ADV A1

Tahukah Kamu, 21 November Hari Televisi Sedunia? Ini Sejarahnya

FAJAR Pendidikan

25 tahun yang lalu, tepatnya pada Bulan Desember 1996, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memproklamirkan 21 November Hari Televisi Sedunia.

Pada tahun yang sama Forum Televisi Dunia pertama di adakan.

Tahukah Kamu, 21 November Hari Televisi Sedunia? Ini Sejarahnya
Tahukah Kamu, 21 November Hari Televisi Sedunia? Ini Sejarahnya

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), keputusan ini di ambil untuk memberikan pengakuan atas meningkatnya dampak televisi terhadap pengambilan keputusan berbagai konflik dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan”.

Sebelumnya masyarakat menerima informasi melalui siaran radio, jika sebuah rumah tangga di lengkapi dengan radio transistor dan surat kabar.

Siaran televisi awal mengikuti format yang sama seperti radio dengan seorang pria membaca buletin sederhana di layar hitam putih.

Namun teknologi segera berkembang untuk memasukkan gambar peristiwa dan wawancara dengan orang-orang.

Gaya monokrom di tinggalkan ketika teknologi warna di kembangkan pada pertengahan hingga akhir tahun enam puluhan dan teknologi TV terus berkembang dengan optik dan perangkat tambahan digital yang semakin canggih.

BACA JUGA :   15 Jenis Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

Namun, Hari Televisi Sedunia tidak d imaksudkan sebagai perayaan alat elektronik itu sendiri, melainkan filosofi yang di wakilinya – filosofi keterbukaan dan transparansi isu-isu dunia.

Televisi telah lama di anggap mewakili komunikasi dan globalisasi di dunia kontemporer, tetapi tidak semua perwakilan pemerintah yang hadir melihat hal-hal seperti itu.

Delegasi dari Jerman mengatakan,

“Televisi hanyalah salah satu sarana informasi dan media informasi yang tidak dapat di akses oleh sebagian besar penduduk dunia.

Sebagian besar itu dapat dengan mudah melihat Hari Televisi Sedunia sebagai hari orang kaya. Mereka tidak memiliki akses ke televisi. Ada informasi yang lebih penting di media dan di sini saya akan menyebutkan radio secara khusus.”

BACA JUGA :   5 Fakta Menarik Sungai Aaere, Warna Hijau Tosca

Terlepas dari keberatan yang dapat dimengerti ini, televisi masih merupakan inovasi instrumental bagi kemanusiaan dalam kategori yang sama dengan mesin cetak, komunikasi radio dan internet.

Hari Televisi Sedunia adalah kesempatan bagi kita untuk menghargai tidak hanya kecerdikan teknologi yang luar biasa

Para ilmuwan dan insinyur membuat hal-hal yang tampaknya mustahil terjadi tetapi memahami implikasi sosial dan budaya yang di miliki media pemersatu semacam itu terhadap komunitas global kita.

Internet telah menghubungkan kita dengan cara yang tidak kita duga dan mungkin tidak dapat kita bayangkan tetapi pada Hari Televisi Sedunia kita ingat bahwa televisi ada terlebih dahulu dan membuka jalan untuk apa yang akan datang.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI