Workshop Kurikulum Prodi S2 Departemen Kesling FKM Unhas Hadirkan Pakar-pakar Nasional

FAJAR Pendidikan

Departemen Kesehatan Lingkungan (Kesling) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), melaksanakan Workshop Kurikulum S2 Kesehatan Lingkungan dan Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah tanggal 12-13 Maret 2022 di Hotel Gammara.

Kegiatan ini didasarkan pada berbagai perkembangan isu kesehatan lingkungan dan membutuhkan akselerasi dengan pembelajaran.

Perkembangan Ilmu Kesehatan Lingkungan dalam dekade terakhir mengalami akselerasi yang sangat pesat, sehingga Pemutakhiran materi pembelajaran Matakuliah di Kesehatan Lingkungan FKM Unhas sangat dibutuhkan.

Selain itu Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi perlu di-respon segera.

Begitu pula Hasil dari Rencana Strategis Fakultas yang salah satu pointnya adalah meningkatnya metode pembelajaran berbasis Pemecahan Kasus (Case Methods) dan Pembelajaran kelompok berbasis project (Team-Based Project) juga menjadi dasar pentingnya melakukan Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas.

Sejalan dengan hal tersebut, pembukaan Prodi S2 Kesehatan Lingkungan perlu dirumuskan visi, misi, kompetensi lulusan dan persiapan akreditasi minimal guna penerimaan mahasiswa semester awal 2022.

BACA JUGA :   3 Mahasiswa IAIN Bone Rebut Juara di MTQ ke-32, Warek III: Perjuangannya Sungguh Luar Biasa

Oleh karena itu, Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas mengadakan Workshop Pemutakhiran Rencana Pembelajaran Semester (RPS) agar materi pembelajaran yang diperoleh oleh mahasiswa ter-update dan proses belajar mengajar bisa berjalan sesuai dengan RPS dan tujuan pembelajaran yang telah dirancang.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah pertama menyusunan visi, misi dan kurikumum S2 Kesehatan Lingkungan FKM Unhas;

Kedua melaksanakan Pemutakhiran RPS, Modul dan Portofolio Matakuliah Departemen Kesehatan LIngkungan FKM UNHAS (S1, S2 dan S3).

Peserta kegiatan adalah seluruh dosen dan staf pada Departemen Kesehatan Lingkungan FKM Unhas sebanyak 12 orang dan mengundang user dan alumni S1 dan S2 Kesehatan Lingkungan FKM Unhas termasuk mahasiswa dan alumni S1 dan S2.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan 1 FKM Unhas, Ansariadi, SKM, MSc PH, PhD. Ia menyampaikan agar kegiatan ini akan menghasilkan kurikulum yang ter-update dan mendukung terlaksananya akreditasi minimal Prodi S2 Kesehatan Lingkungan FKM Unhas yang harus dilaksanakan secepatnya sambil melaksanakan penerimaan mahasiswa baru.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Posko 28 Laksanakan Seminar Awal di Desa Laguruda

Ada beberapa pemateri yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Materi Kebijakan Pengembangan Kurikulum FKM Unhas oleh WD1 FKM Unahas, Materi Pengembangan Kesehatan Lingkungan di Indonesia oleh Prof Dr Arif Sumantri, SKM., M Kes dari UNAIR – Surabaya;

Materi ketiga, Pengembangan Kesling Global oleh Prof Budi Haryanto, SKM., MPH, Ph.D dari Universitas Indonesia.

Selanjutnya ada dua orang pembahas pada materi Kurikulum S2 Kesling yang dihadiri oleh Dr Ir Mursid Raharjo, M.Si dari UNDIP Semarang dan Dr R Azizah, SH., M Kes. dari UNAIR.

“Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini menghasilkan output yang maksimal dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan dan persiapan akreditasi S2 Kesling nantinya,” ungkap Ketua Panitia Kegiatan, Dr Syamsuar Manyullei, SKM, MKes, MSc PH.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI