusia.

Anda dapat mengenali orang yang telah mengalami api duka dan sengsara, dan telah menerima dirinya sendiri. Anda tahu bahwa Anda dapat pergi kepadanya pada saat kesukaran dan mendapati bahwa dia terbuka meluangkan waktunya bagi Anda.

Akan tetapi, jika seseorang belum mengalami api duka dan sengsara, dia cenderung bersikap memandang rendah orang lain, tidak menaruh hormat, atau tidak punya waktu bagi orang lain. Jika Anda mau menemukan dan menerima diri sendiri di dalam api duka dan sengsara, Allah akan menjadikan Anda berkat bagi orang lain.

Demikian Renungan hari ini, Selasa, 25 Juni 2024 diambil dari Yohanes 12:27-28 yang mengisahkan tentang Menerima Diri Sendiri dalam Api Duka dan Sengsara dan disadur dari Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi.

Resep Agar-agar Lumut Gula Merah

Agar-agar Lumut Gula Merah bukan kue agar-agar biasa. Maksudnya, selain cara mencampurkan bahannya, cara mengolahnya pun tidak seperti membuat agar-agar biasa.

Makanya bentuknya lebih menarik, seperti kue lapis tetapi bahan menyatu. Menggunakan juga bahan santan dan telur. Dan kedua bahan ini pun larut dan menyatu di dalam agar agar.

Bedanya dengan yang biasa dibikin kebanyakan orang, campurannya mengawang. Padahal saat dimasak hingga mendidih, campurannya menyatu, larut dalam agar-agar. Namun setelah dituang dan mengeras, campuran terpisah. Simak resep @Ni Je Samang

Bahan Agar-agar Lumut Gula Merah:

-1 paket serbuk agar-agar 10 gram

-1 liter air (4 cawan)

-1 ketul gula melaka (lebih kurang 200 gram)

-1/4 cawan gula pasir

-250 ml santan pekat (100 ml santan kara, selebihnya tambahkan air)

-1 biji telur ayam, masukkan ke dalam santan, lalu kocok dengan garpu

-secubit garam

-2 helai daun pandan dicuci dan simpulkan

Cara Membuat Agar-agar Lumut Gula Merah:

  1. Masak gula melaka yang disisir halus, campurkan gula pasir bersama 1 cawan air. Masukkan daun pandan yang disimpul, masak sampai mendidih, sambil dikocok terus. Bila sudah siap, saring dan bagi dua cawan.
  2. Siapkan panci bersih, masak 2 cawan air bersama agar-agar. Masak sampai mendidih. Masukkan air gula melaka tadi, aduk terus hingga mendidih.
  3. Keciikan api, lalu masukkan campuran santan yang sudah dikocok bersama telur dan garam. Aduk dan tunggu hingga mengental.
  4. Bila sudah mengental, biarkan sebentar, 1 -2 menit di atas api kecil. Atau bisa besarkan api dan biarkan adonan lebih mengental lagi, sambil diaduk-aduk terus. Aduk terus agar adonan tidak melimpah keluar dari periuk.
  5. Hati-hati, sesuaikan api agar tidak kelihatan adonan berbintik-bintik. Matikan api.
  6. Basahkan loyang atau cetakan yang diinginkan dengan air. Kemudian tuang adonan agar-agar santan hingga mengeras. Bisa simpan di mesin pendingin untuk mendapatkan agar-agar yang dingin dan menyegarkan. Setelah itu, sajikan.

Selamat menikmati. (Ana)

Resep Roti Goreng Tawar

Menu camilan ini, Roti Goreng Tawar, benar-benar bukan roti goreng biasa yang kita kenal, dan banyak dijual di pasaran. Roti Goreng yang terbuat dari tepung pakai isian campuran kelapa dengan gula merah atau isian daging.

Resep @desi_anggraini25 roti tawar yang asli dari roti tawarnya langsung. Roti tawar ini lebih praktis. Karena tinggal beli roti tawarnya. Pakai isian juga.

Isiannya, bisa juga diganti dengan isian roti goreng ala tepung. Ringkas sekali bikinnya. Yuk, cobain bikin yang ala @desi_anggraini25, berikut ini.

Bahan Roti Goreng Tawar:

-6 lembar roti tawar

-3 butir putih telur

-secukupnya tepung panir

Topping:

-chocomaltine

-sosis keju

Cara Membuat Roti Goreng Tawar:

  1. Sisihkan pinggiran roti tawarnya. Setelah itu, masukkan topping, lipat bentuk segitiga. Pipihkan supaya merekat. Lalu balur dengan putih telur, kemudian gulingkan ke tepung panir.
  2. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya. Goreng roti dengan api sedang sampai kecokelatan sebentar saja, tidak usah lama-lama. Angkat lalu sajikan.

Selamat.mencoba. (ana)