Tim KKN Tematik ENJ Unhas 2018 Adakan Pemeriksaan Kesehatan dengan Konsep Berwisata

Mahasiswa KKN tematik ENJ Unhas 2018 melaksanakan program pemeriksaan kesehatan gratis dengan konsep berwisata di Puskesmas Pulau Sembilan, Sinjai.
Mahasiswa KKN tematik ENJ Unhas 2018 melaksanakan program pemeriksaan kesehatan gratis dengan konsep berwisata di Puskesmas Pulau Sembilan, Sinjai.

Sinjai, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kesehatan merupakan hal yang sangat mahal di daerah kepulauan. Munculnya banyak program kesehatan di wilayah perkotaan belum menjadi solusi untuk masyarakat yang tinggal di wilayah kepulauan, faktor transportasi dan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengakses program kesehatan di tempat lain merupakan salah satu permasalahan utama, terlebih keterbatasan instansi kesehatan di kepulauan menjadikan masyarakat butuh program yang mudah untuk diakses.

Melihat hal tersebut, Tim KKN Tematik Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Unhas mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis konsep berwisata yang bekerja sama dengan Puskesmas Pulau Sembilan yang berlokasi di Pulau Kanalo, Desa Pulau Persatuan Kecamatan Pulau Sembilan Sinjai. Minggu, (12/8).

Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Kegitan ini diikuti oleh empat orang dokter yang diudang oleh Tim KKN, empat orang apoteker dan pegawai Puskesmas Pulau Sembilan.

- Iklan -

Kegiatan berlangsung sejak Pukul 07.00 Wita yang diawali senam bersama yang dipandu oleh mahasiswa KKN Tematik ENJ Unhas di Lapangan terbuka di Pinggir Pantai. Setelah aktivitas senam berlangsung barulah diadakan penyuluhan kesehatan dari salah satu anggota divisi kesehatan ENJ. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pemberian obat serta kotak makanan sebagai hadiah dari Tim KKN Tematik ENJ Unhas kepada masyarakat yang telah berpartisipasi.

Baca Juga:  STIM LPI Makassar Rayakan Prestasi Mahasiswa

“Kegiatan ini merupakan program terakhir dari divisi kesehatan yang sebelumnya telah diadakan berbagai penyuluhan di pulau-pulau lain. Ini merupakan tantangan kami, harus berpindah pulau setiap harinya menggunakan perahu, mengingat Kecamatan Pulau Sembilan memiliki sembilan Pulau yang belum terhubung secara keseluruhan dan kami wajib mendatangi semua,” terang Fajar selaku Koordinator Kecamatan Tim KKN Tematik ENJ Unhas.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU