Beranda blog Halaman 643

Cara Mengatasi Error Higgs Domino RP

0

Higg Domino RP merupakan permainan populer yang telah dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, terkadang kesalahan bisa terjadi saat bermain game. Salah satu kesalahan paling umum yang ditemui pemain adalah kesalahan Higgs Domino RP Apk. Lalu bagaimana cara Mengatasi Error Higgs Domino RP?

para peman kadang tak jarangmengalami kesulitan dan menemukan masalah tersebut. Bagi Anda yang terkadang Higg Dominonya error, berikut cara mengatasi error di Higgs Domino Rp!

Langkah Jitu Atasi Error Higg Domino

Seperti diulas ekonomiupri.id Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika masalah terjadi ketika Anda memainkan Higg Domino RP, di antaranya sebagai berikut:

  1. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki kesalahan Higg Domino RP adalah dengan menghapus cache dan data game. Untuk melakukan ini, buka pengaturan perangkat Anda, lalu pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”.

Temukan Higg Domino RP pada daftar aplikasi yang terinstal dan pilih. Kemudian, klik “Hapus Cache” dan “Hapus Data”. Ini akan menghapus semua file sementara dan mengatur ulang game ke pengaturan default. Setelah melakukan ini, coba buka game lagi dan lihat apakah kesalahan telah diperbaiki.

  1. Perbarui Game Higg Domino RP

Alasan lain mengapa Anda mungkin mengalami kesalahan Higg Domino RP adalah karena Anda menggunakan versi game yang sudah ketinggalan zaman. Pengembang sering merilis pembaruan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja game.

Untuk memperbarui game, buka app store atau play store di perangkat Anda dan cari Higg Domino RP. Jika ada pembaruan yang tersedia, klik “Perbarui” untuk menginstalnya. Setelah memperbarui aplikasi, coba buka lagi dan lihat apakah kesalahan telah teratasi.

  1. Periksa Lagi Koneksi Jaringan Internet Anda

Terkadang, kesalahan Higg Domino RP dapat terjadi karena koneksi internet yang buruk. Jika Anda mengalami masalah konektivitas, coba beralih ke jaringan lain atau reset router Anda. Anda juga dapat mencoba membersihkan cache dan data browser Anda jika Anda memainkan game di platform berbasis web. Setelah melakukan ini, coba buka game lagi dan lihat apakah kesalahan telah diperbaiki.

Kesimpulannya, kesalahan Higg Domino RP bisa membuat frustasi, tapi bisa diperbaiki dengan teknik yang tepat. Menghapus cache dan data, memperbarui game, dan memeriksa koneksi internet Anda adalah beberapa cara efektif untuk memperbaiki kesalahan Higg Domino RP. Jika tidak satu pun dari metode ini berhasil, Anda mungkin perlu menghubungi tim dukungan game untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

6 Gamis Warna Sage Terlaris di Blibli

0

Gamis warna sage merupakan salah satu tren busana muslimah yang sedang populer saat ini. Warna yang lembut dan elegan ini cocok untuk dipadukan dengan berbagai aksesoris dan warna lainnya. Tak heran jika banyak wanita muslim yang mencari gamis warna sage untuk tampilan yang modis dan kekinian.

Di Blibli, kamu dapat menemukan berbagai model gamis warna sage dengan desain yang cantik dan trendy, cocok untuk berbagai acara formal maupun non-formal.

1. Gamis Crinkle Cey Sage

Gamis Crinkle Cey Sage merupakan seri dari koleksi yang menggunakan bahan cey airflow premium. Bahan ini sangat digemari karena karakteristiknya yang adem, halus, dan lembut namun tidak menerawang sehingga sangat nyaman digunakan, terutama oleh anak-anak. Gamis ini memiliki tekstur crinkle (kerut) permanen yang sangat unik namun tetap simpel.

Pada bagian depannya terdapat kancing berbentuk bunga yang unik, sedangkan kerahnya memberikan kesan feminin dan manis. Selain itu, gamis ini juga dilengkapi dengan pergelangan tangan karet yang wudhu friendly.

2. Gamis Rayon Viscose

Gamis ini menggunakan bahan Rayon Viscose yang pastinya nyaman, adem, dan halus saat digunakan. Untuk ukurannya, lebar dada dress ini sekitar 110 cm dan panjangnya sekitar 135 cm.

Dress ini juga dilengkapi dengan fitur Busui Friendly, yaitu terdapat resleting di bagian depan dress. Tengah badan dress juga diserut, dan dilengkapi dengan fitur Wudhu Friendly yaitu tangan menggunakan karet. Bagian bawah rok dress juga merempel lebar.

3. Freya Gamis Home Rayon

Gamis Freya terbuat dari bahan katun rayon premium yang lembut dan nyaman digunakan. Gamis ini memiliki finishing lengan dengan karet sehingga mudah dipakai dan juga busui friendly serta wudhu friendly.

Ukuran yang tersedia adalah all size fit L (ld 106cm pb 140cm) dan XL (LD 120cmm PB 140cm). Jahitan pada gamis ini rapi dan terlihat elegan. Cocok untuk dipakai pada acara sehari-hari maupun formal.

4. Gamis Set Kerudung Mecca ARRA

Set gamis kerudung Mecca ARRA terbuat dari bahan Toyobo Fodu mix Rubicon yang berkualitas tinggi dan nyaman dipakai. Bahan kain ini memiliki ketebalan yang pas dan tersedia dalam berbagai pilihan warna yang keren.

Gamis Mecca memiliki desain yang sederhana dan elegan sehingga cocok untuk dipakai pada acara-acara istimewa. Kain yang digunakan tidak menerawang dan mempunyai potongan semi umberella. Selain itu, gamis ini juga busui friendly karena dilengkapi dengan resleting di dada dan wudhu friendly.

Kualitas jahitannya sangat baik, rapi dan kuat, sehingga awet digunakan. Terdapat saku sembunyi di sisi kanan bawah gamis, serta model manset karet dengan aksen yang cantik dan tali di samping kanan dan kiri lengan. Selain gamis, set ini juga dilengkapi dengan khimar SOFTPAD Antem.

5. Gamis LINEA

Gamis LINEA terbuat dari bahan katun viscose yang nyaman dipakai. Gamis ini memiliki kerah model bundar dan resleting jepang di bagian depan. Terdapat karet di ujung lengan dan variasi kerutan di bagian depan yang menambah kesan unik dan modis. Selain itu, ada juga tali di bagian samping untuk menyesuaikan ukuran tubuh. Motif bunga pada gamis ini membuatnya tampak cantik dan menawan.

6. Gamis Zytadelia Freissy

Gamis anggun ini dibuat dengan bahan polyester (Tessalia) yang lembut dan nyaman dipakai. Dress ini tersedia dalam warna hijau sage dan diberi aksen detail ruffle pada lengan serta pita yang menghiasi kancing depan.

Cocok dipakai pada acara silaturahmi dengan keluarga atau teman, dan juga bisa dipakai sebagai outfit sehari-hari dengan gaya fashion muslim terbaru di tahun 2023.

Tahlilan Apakah Bid’ah?

0

Oleh: Ahmad Syahrin Thoriq

Kita telah menyelesaikan bahasan tentang hukum mengirim pahala dari beberapa jenis ibadah kepada orang yang meninggal dunia di tulisan-tulisan sebelumnya. Mulai dari yang disepakati kebolehannya hingga yang diperbedapendapatkan oleh para ulama.

Lalu timbul pertanyaan, bagaimana jika kirim pahala kepada mayat itu baik yang dalam rupa doa, sedekah dzikir atau bacaan Quran diformat dalam bentuk sebuah rangkaian ibadah tertentu dan dilaksanakan di waktu-waktu tertentu.

Apakah ini diperbolehkan? Seperti acara tahlilan kematian yang umum dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Islam di Indonesia.

