Saturday, July 4, 2020

Tahun Ini, IAIN Bone Buka Tiga Prodi Baru

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Saat ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone memiliki tiga program studi (Prodi) baru, untuk menjadi pilihan alumni sekolah menengah atau sederajat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya di Bumi Arung Palakka.

Tiga prodi baru program sarjana tersebut yakni Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Akuntansi Syariah, dan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah).

Dalam keterangannya, Rektor IAIN Bone Prof Dr A Nuzul SH Mhum mengatakan, ketiga prodi tersebut relatif prodi yang banyak ditunggu-tunggu oleh lulusan SLTA dan Madrasah Aliah. Kajiannya, kata Prof Nuzul, ketiga prodi sangat jelas.

“Apalagi sistem pengusulan prodi baru saat ini, baru bisa diverifikasi jika memenuhi syarat-syarat, termasuk syarat minimal jumlah dosen 6 per prodi. Demikian juga kelengkapan mata kuliah dan kurikulumnya. Semua telah mencapai standar yang diperlukan,” kata Prof Nuzul kepada FAJAR PENDIDIKAN, Selasa (16/3/2020).

Sebagai pimpinan institut, Prof Nuzul sangat gembira dan bersyukur serta berterima kasih kepada panitia pengusul.

” Ini adalah buah dari kerja sama. Selamat kepada Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah dan Hukum Islam, serta Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Sekarang tanggung jawab untuk membina dan membesarkan tiga prodi baru itu, termasuk juga prodi prodi lainnya berada di pundak masing-masing,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Bone Dr Ridwan SAg MAg. Ia mengaku bersyukur atas keluarnya izin penyelenggaraan tiga prodi tersebut.

“Alhamdulillah, tiga usul prodi baru IAIN Bone telah keluar izin operasioanlnya dari Kementerian Agama yang ditanda tangani langsung Dirjen Pendis (Prof H Komaruddin Amin) sebelum pada tanggal 9 Maret. Beliau telah merampungkan penandatanganan tiga usul prodi baru kami sebelum beliau menjabat pada jabatan barunya sebagai Dirjen Bimas Islam,” kata Dr Ridwan.

“Khusus ketiga prodi baru ini, sudah siap menerima pendaftaran calon mahasiswa baru pada tahun akademik 2020, untuk siap berkompetisi dengan prodi lainnya yang sudah ada selama ini,” tambahnya.

Diketahui, saat ini, IAIN Bone telah memiliki 15 Prodi S1 dan 4 Prodi S2.

Reporter: Abustan

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Personel Polres Bone Naik Pangkat, Kapolres: Bersyukurlah kepada Allah

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Upacara Korps Raport Kenaikan Pangkat Personel Polres Bone & Yon C Brimob Bone berlansung di Lapangan Tennis Polres Bone, Jum'at...

Lanal Kendari Restorasi Situs Bersejarah Perang Dunia II Di Teluk Kendari

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari yang merupakan salah satu jajaran Lanal dibawah Koarmada II Lantamal VI kembali membuat gebrakan...

Doa Bersama Dan Syukuran HUT ke-60 Lantamal VI Berlangsung Sederhana

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Acara doa bersama dan syukuran dalam rangka HUT ke-60 Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI), berlangsung sederhana yang...

Hadapi New Normal, Yon C Pelopor Gelar Senam Bersama Tangguh

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Setelah sekian lama tidak menggelar senam bersama di Mako Batalyon C Pelopor akibat pandemi Covid 19. Pada hari Jumat(03/07/20)...

Dongkelor Kisah Kerja Sama Bersama Kak Heru, Kak Sri dan Momo

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, Sabtu besok (04/07) Dongkelor untuk episode 10 akan berkisah tentang pentingnya kita bekerjasama bukan kerja sendiri-sendiri, apalagi...

REKOMENDASI