Tata Cara Sholat Tarawih di Rumah Lengkap Beserta Niat dan Bacaannya

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Sholat tarawih adalah salah satu amalan yang dianjurkan dalam bulan Ramadan yang bisa dilakukan dengan berjamaah di masjid ataupun dilakukan dirumah masing-masing. Sholat tarawih biasa dilakukan sesudah sholat isya di malam hari.

Mengamalkan sholat tarawih maka akan mendapatkan beberapa ganjaran, diantaranya adalah diampuni dosa-dosa kecilnya hingga mendapat syafaat karena menjalankan kebiasaan nabi Muhammad SAW. 

Sholat tarawih memang diutamakan dilakukan di masjid karena melakukan salat secara berjamaah pahalanya akan dilipatgandakan sebanyak 27 kali, Namun di Ramadan tahun ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk sholat tarawih di rumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan virus Corona Covid-19 kian meluas.

Namun jangan khawatir mengenai pahala, pasalnya pahala yang didapatkan tak akan berkurang meski sholat tarawih dilakukan di rumah. Untuk mengamalkan sholat tarawih di rumah, maka Anda harus memahami terlebih dahulu niat, tata cara beserta do’a dzikirnya.

Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Ruma

- Advertisement -

Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau cara munfarid di rumah. Pada umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Kemudian, disambung kembali dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Untuk tata cara sholat tarawih sendiri di rumah sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat 25 November 2022, Tema : Jangan Berbangga dengan Dosa

Namun agar lebih jelas, berikut tata cara sholat tarawih yang bisa kalian lakukan:

1. Takbiratul Ihram

2. Membaca Doa Iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah

4. Membaca Surat Alquran

5. Ruku’

6. I’tidal

7. Sujud

8. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

9. Sujud Kedua

Berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua.

10. Membaca Surat Al-Fatihah

11. Membaca Surat Alquran

12. Ruku’

13. I’tidal

14. Sujud

15. Iftirasy (Duduk di Antara Dua Sujud)

16. Sujud Kedua

17. Tasyahhud Akhir

18. Salam

Untuk kalian yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, berikut ini bacaan niatnya.

“USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya: “Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Do’a dan dzikir setelah Sholat Tarawih

Setelah menjalankan dua amalan Sunnah di atas alangkah baiknya jika ditutup dengan membaca dzikir dan doa, berikut adalah bacaan doa setelah shalat tarawih:

“Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.”

Artinya: “Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.”

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Rabu 30 November 2022: Karena Anugerah Allah, Aku Adalah Sebagaimana Aku Ada

“Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Itulah tata cara sholat tarawih yang lengkap beserta niat, do’a, serta dzikirnya yang dapat Anda kerjakan di rumah, baik secara sendiri ataupun jama’ah dengan keluarga.

Bagikan

BACA JUGA:

Renungan Harian Kristen, Sabtu 5 November 2022: Mengambil Bagian dalam Penderitaan-Nya

Renungan Harian Kristen hari ini, Sabtu 5 November 2022 berjudul: “Mengambil Bagian dalam Penderitaan-Nya" Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil dari 1 Petrus...

Hari Ini Sudah Masuk 1 Rajab 1443 H, Begini Niat, Keutamaan, dan Tata Cara Puasa Rajab

1 Rajab 1443 Hijriah jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022 hari ini. Ini artinya puasa Rajab sudah mulai bisa dilaksanakan mulai hari ini. Seperti...

Ini Keutamaan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Bulan Rabiul Awal menyimpan banyak keutamaan bagi para muslim. Di bulan inilah Nabi Muhammad SAW lahir dari pasangan Abdullah dan Aminah. Sang Nabi membawa...

Renungan Harian Kristen Jumat 15 April 2022: Penebus Hidup

Renungan Harian Kristen hari ini, Jumat, 15 April 2022 dikutip dari halaman website harianflobamora. Salib Perdamaian-Nya “Pada waktu itu lewat seorang yang bernama Simon, orang Kirene...dan...

Amalan Dzikir Pagi dan Petang

Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa berzikir dan bertasbih melafazkan doa-doa dan puji-pijian kepada Sang Pencipta agar mendapat karunia nikmat di dunia dan akhirat. Pagi dan...

POPULER

Jadwal Film Bioskop Trans TV Hari Ini, Senin 28 November 2022

Trans TV akan selalu menayangkan serangkaian acara program televisi yang menarik dan tentunya bagi keluarga Indonesia. Jadwal Film Bioskop Trans TV hari ini Senin,...