Jawabannya secara umum kita dapati ada dua pendapat: Antara yang melarang karena dianggap sebagai perbuatan bid’ah karena tidak dicontohkan oleh Nabi ﷺ dengan yang membolehkan dengan beberapa alasan yang nanti akan segera kita ketahui.

𝗔. 𝗞𝗮𝗹𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 M𝗲𝗹𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴

Jangankan kelompok pendapat yang menyatakan tidak bolehnya mengirimkan bacaan al Qur’an kepada orang yang telah meninggal dunia, kalangan pengikut pendapat yang membolehkan saja, banyak yang menganggap kegiatan kumpul-kumpul di rumah orang yang meninggal sebagai perbuatan yang terlarang. Ada yang tegas mengharamkan, namun ada yang hanya memakruhkan.

Menurut kalangan ini, benar bahwa para ulama telah ijma’ akan kebolehan mendoakan dan bersedekah untuk mayit. Begitu juga sebagian ulama menfatwakan sampainya bacaan al Qur’an, namun ini  semua tidak bisa menjadi legalitas untuk sebuah ibadah yang jelas tidak diajarkan oleh Nabi yang bernama tahlilan.

Karena itu kemudian pengusung pendapat pertama ini menyampaikan dalil, alasan dan penjelasannya tentang tidak disyariatkannya doa sedekah dan bacaan Qur’an untuk mayit dalam bentuk acara tertentu sebagai berikut :

𝟭. 𝗧𝗶𝗱𝗮𝗸 A𝗱𝗮 C𝗼𝗻𝘁𝗼𝗵𝗻𝘆𝗮 𝗱𝗮𝗿𝗶 𝗡𝗮𝗯𝗶 𝗱𝗮𝗻 J𝘂𝗴𝗮 G𝗲𝗻𝗲𝗿𝗮𝘀𝗶 S𝗲𝘁𝗲𝗹𝗮𝗵𝗻𝘆𝗮

Fakta yang tidak terbantahkan tentunya bahwa kegiatan tahlilan tidak pernah diadakan oleh para shahabat, ulama salaf apalagi oleh Nabi ﷺ. Padahal mereka juga punya orang tua, saudara, karib kerabat, dan lainnya yang wafat meninggalkan mereka.

Jangankan hari ke-3, ke-7, ke-40, ke-100, ke-1000 bahkan sehari saja tidak pernah ada satupun riwayat yang menyebutkan aktivitas tahlilan dari generasi terdahulu itu. Karena itulah, kalangan ini kemudian tegas menyimpulkan ini adalah jenis ibadah baru yang diada-adakan yang masuk kategori bid’ah dhalalah.

𝟮. 𝗣𝗲𝗿𝗯𝘂𝗮𝘁𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 D𝗶𝗯𝗲𝗻𝗰𝗶

Berkumpul di rumah duka berhari-hari bahkan hingga tujuh hari, selain tidak ada contohnya juga dipandang hanya akan menambah kesedihan keluarga yang berduka. Apalagi jika sampai berhari-hari, justru itu akan melekatkan kenangan kesedihan keluarga mayit.

Dalam sebuah atsar dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu diriwayatkan bahwa beliau berkata

كُنَّا نَعُدُّ الِاجْتِمَاعَ إلَى أَهْلِ الْمَيِّتِ وَصَنِيعَةَ الطَّعَامِ مِنْ النِّيَاحَةِ “Kami menganggap berkumpul di tempat keluarga jenazah yang tertimpa musibah dan mereka membuat makanan termasuk dari perbuatan meratap.” (HR. Ahmad)

Al imam Syafi’i rahimahullah berkata : وأكره المأتم، وهي الجماعة، وإن ‌لم ‌يكن ‌لهم ‌بكاء فإن ذلك يجدد الحزن، ويكلف المؤنة مع ما مضى فيه من الأثر“Dan aku membenci perbuatan al ma’tim yaitu berkumpulnya orang-orang di rumah keluarga duka meskipun mereka tidak menangis. Karena hal ini hanya memperbarui kesedihan, dan membebani pembiayaan, padahal kesedihan itu sudah hampir berlalu dari mereka yang sedang berduka….”

Imam Nawawi rahimahullah berkata : ‌ لأن التعزية لتسكين قلب المُصاب… فلا يجدّد له الحزن، هكذا قال الجماهير من أصحابنا “Karena tujuan dari ta’ziah adalah untuk menenangkan hati orang yang terkena musibah… maka jangan diperbarui lagi kesedihannya. Dan inilah pendapat mayoritas dari shahabat-shahabat kami.”[1]

𝟯. 𝗕𝗲𝗿𝘁𝗲𝗻𝘁𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 S𝘂𝗻𝗻𝗮𝗵

Dalam hadits, yang diperintahkan itu para tetangga yang seharusnya memberi makan kepada keluarga yang sedang berduka, bukan malah dibalik mereka yang harus dibuat sibuk memberi makan kepada para tetangga dan pelayat yang datang.

Al  Imam Asy Syafi’i rahimahullah berkata : ‌وأحب ‌لجيران ‌الميت ‌أو ‌ذي ‌قرابته ‌أن ‌يعملوا ‌لأهل ‌الميت في يوم يموت، وليلته طعاما يشبعهم فإن ذلك سنة، وذكر كريم، وهو من فعل أهل الخير قبلنا، وبعدنا لأنه لما «جاء نعي جعفر قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم – اجعلوا لآل جعفر طعاما فإنه قد جاءهم أمر يشغلهم» أخبرنا الربيع قال أخبرنا الشافعي قال أخبرنا ابن عيينة عن جعفر عن أبيه عبد الله بن جعفر قال «جاء نعي جعفر فقال رسول الله  اجعلوا لآل جعفر طعاما فإنه قد جاءهم أمر يشغلهم

“Dan yang aku sukai adalah jika para tetangga mayit atau para kerabatnya yang membuat makanan bagi keluarga yang sedang berduka untuk mengenyangkan mereka pada hari kematian si mayit. Ini adalah sunnah dan bentuk kebaikan, dan ini merupakan perbuatan orang-orang baik sebelum kami dan sesudah kami.

Hal ini (berdasarkan dalil) tatkala datang khabar tentang kematian Ja’far, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu bersabda, “Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far, karena telah datang kepada mereka perkara yang menyibukkan mereka.”[2]

Dan imam Nawawi rahimahullah berkata : قال صاحب الشامل وغيره ‌وأما ‌إصلاح ‌أهل ‌الميت طعاما وجمع   لناس عليه فلم ينقل فيه شئ وهو بدعة غير مستحبة“Penulis kitab as Syaamil dan yang lainnya berkata : “Adapun jika keluarga yang meninggal dunia membuat makanan dan mengumpulkan orang-orang untuk makan makanan tersebut maka tidak dinukilkan sama sekali dalilnya, dan hal ini merupakan perbuatan bid’ah yang tidak disukai.”[3]Syaikh Wahbah Zuhaili rahimahullah berkata : أما صنع أهل البيت طعاماً للناس، فمكروه وبدعة لا أصل لها؛ لأن فيه زيادة على مصيبتهم، وتشبهاً بصنع أهل الجاهلية“Adapun keluarga mayit yang membuat makanan untuk orang-orang, maka ini dimakruhkan dan termasuk perbuatan bid’ah yang tidak ada tuntunannya. Hal ini akan menambah beratnya musibah keluarga yang berduka. Dan mirip dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyyah.”[4]

𝟰. 𝗣𝗮𝗿𝗮 U𝗹𝗮𝗺𝗮 T𝗲𝗹𝗮𝗵 B𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 M𝗲𝗹𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴 T𝗿𝗮𝗱𝗶𝘀𝗶 I𝗻𝗶

Kalangan ini juga mengangkat beberapa fatwa para mufti dari kalangan Hanafiyah, Syafi’iyyah dan juga dari madzhab lain tentang buruknya kebiasaan kumpul-kumpul dan makan di tempat kematian. Berikut diantaranya :

Syaikh ad Dimyathi asy Syafi’i ketika ditanya tentang hal ini beliau memberikan jawaban : نعم، ما يفعله الناس من الاجتماع عند أهل الميت وصنع الطعام، من البدع المنكرة التي يثاب على منعها والي الامر“Benar bahwasanya apa yang dilakukan oleh masyarakat berupa berkumpul di keluarga orang yang meninggal dan pembuatan makanan merupakan bid’ah yang munkar yang pemerintah diberi pahala atas pelarangannya ….”[5]

Beliau juga berkata : ‌ولا ‌شك ‌أن ‌منع ‌الناس ‌من ‌هذه ‌البدعة ‌المنكرة ‌فيه ‌إحياء ‌للسنة… فإن الناس يتكلفون تكلفا كثيرا، يؤدي إلى أن يكون ذلك الصنع محرما“Tidak diragukan lagi bahwa melarang orang-orang dari perbuatan bid’ah tercela ini akan menghidupkan sunnah. Karena banyak orang telah memberat-beratkan diri untuk membuat acara yang sebenarnya dilarang itu.”[6]

Berkata al imam Ibnu Abidin al Hanafi rahimahullah : ويكره اتخاذ الضيافة من الطعام من أهل الميت ‌لأنه ‌شرع ‌في ‌السرور ‌لا ‌في ‌الشرور، وهي بدعة مستقبحة “Dan dibenci bagi keluarga orang yang meninggal untuk menjamu tamu berupa makanan karena acara makan – makan itu adalah di saat sedang bergembira, bukan berduka. Dan ini adalah perkara bid’ah yang buruk.”[7]

𝗕. 𝗞𝗮𝗹𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 M𝗲𝗺𝗯𝗼𝗹𝗲𝗵𝗸𝗮𝗻

Sedangkan sebagian ulama menganggap bahwa berkumpulnya orang-orang di rumah duka kemudian dalam rangka takziyah, mendoakan, membacakan al Qur’an dan adanya sedekah makanan bukanlah perkara yang dilarang.

Sebab selain dasar amalan ini dibolehkan, perkumpulan seperti itu bukanlah bagian dari ritual ibadah, tapi hanya sebagai tehnik dari ibadah itu sendiri. Berikut diantara penjelasan dan jawaban dari kelompok yang membolehkan acara tahlilan ini.

𝟭. 𝗬𝗮𝗻𝗴 D𝗶𝗹𝗮𝗿𝗮𝗻𝗴 B𝘂𝗸𝗮𝗻𝗹𝗮𝗵 M𝗮𝗸𝗮𝗻-M𝗮𝗸𝗮𝗻𝗻𝘆𝗮

Menurut kalangan ini, tidak ada larangan makan-makan di rumah keluarga yang sedang berduka. Yang dilarang adalah ketika si tuan rumah dibuat repot menyediakan makanan untuk tamu yang datang bertakziyah. Sebagaimana sabda Nabi ﷺ : اِصْنَعُوا لِآلِ جَعْفَرَ طَعَامًا فَإِنَّهُ قَدْ أَتَاهُمْ مَا يُشْغِلُهُمْ“Buatlah makanan untuk keluarga Ja’far (saat meninggal), karena sesungguhnya telah datang kepada mereka perkara yang menyibukkan mereka.” (HR. Abu Dawud)

Sedangkan dalam praktiknya, yang menyediakan makanan tahlilan adalah dari para tetangga, bukan keluarga yang berduka. Begitu juga makanan itu bersumber dari sumbangan orang-orang yang bertakziyah.

Dan ketika makanan itu dimasak dan dimakan oleh orang-orang yang datang untuk berdzikir dalam acara tahlilan, ia malah bernilai sedekah dari keluarga untuk si mayit. Karenanya imam Syafi’i rahimahullah dalam ucapannya mengatakan : ‌وأحب ‌لجيران ‌الميت ‌أو ‌ذي ‌قرابته ‌أن ‌يعملوا ‌لأهل ‌الميت في يوم يموت“Dan aku menyukai jika para tetangga dari orang yang meninggal  atau para kerabatnya yang membuat makanan bagi keluarga mayit. Yakni makanan yang mengenyangkan mereka pada hari kematian tersebut.”[8]

Al imam Ibnu Qudamah setelah menfatwakan makruhnya tuan rumah yang berduka menjamu orang yang bertakziyah, beliau menjelaskan lebih lanjut : ‌وإن ‌دعت ‌الحاجة ‌إلى ‌ذلك ‌جاز؛ فإنه ربما جاءهم من يحضر ميتهم من القرى والأماكن البعيدة، ويبيت عندهم، ولا يمكنهم إلا أن يضيفوه “Jika hal itu diperlukan, maka dibolehkan (menjamu tamu saat berduka). Karena barangkali yang datang untuk menjenguk mayit ada yang berasal dari kota atau tempat yang jauh dan menginap di tempat tersebut, maka tidak mungkin kecuali menyediakan makanan untuk mereka.“[9]

Sehingga larangan dalam masalah makan-makan ini bukanlah sebuah keharaman yang sifatnya keras, tapi hanya dimakruhkan.  Dan bahkan sifat kemakruhannya bisa berubah menjadi mubah dengan kondisi-kondisi yang telah disebutkan di atas.

𝟮. 𝗗𝗮𝗹𝗶𝗹 B𝗼𝗹𝗲𝗵𝗻𝘆𝗮 M𝗮𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗶 T𝗲𝗺𝗽𝗮𝘁 D𝘂𝗸𝗮

Ada beberapa riwayat yang justru menyebutkan bahwa para shahabat dahulu juga melakukan aktivitas memasak, makan dan minum di tempat orang yang meninggal dunia, diantaranya : خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي جِنَازَةٍ،… فَلَمَّا رَجَعَ اسْتَقْبَلَهُ دَاعِي امْرَأَةٍ، فَجَاءَ فَجِيءَ ‌بِالطَّعَامِ ‌فَوَضَعَ ‌يَدَهُ، ‌ثُمَّ ‌وَضَعَ ‌الْقَوْمُ

“Kami keluar bersama Rasulullah ﷺ dalam suatu penguburan jenazah… Ketika selesai maka datanglah seorang utusan istri almarhum mengundang Nabi ﷺ untuk datang kerumahnya, beliau pun menerima undangannya dan kami bersamanya, lalu dihidangkan makanan.

Lalu Nabi menaruh tangan beliau di makanan itu kamipun menaruh tangan kami dimakanan itu lalu kesemuanya pun makan.” (HR. Abu Daud) أَنَّهَا كَانَتْ إِذَا مَاتَ الْمَيِّتُ مِنْ أَهْلِهَا فَاجْتَمَعَ لِذَلِكَ النِّسَاءُ ثُمَّ تَفَرَّقْنَ إِلَّا أَهْلَهَا وَخَاصَّتَهَا أَمَرَتْ بِبُرْمَةٍ مِنْ تَلْبِينَةٍ فَطُبِخَتْ ثُمَّ صُنِعَ ثَرِيدٌ فَصُبَّتْ التَّلْبِينَةُ عَلَيْهَا ثُمَّ قَالَتْ كُلْنَ مِنْهَا فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ يَقُولُ التَّلْبِينَةُ مُجِمَّةٌ لِفُؤَادِ الْمَرِيضِ تُذْهِبُ بَعْضَ الْحُزْنِ “Bahwa bila ada orang dari keluarganya (Aisyah) yang meninggal maka para wanita pun berkumpul, kemudian mereka pergi kecuali keluarganya dan orang-orang terdekat. Lalu Aisyah memerintahkan untuk mengambil periuk yang terbuat dari batu dan diisi dengan talbinah (makanan dari tepung dan kurma).

Lalu dimasaklah makanan tersebut, kemudian dibuat bubur dan dituangkanlah makanan tersebut diatasnya. Lalu (Aisyah) berkata; “Makanlah ia, karena sungguh saya telah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: “Makanan yang terbuat dari tepung dan kurma tersebut penyejuk bagi hati yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian kesedihan.” جَاؤُوْا وَقَدْ وُضِعَتِ الْمَوَائِدُ فَأَمْسَكَ النَّاسُ عَنْهَا لِلْحُزْنِ الَّذِيْ هُمْ فِيْهِ فَجَاءَ الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ الْمُطَلِّبَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ مَاتَ رَسُوْلُ اللهِ ﷺ فَأَكَلْنَا وَشَرَبْنَا وَمَاتَ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فَأَكَلْنَا وَشَرَبْنَا . أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوْا مِنْ هَذَا الطَّعَامِ فَمَدَّ يَدَهُ وَمَدَّ النَّاسُ أَيْدِيَهُمْ فَأَكَلُوْا فَعَرَفْتُ تَأْوِيْلَ قَوْلِهِ“Ketika para shahabat telah kembali dari pemakaman, disiapkan untuk mereka hidangan, namun mereka terdiam karena mereka merasa sedih. Kemudian Abbas bin Abdul Muthallib datang dan berkata : Wahai manusia, sungguh Rasulullah ﷺ telah wafat, maka kita makan dan minum.

Abu Bakar telah wafat, maka kita makan dan minum. Wahai manusia makanlah hidangan ini! Kemudian Abbas menjulurkan tangannya ke arah makanan, dan orang-orang juga turut memakannya.”[10]

𝟯. 𝗕𝗲𝗿𝗸𝘂𝗺𝗽𝘂𝗹 𝗱𝗮𝗹𝗮𝗺 J𝘂𝗺𝗹𝗮𝗵 H𝗮𝗿𝗶 T𝗲𝗿𝘁𝗲𝗻𝘁𝘂 B𝘂𝗸𝗮𝗻 B𝗶𝗱’𝗮𝗵

Ada beberapa riwayat yang menyebutkan bahwa kaum salaf terdahulu juga melakukan takziyah atau kumpul-kumpul dalam bilangan tiga hari, tujuh hari, empat puluh hari dan hari lainnya. Berikut beberapa riwayat yang diangkat oleh pendukung pendapat kedua ini :

Berkata imam Thawus rahimahullah : ‌ان ‌الموتى ‌يفتنون ‌في ‌قبورهم ‌سبعا ‌فكانوا ‌يستحبون ‌ان ‌يطعم ‌عنهم ‌تلك ‌الايام”Sesungguhnya orang-orang yang mati mendapatkan ujian di kubur mereka selama 7 hari. Maka mereka dahulu (para shahabat) suka untuk memberi makanan pada 7 hari tersebut.”[11]

Imam ath Thahawi al Hanafi rahimahullah berkata : ويستحب أن يتصدق على الميت بعد الدفن إلى سبعة أيام كل يوم بشيء مما تيسر “Dan dianjurkan untuk bersedekah untuk mayit setelah ia dikuburkan hingga tujuh hari dengan sesuatu apapun yang dimudahkan untuk disedekahkan.”[12]

𝟰. 𝗣𝗲𝗻𝗴𝗸𝗵𝘂𝘀𝘂𝘀𝗮𝗻 W𝗮𝗸𝘁𝘂 B𝘂𝗸𝗮𝗻𝗹𝗮𝗵 B𝗶𝗱’𝗮𝗵

Menolak amalan yang disepakati kebolehannya, hanya karena dikhususkan pada waktu tertentu tidaklah bisa diterima. Karena nyatanya kaum salaf terdahulu melakukan sebuah ibadah yang disyariatkan secara umum tapi mereka lakukan dalam waktu yang khusus.

Ibnu Hajar ketika menjelaskan hadits-hadits shahabat yang merutinkan sebuah ibadah, beliau berkata : دلالة ‌على ‌جواز ‌تخصيص ‌بعض ‌الأيام ‌ببعض ‌الأعمال ‌الصالحة والمداومة على ذلك ‘’Ini menjadi dalil bolehnya mengkhususkan sebagian hari untuk beramal dengan sebagian amal-amal shalih secara rutin dalam mengerjakannya.”[13]

𝟱. 𝗔𝗺𝗮𝗹𝗮𝗻 𝘆𝗮𝗻𝗴 D𝗶𝗸𝗲𝗿𝗷𝗮𝗸𝗮𝗻 O𝗹𝗲𝗵 K𝗮𝘂𝗺 M𝘂𝘀𝗹𝗶𝗺𝗶𝗻 S𝗲𝗷𝗮𝗸 D𝗮𝗵𝘂𝗹𝘂

Pemegang pendapat ini membantah jika kegiatan tahlilan yang diadakan di hari-hari tertentu itu bersumber dari ajaran Hindu Budha, karena ada beberapa riwayat yang jelas menyebutkan kaum muslimin sejak  kurun waktu yang lama juga melakukannya.

Berkata Imam Suyuthi rahimahullah : ان سنة الاطعام سبعة أيام بلغنى أنهامستمر الى الأن بمكة و المدينة فالظاهر أنها لم تترك من عهد الصحابة الى الأن و انهم أخذوها خلفا عن سلف الى الصدر الأول ِ  “Sesungguhnya, kebiasaan baik memberikan sedekah makanan selama tujuh hari merupakan perbuatan yang tetap berlaku sampai di Makkah dan Madinah. Yang jelas kebiasaan tersebut tidak pernah ditinggalkan sejak masa sahabat sampai sekarang, dan kebiasaan ini diambil dari ulama salaf sejak generasi pertama, yaitu shahabat.”[14]

Ibnu Umar rahiyallahu’anhu berkata : أن المؤمن يفتن سبعا والمنافق أربعين صباحا“Seorang mukmin diuji dikuburnya selama 7 hari sedangkan munafik 40 hari.”[15] والتصدق عن الميت بوجه شرعي مطلوب ولا يتقيد بكونه في سبعة أيام أو أكثر أو أقل وتقييده ببعض الأيام من العوائد فقط كما أفتى بذلك السيد أحمد دحلان وقد جرت عادة الناس بالتصدق عن الميت في ثالث من موته وفي سابع وفي تمام العشرين وفي الأربعين وفي المائة وبعد ذلك يفعل   ل سنة حولا في يوم الموت“Bersedekah untuk mayit dalam syariat adalah perkara yang dianjurkan. Sedekah tersebut tidak terikat dengan hari ketujuh atau lebih atau kurang. Adapun mengaitkan sedekah dengan sebagian hari adalah merupakan bagian dari adat saja, sebagaimana apa yang difatwakan oleh Sayyid Ahmad Dahlan.

Dan telah berjalan kebiasaan diantara orang-orang yaitu bersedekah untuk mayit pada hari ketiga dari kematiannya dan pada hari ketujuh, dan pada sempurnanya kedua puluh, ke empat puluh dan ke seratus. Setelah itu dilaksanakanlah haul setiap tahun pada hari kematiannya.”[16]

Bahkan salah seorang ulama Malikiyah Ahmad bin Ghanim juga menfatwakan : وأما ما يصنعه أقارب الميت من الطعام وجمع الناس عليه فإن كان لقراءة قرآن ونحوها مما يرجى خيره للميت فلا بأس به، وأما لغير ذلك فيكره “Adapun makanan yang dibuat oleh kerabatnya keluarga mayit dengan mengumpulkan orang-orang bila tujuannya untuk membaca al Qur’an  dan yang semisalnya (seperti dzikir), maka itu termasuk perkara yang diharapkan bisa memberi kebaikan kepada mayit, maka hal itu tidak mengapa. Adapun bila tujuannya bukan untuk itu (seperti hanya ngobrol ngalur ngidul) maka itu dimakruhkan.”[17]

𝗞𝗲𝘀𝗶𝗺𝗽𝘂𝗹𝗮𝗻

Masalah ini dalam pandangan kebanyakan ulama adalah ranah khilaf mu’tabarah (area perbedaan cabang agama yang lazim dan umum terjadi). Tak selayaknya untuk kita ributkan terlalu mendalam apalagi hingga saling melempar tudingan dan julukan yang buruk antara sesama muslim.

Bagi pihak yang mendapati penyimpangan dalam praktek tahlilan, alangkah lebih santunnya untuk focus mengkoreksi kesalahannya. Bukan dengan cara gebyah uyah alias pukul rata semuanya divonis bid’ah.

Selain tidak akan menyelesaikan masalah, juga akan menguras enargi kita meributkan hal-hal furu’ terus menerus. Sedangkan masih banyak perkara usul dan masalah-masalah umat lainnya yang harus lebih diprioritaskan.📜 Wallahu a’lam.

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Sabtu 6 Mei 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

0

Bacaan Injil Katolik hari ini Sabtu 6 Mei 2023 yang dilansir dari thekatolik.com lengkap dengan Mazmur Tanggapan, Bacaan Injil Katolik hari lengkap dengan bacaan dan baik pengantar injil.

Bacaan Injil Hari Sabtu 6 Mei 2023

Kalender Liturgi 6 Mei 2023

Santo Dominikus Savio, Pengaku Iman

Hari biasa Pekan IV Paskah, Hari Sabtu Imam

Warna Liturgi Putih

Bacaan Pertama Kis. 13:44-52

Pada hari Sabat berikutnya datanglah hampir seluruh kota itu berkumpul untuk mendengar firman Allah.

Akan tetapi, ketika orang Yahudi melihat orang banyak itu, penuhlah mereka dengan iri hati dan sambil menghujat, mereka membantah apa yang dikatakan oleh Paulus.

Tetapi dengan berani Paulus dan Barnabas berkata: “Memang kepada kamulah firman Allah harus diberitakan lebih dahulu, tetapi kamu menolaknya dan menganggap dirimu tidak layak untuk beroleh hidup yang kekal.

Karena itu kami berpaling kepada bangsa-bangsa lain.

Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.”

Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya.

Lalu firman Tuhan disiarkan di seluruh daerah itu.

Orang-orang Yahudi menghasut perempuan-perempuan terkemuka yang takut akan Allah, dan pembesar-pembesar di kota itu, dan mereka menimbulkan penganiayaan atas Paulus dan Barnabas dan mengusir mereka dari daerah itu.

Akan tetapi Paulus dan Barnabas mengebaskan debu kaki mereka sebagai peringatan bagi orang-orang itu, lalu pergi ke Ikonium.

Dan murid-murid di Antiokhia penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm. 98:1,2-3b,3d-4

Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.

Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

Bacaan Injil Yohanes 14:7-14

“Barangsiapa melihat Aku, melihat Bapa.”

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”

Kata Filipus kepada-NYa, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa kepada kami, dan itu sudah cukup bagi kami.”

Kata Yesus kepadanya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa kepada kami.

Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku?

Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada itu.

Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa pun yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Viral! Mobil Presiden Jokowi Nyangkut di Jalan Rusak Lampung

0

Viral di Tiktok, mobil yang dipakai Presiden Joko Widodo tersangkut di lubang saat melintasi jalan rusak di Desa Banjaragung Jatiagung, Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023).

Saat mobil nyangkut, presiden sempat membuka pintu belakang mobil dan melihat kondisi jalanan dan ban mobil. Dalam vidi tersebut juga terlihat empat pasukan pengaman presiden turun ke jalan.

Kejadian itu berlansung saat rombongan Presiden Jokowi menyusuri ruas jalan rusak di kota baru yang sempat viral.

Presiden Joko Widodo hari ini berkunjung ke Provinsi Lampung untuk mengecek jalan rusak yang merembet ke TikTok.

Jokowi mengatakan, pemerintah baru mengkaji data jalan kabupaten/kota dan provinsi yang rusak berat. Hal itu, menurut dia, terjadi karena anggaran tidak fokus pada pembangunan infrastruktur.

“Saya ingin mengecek apakah video media itu benar atau tidak,” kata Jokowi, Kamis (5/4) di Sarinah, Jakarta.

Jokowi berharap semua pihak memahami pentingnya pembangunan infrastruktur. Menurutnya, infrastruktur jalan yang baik mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.

Ia menjelaskan jalan rusak akan menghambat pergerakan orang dan barang. Hal ini mempengaruhi harga barang di pasar.

“Ketika jalan rusak, terutama jalur produksi, itu mengganggu mobilitas orang dan barang. Biaya logistik semakin meningkat, sehingga barang tidak bisa bersaing dengan daerah lain dan negara lain,” ujarnya.

Sebelumnya, banyak warganet yang mengeluhkan jalan Lampung rusak parah. Seorang pengguna TikTok bernama Bima Yudho Saputro menyebut Lampung tidak mengalami kemajuan karena banyak jalan yang rusak.

Bima terkenal dengan konten menyebut Lampung Provinsi Dajjal. Dia terlibat dalam kasus ujaran kebencian di bawah hukum, namun polisi menutup kasus tersebut.

Jadwal Tayang Dr Romantic 3 Episode 1 Sampai 16 (END)

0

Salah satu drama Korea yang paling di tunggu-tunggu penggemar adalah Dr Romantic. Drama ini telah memasuki season ketiga setelah tiga tahun merilis season keduanya pada 2020 dan season pertama di 2016. Sebelum menonton, simak sinopsis, daftar pemain, dan jadwal tayang Dr Romantic season 3 episode 1 sampai 16 (END) dalam artikel ini.

Dr Romantic 3 disutradarai oleh Yoo In-shik. Acara ini dibintangi oleh Han Seok-kyu, Lee Sung-kyung, Ahn Hyo-seop, Kim Joo-heon, So Ju-yeon, dan Jin Kyung, bersama dengan pemeran lainnya.

Drama ini akan melanjutkan kisah dari season sebelumnya dengan lebih banyak masalah yang di hadapi. Dimana Kim Sa-bu dan timnya menghadapi mereka dalam kehidupan profesional dan pribadi. Karena skala insiden dan kecelakaan yang harus dikelola rumah sakit, tim harus memberikan perawatan berkualitas tinggi untuk pasien mereka.

Sinopsis Dr Romantic 3

Dr Romantic 3
Poster drama Dr Romantic 3

Sinopsis Disney+ dari acara tersebut berbunyi: “Di Doldam, sebuah rumah sakit pedesaan kecil, Kim Sa-bu bekerja dengan dokter muda yang penuh semangat dan merawat berbagai pasien, memberikan kesembuhan bagi banyak orang.”

Pada season ketiga ini, diceritakan setelah tiga tahun, Pusat Trauma Regional Rumah Sakit Doldam yang merupakan impian lama Kim Sa-bu akan dibuka. Dengan dibukanya Pusat Trauma Regional, skala insiden dan kecelakaan yang harus ditangani Rumah Sakit Doldam juga meningkat.

Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), spesialis GS yang tumbuh sebagai ‘Little Teacher Kim’ setelah season 2, dan Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung), spesialis CS telah menjadi senior dan kekasih selama tiga tahun.

Diceritakan juga, Dokter Rumah Sakit Daerah Doldam harus melakukan tindakan medis di tengah lokasi yang sulit dan peralatan medis terbatas. Situasi itu membuat mereka belajar dan beradaptasi untuk membantu banyak pasien. 

Sayangnya, beberapa pasien di daerah Doldam ini masih sangat keras kepala hingga sulit mengikuti perintah dokter dan menolak mengikuti anjuran perawatan medis yang harus dilakukan.

Upaya tersebut digambarkan lewat musim ketiga yang dipenuhi kisah hangat tentang perjuangan para tenaga medis.

Di Season pertama, Kim Sa-bu membimbing Kang Dong-joo (Yoo Yeon-seok) dan Yoon Seo-jeong (Seo Hyun-jin) untuk menjadi dokter hebat dengan mengajari mereka bertarung melawan kekuasaan dan uang demi pasien. 

Sementara di season kedua, berlangsung tiga tahun setelah peristiwa musim pertama di mana Guru Kim merekrut seorang ahli bedah umum dari rumah sakit utama di Seoul.

Dia menemukan Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), seorang dokter dengan masa lalu bermasalah yang dikucilkan oleh sesama dokter dan menawarinya pekerjaan. Sementara itu, Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung) diskors setelah melakukan kesalahan lain di ruang operasi dan tidak punya pilihan lain selain mengikuti kedua dokter tersebut ke Rumah Sakit Doldam.

Daftar Pemain Dr Romantic 3

Dr Romantic 3
Poster Drama Dr Romantic 3
  1. Han Seok Kyu sebagai Teacher Kim/dr. Boo Yong Joo/Kim Sa Bu
  2. Ahn Hyo Seop sebagai Seo Woo Jin
  3. Lee Sung Kyung sebagai Cha Eun Jae
  4. Kim Joo Heon sebagai Park Min Guk
  5. Lee Ji Ha sebagai ibu Cha Eun Jae
  6. So Ju Yeon sebagai Yoon Ah Reum
  7. Kim Min Jae sebagai Park Eun Tak
  8. Jin Kyung sebagai Oh Myung Shim
  9. Shin Dong Wook sebagai Bae Moon Jung
  10. Yoon Na Moo sebagai Jung In Soo
  11. Byun Woo Min sebagai Nam Do Il
  12. Lee Kyung Young sebagai Cha Jin Man
  13. Im Won Hee sebagai Jang Gi Tae
  14. Lee Shin Young sebagai Jang Dong Hwa
  15. Yoon Bora sebagai Joo Young Mi
  16. Jung Ji Ahn sebagai Uhm Hyun Jung

Jadwal Tayang Dr Romantic 3 Episode 1 Sampai 16 (END)

Dr Romantic 3
Dr Romantic 3

Dr Romantic Season 3 adalah drama produksi SBS Original dan akan tersedia untuk ditonton di Korea Selatan. Bagi mereka yang menonton secara internasional, drama ini akan tersedia di Disney+.

Drama ini telah tayang sejak 28 April 2023 hingga 17 Juni 2023 pukul 22.00 KST atau 20.00 WIB. Dr Romantic 3 diperkirakan akan memiliki 16 episode yang rilis dua episode setiap minggu (Jumat-Sabtu). 

  • Episode 1: Jumat, 28 April 2023
  • Episode 2: Sabtu, 29 April 2023
  • Episode 3: Jumat, 5 Mei 2023
  • Episode 4: Sabtu, 6 Mei 2023
  • Episode 5: Jumat, 12 Mei 2023
  • Episode 6: Sabtu, 13 Mei 2023
  • Episode 7: Jumat, 19 Mei 2023
  • Episode 8: Sabtu, 20 Mei 2023
  • Episode 9: Jumat, 26 Mei 2023
  • Episode 10: Sabtu, 27 Mei 2023
  • Episode 11: Jumat, 2 Juni 2023
  • Episode 12: Sabtu, 3 Juni 2023
  • Episode 13: Jumat, 9 Juni 2023
  • Episode 14: Sabtu, 10 Juni 2023
  • Episode 15: Jumat, 16 Juni 2023
  • Episode 16: Sabtu, 17 Juni 2023

Trailer Sub Indo

 

Prodi Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Pemutakhiran Kurikulum 2023

Universitas Hasanuddin (Unhas) mulai mempersiapkan penerapan kurikulum terbaru yang disebut juga sebagai Kurikulum 2023 (K23).

Setiap Program Studi nantinya pada tahun ajaran inj akan menerapkan kurikulum ini secara serentak oleh semua tingkatan Sarjana (S1) di Universitas Hasanuddin.

Prodi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menjadi prodi yang melakukan kegiatan workshop di awal untuk mempersiapkan penerapan kurikulum ini nantinya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari (5-6 Mei 2023) dengan melibatkan dosen dan tenaga kependidikan.

Pada kegiatan ini menghadirkan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas yang diwakili oleh Wakil Dekan I FKM Unhas, Dr. Wahiduddin, SKM., M.Kes., yang membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa harapan dari penerapan K23 ini dapat diimplementasikan untuk angkatan baru (angkatan 2023) dan jika memungkinkan kurikulum ini juga sudah dapat diterapkan oleh mahasiswa semester 2 (angkatan 2022).

Selain Wakil Dekan I, hadir pula memberikan sambutan Ketua Departemen Ilmu Gizi, Dr. Healthy Hidayanty, SKM., SKM.

Dalam sambutannya, ia mengharapkan output dari kegiatan ini sejalan dengan output dari K23 yang sudah ditetapkan oleh Unhas berkaitan dengan profil lulusan, capaian pembelajaran dan RPS.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan dari Ketua Program Studi Ilmu Gizi, Dr. Abdul Salam, SKM., M.Kes., berkaitan dengan kurikulum yang diterapkan selama ini dan yang direncanakan.

Dalam pemaparannya, Dr. Abdul Salam menjelaskan bahwa kurikulum ini akan merokognisi  seluruh kegiatan mahasiswa dengan sistem menabung dengan pembagian Mata Kuliah yang sudah ditetapkan khusus rumpun kesehatan, dimana Mata Kuliah Umum 12 SKS, Mata Kuliah Kompetensi Prodi 133 SKS dan Mata Kuliah Program Penguatan Kompetensi 10 SKS.

Peran departemen dan fakultas sangat dibutuhkan untuk pemutakhiran kurikulum ini.

Ketua Panitia, Safrullah Amir, S.Gz., MPH menyampaikan bahwa kurikulum ini sudah dan sedang berproses selama 4-5 bulan dan sudah ada beberapa pedoman dan struktur yang dapat dijadikan acuan.

Kegiatan workshop ini juga mendukung tujuan keempat dari SDG’s, yaitu menghadirkn Pendidikan yang Berkualitas, Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua.

Dr Romantic Season 3: Sinopsis, Daftar Pemain, Jadwal Tayang

0

Salah satu drama Korea yang paling di tunggu-tunggu penggemar adalah Dr Romantic. Drama ini telah memasuki season ketiga setelah tiga tahun merilis season keduanya pada 2020 dan season pertama di 2016. Sebelum menonton, simak sinopsis, daftar pemain, dan jadwal tayang Dr Romantic season 3 dalam artikel ini.

Dr Romantic 3 disutradarai oleh Yoo In-shik. Acara ini dibintangi oleh Han Seok-kyu, Lee Sung-kyung, Ahn Hyo-seop, Kim Joo-heon, So Ju-yeon, dan Jin Kyung, bersama dengan pemeran lainnya.

Drama ini akan melanjutkan kisah dari season sebelumnya dengan lebih banyak masalah yang di hadapi. Dimana Kim Sa-bu dan timnya menghadapi mereka dalam kehidupan profesional dan pribadi. Karena skala insiden dan kecelakaan yang harus dikelola rumah sakit, tim harus memberikan perawatan berkualitas tinggi untuk pasien mereka.

Sinopsis Dr Romantic 3

Dr Romantic 3
Poster Drama Dr Romantic 3

Sinopsis Disney+ dari acara tersebut berbunyi: “Di Doldam, sebuah rumah sakit pedesaan kecil, Kim Sa-bu bekerja dengan dokter muda yang penuh semangat dan merawat berbagai pasien, memberikan kesembuhan bagi banyak orang.”

Pada season ketiga ini, diceritakan setelah tiga tahun, Pusat Trauma Regional Rumah Sakit Doldam yang merupakan impian lama Kim Sa-bu akan dibuka. Dengan dibukanya Pusat Trauma Regional, skala insiden dan kecelakaan yang harus ditangani Rumah Sakit Doldam juga meningkat.

Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), spesialis GS yang tumbuh sebagai ‘Little Teacher Kim’ setelah season 2, dan Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung), spesialis CS telah menjadi senior dan kekasih selama tiga tahun.

Diceritakan juga, Dokter Rumah Sakit Daerah Doldam harus melakukan tindakan medis di tengah lokasi yang sulit dan peralatan medis terbatas. Situasi itu membuat mereka belajar dan beradaptasi untuk membantu banyak pasien. 

Sayangnya, beberapa pasien di daerah Doldam ini masih sangat keras kepala hingga sulit mengikuti perintah dokter dan menolak mengikuti anjuran perawatan medis yang harus dilakukan.

Upaya tersebut digambarkan lewat musim ketiga yang dipenuhi kisah hangat tentang perjuangan para tenaga medis.

Di Season pertama, Kim Sa-bu membimbing Kang Dong-joo (Yoo Yeon-seok) dan Yoon Seo-jeong (Seo Hyun-jin) untuk menjadi dokter hebat dengan mengajari mereka bertarung melawan kekuasaan dan uang demi pasien. 

Sementara di season kedua, berlangsung tiga tahun setelah peristiwa musim pertama di mana Guru Kim merekrut seorang ahli bedah umum dari rumah sakit utama di Seoul.

Dia menemukan Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), seorang dokter dengan masa lalu bermasalah yang dikucilkan oleh sesama dokter dan menawarinya pekerjaan. Sementara itu, Cha Eun-jae (Lee Sung-kyung) diskors setelah melakukan kesalahan lain di ruang operasi dan tidak punya pilihan lain selain mengikuti kedua dokter tersebut ke Rumah Sakit Doldam.

Daftar Pemain Dr Romantic 3

Dr Romantic 3
Dr Romantic 3 cast
  1. Han Seok Kyu sebagai Teacher Kim/dr. Boo Yong Joo/Kim Sa Bu
  2. Ahn Hyo Seop sebagai Seo Woo Jin
  3. Lee Sung Kyung sebagai Cha Eun Jae
  4. Kim Joo Heon sebagai Park Min Guk
  5. Lee Ji Ha sebagai ibu Cha Eun Jae
  6. So Ju Yeon sebagai Yoon Ah Reum
  7. Kim Min Jae sebagai Park Eun Tak
  8. Jin Kyung sebagai Oh Myung Shim
  9. Shin Dong Wook sebagai Bae Moon Jung
  10. Yoon Na Moo sebagai Jung In Soo
  11. Byun Woo Min sebagai Nam Do Il
  12. Lee Kyung Young sebagai Cha Jin Man
  13. Im Won Hee sebagai Jang Gi Tae
  14. Lee Shin Young sebagai Jang Dong Hwa
  15. Yoon Bora sebagai Joo Young Mi
  16. Jung Ji Ahn sebagai Uhm Hyun Jung

Jadwal Tayang Dr Romantic 3

Dr Romantic 3
Still cut Dr Romantic 3

Dr Romantic Season 3 adalah drama produksi SBS Original dan akan tersedia untuk ditonton di Korea Selatan. Bagi mereka yang menonton secara internasional, drama ini akan tersedia di Disney+.

Drama ini telah tayang sejak 28 April 2023 hingga 17 Juni 2023 pukul 22.00 KST atau 20.00 WIB. Dr Romantic 3 diperkirakan akan memiliki 16 episode yang rilis dua episode setiap minggu (Jumat-Sabtu). 

Trailer Sub Indo

 

Daftar Pemain Bola Voli Putra Malaysia SEA Games 2023 dan Jadwal Bertanding

Daftar Pemain Timnas Voli Putra Malaysia pada SEA Games 2023 Kamboja.

Hasil undian sudah menempatkan daftar pemain timnas voli putra Malaysia berada di grup berat dalam SEA Games 2023 Kamboja.

Dilansir dari akun Instagram @volleytrails, berikut daftar pemain Timnas Voli Putra Malaysia SEA Games 2023.

Timnas voli putra Malaysia tergabung dalam grup B melawan Vietnam, Myanmar dan Thailand.

Prestasi terbaik yang diraih oleh timnas voli Malaysia ialah mendapatkan medali perak.

Daftar Pemain Timnas Voli Putra Malaysia SEA Games 2023

Outside Hitter

  • Ranjit Ranu
  • Muhammad Fahmi
  • Mohd Sari
  • Mohd Sarizan

Middle blocker

  • Shon Ngiap Shyang
  • Ryan Tan Teng Wei
  • Kang Yuan Shing

Opposite

  • Sim Jian Qin
  • Lom Soo Yuee
  • Chia You Ching

Setter

  • Khairol Shazrime
  • Sim Zi Oin

Libero

  • Lee Yeh Seng
  • Muhammad Hafizuddin

Berikut jadwal, hasil, dan klasemen cabor voli indoor SEA Games 2023:

Sektor Putra

Berikut jadwal voli SEA Games 2023 untuk babak penyisihan grup sektor putra:

  • Rabu, 3 Mei 2023
    Grup B – Malaysia vs Thailand: 0-3 (20-25, 17-25, 20-25)
    Grup A – Filipina vs Indonesia: 0-3 (18-25, 18-25, 23-25)
    Grup B – Myanmar vs Vietnam: 0-3 (14-25, 21-25, 18-25)
    Grup A – Kamboja vs Singapura: 3-0 (25-14, 25-19, 25-20)
  • Kamis, 4 Mei 2023
    Grup B – Malaysia vs Myanmar: 3-1 (22-25, 25-21, 25-14, 25-20)
    Grup B – Thailand vs Vietnam: 3-1 (23-25, 25-17, 25-23, 25-23)
    Grup A – Singapura vs Indonesia: 0-3 (27-29, 8-25, 10-25)
    Grup A – Kamboja vs Filipina: 3-0 (25-18, 25-18, 25-17)
  • Sabtu, 6 Mei 2023
    Grup B – Myanmar vs Thailand: 12.00 WIB
    Grup B – Vietnam vs Malaysia: 14.30 WIB
    Grup A – Filipina vs Singapura: 17.00 WIB
    Grup A – Indonesia vs Kamboja: 19.30 WIB

Sektor Putri

Berikut jadwal voli SEA Games 2023 untuk babak penyisihan grup sektor putri:

  • Selasa, 9 Mei 2023
    Grup A – Malaysia vs Myanmar: 12.00 WIB
    Grup B – Vietnam vs Singapura: 14.30 WIB
    Grup A – Indonesia vs Thailand: 17.00 WIB
    Grup B – Filipina vs Kamboja: 19.30 WIB
  • Rabu, 10 Mei 2023
    Grup A – Malaysia vs Indonesia: 12.00 WIB
    Grup A – Myanmar vs Thailand: 14.30 WIB
    Grup B – Filipina vs Vietnam: 17.00 WIB
    Grup B – Kamboja vs Singapura: 19.30 WIB
  • Kamis, 11 Mei 2023
    Grup A – Indonesia vs Myanmar: 12.00 WIB
    Grup A – Thailand vs Malaysia: 14.30 WIB
    Grup B – Singapura vs Filipina: 17.00 WIB
    Grup B – Vietnam vs Kamboja: 19.30 WIB

Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024

Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024, Berikut akan memberikan contoh soal atau latihan soal tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ajaran baru 2023/2024.

Latihan soal ini dapat menjadi referensi untuk teman-teman dalam menyiapkan diri dalam mengikuti tes masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Soal-soal dapat dikerjakan dan didiskusikan bersama teman, orang tau maupun guru di sekolah.

Oleh sebab itu, simak berikut ini Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024.

