ADV A1
ADV B1

Ronaldinho dengan Skill Elastico Ternyata Bukan Yang Pertama

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

Ronaldinho merupakan salah satu pemain sepak bola paling berbakat dimasanya. Ia juga dikenal dengan signature movenya yaitu skil elastico .

Elastico adalah teknik yang sering dilakukan Ronaldinho, terutama ketika berada dalam situasi satu lawan satu di sudut lapangan . Teknik ini biasanya dilakukan ketika memegang bola tidak dalam kondisi berlari dengan kecepatan tinggi. Secara praktis, elastico adalah teknik mengubah arah bola dengan cepat untuk mengelabui lawan.

-ADV C2 -

Elastico diawali dengan bola berada di kaki terkuat, bola kemudian sedikit digeser dengan kaki luar kearah yang diinginkan diikuti oleh gerak badan. Ketika lawan sudah mengikuti gerak bola dan badan, pemegang bola kemudian dengan cepat mengubah arah dribble menggunakan kaki bagian dalam.

Baca Juga :   5 Atlet Perempuan Indonesia yang Berparas Cantik, Ada Pemain Sepakbola Juga Lho!
-ADV C3 -

Tetapi penemu elastico bukanlah Ronaldinho, melainkan Sergio Echigo yang berasa dari jepang. Elastico memiliki nama beraroma Amerika latin. Tetapi pencipta dari skill tersebut aslinya merupakan orang berdarah Asia tepatnya Jepang yang bernama Sergio Echigo.

Lahir pada 28 Juli 1945 di Sao Paulo, Brasil, Sergio Echigo adalah seroang nisei (generasi kedua imigran Jepang yang tinggal di Eropa dan Amerika pasca perang Dunia) yang berkarir sebagai pesepak bola.

-ADV C4 -

Echigo memulai masuk tim muda di klub Brazil, Corintians, pada tahun 1963. Klub yang berdiri pada tahun 1910 itu Echigo muda mengasa kemampuannya lewat melihat pemain maestro Negara Samba seperti Pele dan Garrincha.

Baca Juga :   5 Atlet Perempuan Indonesia yang Berparas Cantik, Ada Pemain Sepakbola Juga Lho!

Nama Echigo kurang menggaung di Brasil dan semakin kurang terdengar karena ia mudik ke tanah leluhurnya dan berkarir di Liga Jepang mulai tahun 1970-an. Teknik elastico tetap membekas pada pemain Brasil, terutama manta rekan setimnya Roberto Rivellino.

Rivellino yang dianggap banyak kalangan yang menciptakan elastico mengakui Echigo adalah investor dari skill tersebut. Rivellino terpana ketika Echigo melakukan eastico di lapangan latihan.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI