Friday, May 29, 2020

Peringkat Tidak Tetap, Soal GEOMETRI 2019 Dirasa Cukup Sulit

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id-GEOMETRI yang merupakan ajang perlombaan metmatika se-Indonesia Tengah yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi kompetisi yang cukup menantang bagi para siswa yang mengikutinya, terutama dalam soalnya yang terbilang sulit dan mengecoh. Dian, salah satu orang tua peserta juga mengatakan demikian.

“Kalau dari segi soal,  cukup sulit dan banyak mengecoh. Karena peringkat anak saya selama sesi berlangsung  tidak tetap, selalu naik turun,”  ungkap salah satu peserta. 

Menanggapi hal tersebut, Tim Pembuat Soal mengakui bahwa soal yang dirancang tahun ini memang benar lebih  sulit  sekaligus mengecoh dari tahun sebelumnya, hal tersebut dikarenakan beberapa strategi yang diterapkan. 

“Soal tahun ini memang setingkat lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya dengan beberapa strategi diantaranya untuk babak penyisihan dua, soal yang diberikan merupakan kumpulan dari  soal-soal  sulit yang kami miliki, setingkat UN dan OSN. Jadi wajar jika yang sebelumnya memiliki poin  tinggi di babak penyisihan 1 seketika down di babak penyisihan 2,” tuturnya.

Erjun D selaku ketua panitia  kegiatan juga mengatakan bahwa soal yang diberikan sudah mencakup lingkup materi disebar. Adapun sekolah yang berhasil melalui soal-soal tersebut dengan unggul yaitu,  pada tingkat SMA diraih oleh Sman 5 gowa dan pada  tingkat SMP dan SD diraih oleh Athirah 1 Makassar. 

Item lomba yang diikuti sekitar 700 peserta dari berbagai daerah ini diantaranya yaitu, Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) individu dan grup tingkat SD, SMP, dan SMA, serta lomba  D’1st Grade In Mathematics (DIGIT) tingkat SD, SMP, dan SMA.

GEOMETRI 2019 yang bertujuan untuk menciptakan pribadi yang unggul dan berprestasi, resmi ditutup pada Senin (14/10). (FP/*)

- Advertisement -

TERKINI

Minta Nadiem Tunda Tahun Ajaran Baru, Ribuan Orang Teken Petisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ribuan orang meneken petisi online meminta Presiden Joko Widodo dan Mendikbud Nadiem Makarim untuk menunda tahun ajaran baru. Petisi itu diinisiasi seseorang...

Perkuat Ukhuwah Makhluqiyah Jadi Tema Halalbihalal Virtual UIN Alauddin Makassar

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keluarga besar UIN Alauddin Makassar menggelar Halalbihalal virtual dengan mengusung tema, “Memperkuat Ukhuwah Makhluqiyah Menghadapi Pandemi Covid 19” via...

Jajaran Lantamal VI Lanal Kendari Rapid Test Massal Pengguna Jasa Pelabuhan Bungkutoko

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah kota...

Langgar SOP Covid-19, Kasat Lantas Polres Barru Panggil Oknum Kapus

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah, melalui Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana Taruk, memanggil untuk mengkonfirmasi salah satu oknum...

REKOMENDASI