Contoh Soal Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri lengkap Semua MK 2023/2024

1. Termometer : Temperature = Jam : …

a. Dingin
b. Waktu
c. Arloji
d. Beku
e. Mendidih

Jawaban: B

2. Telur : Avoid = Dunia : …

a. Spheroid
b. Android
c. Mongoloid
d. Jantan
d. Betina

Jawaban: A

3. Penyakit : Patologi = …. : Cuaca

a. Astronomi
b. Fisika
c. Metrologi
d. Meteorologi
e. Antropologi

Jawaban: D

4. Kompetisi : Kooperasi = …. : Rival

a. Lama
b. Musuh
c. Main
d. Kawan
e. Dagang

Jawaban: D

5. Potensial : Aktual = …. : yang akan datang

a. Dini
b. Lama
c. Mungkin
d. Kini
e. Pasti

Jawaban: D

Soal Literasi dalam Bahasa Indonesia

1. Simak bacaan di bawah ini

Devide et impera menjadi salah satu senjata kongsi dagang Belanda (VOC) untuk menguasai Nusantara. Istilah ini berasal dari bahasa Spanyol yang kurang lebih artinya ‘belah dan kuasai’. Istilah ini merujuk pada sebuah strategi perang yang dikombinasikan dengan politik, ekonomi, dan sosial untuk menguasai sebuah wilayah atau kelompok. Cara ini bahkan dijadikan kebiasaan oleh VOC dalam hal politik, militer, dan ekonomi untuk melestarikan penjajahannya di Indonesia. Orientasinya adalah mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan menaklukkan raja-raja di Nusantara. Misalnya dalam kasus Kerajaan Mataram, posisinya semakin melemah karena terbagi menjadi empat wilayah terpisah.

Dalam konteks lain, devide et impera juga berarti mencegah kelompok-kelompok kecil untuk bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat. Kondisi ini terasa sekali ketika kita didera pandemi Covid-19. Kita tak sadar bahwa pro kontra terhadap sebuah kebijakan publik misalnya, justru memperoleh panggung daripada upaya bersama untuk keluar dari pandemi ini. Kondisi di masyarakat saat itu seperti terkena “politik belah dan kuasai”. Ego “siapa kami” lebih mengemuka dibandingkan “inilah kita!”.

Media sosial menjadi ajang untuk mengaduk-aduk jejak digital masa kelam. Lantas, langkah yang sudah mulai ke depan kembali mundur. Upaya untuk membentuk imunitas komunal pun memperoleh hambatan justru di pusat kasus. Misalnya, hasil survei mencatat persentase warga DKI Jakarta yang menolak vaksinasi Covid-19 paling tinggi di Indonesia, yakni 33 persen. Kita patut merenungkan ucapan ahli virus, Faheem Younus, “Orang yang terpecah tidak bisa menang melawan virus yang bersatu.”

Simpulan yang tepat bacaan di atas adalah ….

a. Pemerintah Belanda dapat menguasai seluruh wilayah Nusantara dalam waktu yang lama karena menerapkan strategi devide et impera

b. Kerajaan Mataram terbagi menjadi empat wilayah terpisah karena adanya perebutan wilayah dan perpecahan para pemimpinnya

c. Strategi devide et impera berupaya mencegah kelompok-kelompok kecil bersatu menjadi sebuah kelompok besar yang lebih kuat

d. Kesepahaman dan kebersamaan semua pihak merupakan faktor penting dalam upaya menghadapi dan menyelesaikan permasalahan

e. Media sosial dapat menjadi sarana mengekspresikan pro dan kontra dalam menyikapi kebijakan publik untuk menghadapi masalah.

Jawaban: D

2. Simak bacaan di bawah ini

Galaktosa adalah salah satu jenis gula yang terdapat di dalam susu, baik ASI maupun susu formula. Pada kondisi normal, galaktosa akan dicerna oleh tubuh dan diubah menjadi energi. Akan tetapi, pada penderita galaktosemia, tubuh tidak dapat mencerna galaktosa sehingga zat tersebut menumpuk di dalam darah. Jika menumpuk dalam darah, galaktosa dapat mengalir ke organ-organ tubuh, seperti ginjal dan hati. Galaktosa yang mengalir ke organ tubuh akan diubah menjadi galaktitol, yaitu salah satu zat yang beracun bagi tubuh. Akibatnya, organ tubuh dapat mengalami kerusakan.

Galaktosemia (galactosemia) tergolong penyakit langka yang terjadi pada sekitar 1 dari 48.000 bayi di seluruh dunia. Galaktosemia disebabkan oleh perubahan atau mutasi pada gen GALT, GALK1, dan GALE. Gen-gen tersebut berfungsi untuk membentuk enzim galaktokinase yang mengubah galaktosa menjadi energi. Mutasi menyebabkan gen-gen tersebut hanya dapat memproduksi sedikit enzim galaktokinase. Akibatnya, tubuh tidak dapat mencerna galaktosa dengan baik. Galaktosemia diturunkan dari orang tua kepada anak dalam pola penurunan autosomal recessive. Jika kedua orang tua memiliki gen galaktosemia, risiko anaknya menderita galaktosemia adalah sebesar 25% pada setiap kehamilan. Meskipun galaktosemia dapat berakibat fatal, bayi yang terlahir dengan kondisi ini dapat hidup normal jika segera diberikan penanganan yang tepat.

Makna paling tepat kata galaktosemia dalam bacaan adalah ….

a. bayi dengan kondisi yang tidak dapat minum baik ASI maupun susu formula.

b. penyakit keturunan yang menyebabkan tubuh tidak dapat mencerna galaktosa

c. galaktosa yang menumpuk dalam darah dan mengalir ke organ-organ tubuh yang vital

d. tubuh tidak dapat mencerna galaktosa sehingga zat tersebut menumpuk di dalam darah

e. galaktosa yang mengalir ke tubuh menjadi galaktitol sebagai zat yang beracun bagi tubuh

Jawaban: B

3. Banyak karya seni indah yang dihasilkan oleh seniman jalanan sehingga menarik minat pecinta seni turun kejalan untuk menikmati karya seni. Salah satunya adalah lukisan dari seorang pelukis wanita yang memperlihatkan gambaran emosi pelukisnya.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

a. Karya seni lukis adalah satu-satunya yang menarik pecinta seni untuk turun ke jalan

b. Kayu yang mengalami pelapukan tidak diaplikasikan bahan pengawet

c. Risiko pelapukan pada kayu berkurang jika dilakukan pengaplikasian bahan pengawet

d. Pelapukan pada kayu hilang dengan melakukan pengaplikasian bahan pengawet

e. Pada kayu yang mengalami pertumbuhan spora tidak diaplikasikan bahan pengawet

Jawaban: D

4. Di TK X, anak-anak yang mengikuti program Y, memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar dari pada anak-anak yang tidak mengikuti program tersebut.

Menurut para ahli, hal tersebut disebabkan oleh programnya ini yang memungkinkan anak untuk menjelajahi alam Manakah pernyataan berikut ini yang akan memperkuat argumen dari ahli tersebut?

a. Program Y dilakukan TK X seara rutin sejak TK itu berdiri

b. Guru-guru di TK X menyarankan anak-anak untuk mengikuti program Y

c. Sebagian anak yang tidak pernah mengikuti program Y jarang bertanya selama belajar di kelas

d. Anak-anak yang mengikuti program Y memiliki karakteristik yang sama dengan yang tidak mengikuti program Y

e. Di TK X, anak-anak yang tidak mengikuti program Y tidak pernah mendapatkan kesempatan menjelajahi alam.

Jawaban: E

Soal Literasi dalam Bahasa Inggris

1. In 2010, researchers estimated that 8 billion kg of plastic entered the ocean in a single year, and that number would sharply increase by 2025. When it enters the ocean, plastic waste disrupts marine ecosystems, travels to central locations, and forms a trash island which can cover an area of more than 1.6 million square km. These plastics never degrade, but rather break up into smaller sizes. They eventually become microplastics that stay in the environment for hundreds of years.
Scientists at the University of California San Diego have invented a new biodegradable material that is designed to replace the commonly used plastics. The material started to biodegrade in seawater within four weeks. The team found that various marine organisms colonize the material and break it into nutrients for their consumption.