Teknik Arsitektur UIN Alauddin Gelar Seminar Internasional Terkait Kebencanaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fenomena bencana alam yang melanda Indonesia akhir-akhir ini menjadi dasar utama Program Studi Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar untuk mengangkat tema ini sebagai tema besar pada Seminar Internasional Genius Loci Chapter Two 2019, seminar yang dilaksanakan kedua kalinya ini oleh institusi yang sama menyusul kesuksesan Genius Loci Chapter One pada tahun 2013.

Ketua Panitia Seminar Internasional Genius Loci Chapter Two 2019 yaitu, Dr Eng Ratriana Said, ST, MT mengatakan bahwa penting bagi pihak akademisi untuk mengambil andil dalam penanganan bencana yang melanda Indonesia melalui riset-riset terintegratif dengan harapan dapat memberikan edukasi lebih kepada masyarakat khususnya terkait isu-isu kebencanaan.

Seminar Internasional Genius Loci Chapter Two 2019 akan menghadirkan narasumber-narasumber yang mumpuni di bidangnya baik dari dalam dan luar negeri, yaitu Indonesia, Prancis, Jerman, Malaysia, dan Selandia Baru.

Baca Juga:  LPM Penalaran UNM Adakan Talkshow dan Technical Meeting I PMP-OMK XXVII

- Iklan -

Terdapat lima tema besar yang akan dibahas dalam seminar kali ini yakni Local Wisdom and Technology, Mitigation Culture and Education, Communities Life, Policies, dan Islamic Values.

Seminar ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 dan 29 Agustus 2019 di Hotel Swiss-Belinn Panakukang, Makassar.

Program ini didukung oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulawesi Selatan  yang masing-masing memberikan poin pengembangan kapasitas (KUM) bagi para anggotanya yang berpartisipasi di dalam kegiatan ini.

- Iklan -

Selain itu beberapa pihak yang ikut mensukseskan Seminar ini adalah Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Puslitbang KEMENPUPERA), Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI), Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI), Mowilex Indonesia dan Yayasan Darul Fikri (YDF) Makassar.

Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

Program Studi Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar mengajak semua pihak yang memiliki ketertarikan dan perhatian lebih terhadap isu-isu kebencanaan untuk turut serta dalam seminar baik sebagai penulis artikel, maupun peserta.

“Semoga melalui seminar yang akan digelar ini akan menghasilkan masuk-masukan terkait hasil-hasil riset dari peneliti-peniliti dalam dan luar negeri yang nantinya memberikan berbagai pengetahuan bagi seluruh steakholder dalam menghadapi bencana baik sebelum, di saat dan sesudah bencana terjadi,” harap Ketua Program Studi Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar, St. Aisyah Rahman ST, MT. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses situs resmi Seminar Internasional Genius Loci Chapter Two 2019 melalui website resmi di http://gloci.uin-alauddin.ac.id/. (FP/Rls)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU