UKI Paulus Makassar: Daftar Fakultas, Program Studi dan Akreditasinya

Artiklen in berisi daftar Fakultas di UKI Paulus Makassar. Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus), terakreditasi institusi “B” salah satu perguruan tinggi tertua di kota Makassar. Didirikan pada 2 September 1963 oleh Yayasan Pendidikan Intelegensia Kristen Indonesia Paulus (Yayasan PIKI Paulus).

Pimpinan Yayasan sekarang ini adalah Pdt. A.J Anggui, M.Th (Ketua Pembina), Drs. Markus Halik, M.M. (Ketua Pengawas) dan Litha Brent, S.E (Ketua Pengurus). Menyelenggarakan pendidikan Program Sarjana (S-1) Fakultas Teknik (Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia);

Fakultas Informatika dan Komputer (Teknik Informatika), Fakultas Hukum (Ilmu-ilmu Hukum), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Akuntansi dan Manajemen); Serta program Pascasarjana (S-2) yang terdiri dari Prodi Magister Teknik Sipil, Prodi Magister Manajemen, dan Prodi Magister ilmu Hukum.

- Iklan -

Seluruh program Studi telah terakreditasi oleh BAN-PT, Dosen-dosen berkualifikasi Profesor, Doktor dan Magister yang berasal dari alumni Perguruan Tinggi yang bereputasi nasional dan internasional (Curtin University of Australia, Griffith University, UI, ITB, ITS, UGM, UNPAD, UNHAS, Universitas Brawujaya, Manchester University, dan lain-lain).

Visi Misi UKI Paulus Makassar

Visi
UKI Paulus Menjadi Universitas Unggul Yang Mengaktualisasi Iman Kristen Secara Holistik

Misi
Mengembangkan iklim akademik yang terpandang membentuk universitas yang berpenampilan mengesankan dan mempersiapkan mahasiswa menjadi pekerja-pekerja unggul dan pemimpin-pemimpin strategik.

- Iklan -

Akreditasi UKI Paulus Makassar

  • Status PT Aktif
  • Akreditasi (B)
  • Tanggal Berdiri 02 September 1963
  • Nomor SK PT 73
  • Tanggal SK PT 02 September 1963
  • Alamat Jl Perintis Kemerdekaan KM 13 Daya Makassar

Daftar Fakultas dan Program Studi di UKI Paulus Makassar

Universitas Kristen Indonesia Paulus memiliki 4 fakultas:

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum UKI Paulus, menjadi salah satu fakultas yang tertua di UKI Paulus, berdiri sejak 2 september 1963, dan memperoleh Akreditasi pertama kali sejak 11 Agustus 1998.

- Iklan -

Fakultas Hukum UKI Paulus memiliki tenaga pengajar yang sangat memadai,selain tenaga akademik kami juga melibatkan praktisi sebagai tenaga pengajar di UKI Paulus.

Fakultas Hukum UKI Paulus memiliki 24 Tenaga pengajar satu diantaranya Guru Besar 10 diantaranya bergelar Doktor ,dan 13 diantara berpredikat Magister Hukum.

Fakultas Hukum menaungi satu program studi, yaitu: Program Studi Ilmu Hukum, Akreditasi B

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar didirikan pada tanggal 11 Oktober 1994.

Pada saat itu dipimpin oleh Drs. Mushar Mustafa, M.M., Ak yang bekerja sama dengan beberapa dosen dari Universitas Hasanuddin.

April 2018, Prodi Akuntasi UKI Paulus Makassar telah melakukan Re-Akreditasi dan mampu mempertahankan status Akreditasi “B” dengan nilai 326 dan saat ini menjadi program studi yang memiliki nilai tertinggi di UKI Paulus Makassar.

Baca Juga:  HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan professional, program akuntansi menerapkan sistem kurikulum yang berbasis pada teknologi informasi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, prodi Akuntansi merancang kurikulum dan sistem pembelajaran yang mampu membekali sarjana Akuntansi dengan keahlian akuntansi yang selalu update.

Selama ini Prodi Akuntansi telah bekerjasama dengan berbagai instansi untuk mrningkatkan mutu lulusan, antara lain: perusahaan negeri dan swasta, Kantor Akuntan Publik, Kantor Konsultan pajak, untuk kegiatan kuliah kerja nyata profesi (KKNP) dan kedepannya prodi akuntansi akan bekerja sama untuk mengadakan KKN Tematik.

Untuk menunjang kemampuan penelitian dosen-dosen, beberapa waktu lalu program studi akuntansi menyelenggarakan workshop penelitian kualitatif dan kuantitatif pada bulan Desember 2018 dan Maret 2019 dengan menghadirkan pembicara dari Universitas Brawijaya, Malang dan Universitas Hasanuddin.

Prodi Akuntansi juga giat melakukan beberapa kegiatan seperti Collaborative Learning.

Collaborative Learning adalah kegiatan studi banding dan studi aplikasi mahasiswa dan dosen Prodi Akuntansi.

Collaborative Learning tahun 2019 ini diadakan di beberapa kampus di Bali yang menghasilkan kerjasama dalam bidang akademik, kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat.

Selain itu, Prodi akuntansi juga membentuk Accounting Study Club (ASC) yang terdiri dari beberapa mahasiswa yang mendapat pembelajaran khusus dari dosen Prodi Akuntansi guna mengikuti lomba akademik baik dalam kota Makassar maupun skala Nasional.

Beberapa prestasi yang telah diraih oleh ASC tahun 2018-2019 ini diantaranya, Juara 2 Lomba Debat Akuntansi se-kota Makassar di Universitas Fajar, Perempatfinal COMPAC di STIE Perbanas Surabaya, Top 20 BAF di Universitas Brawijaya, dan Top 30 UNAC di Universitas Airlangga.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis menaungi dua program studi, yakni:

  • Program Studi Manajemen, Akreditasi B
  • Program Studi Akuntansi, Akreditasi B

Fakultas Teknik

Program Studi Teknik Sipil merupakan program studi pertama yang dibuka di UKI Paulus pada Fakultas Teknik.

Program studi ini berdiri sejak tanggal 2 September 1963.

Program studi teknik sipil memperoleh status akreditasi C pada tahun 1998, pada tahun 2005 status akreditasi meningkat menjadi B dan pada tahun 2011 akreditasi C.

setelah reakreditasi, tahun 2016 ini prodi teknik sipil memperoleh Akreditasi B.

Untuk mencapai Visi Misi yang di emban, program studi Teknik Sipil melakukan usaha peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkelanjutan.

Apabila secara asosiasi profesi, program studi teknik sipil mengharapkan lulusan teknik sipil nantinya dapat bekerja pada Pemerintahan, Konsultan Perencanaan, Konsultan Pengawas, Kontraktor, Bank, dan lain-lain.

Baca Juga:  Senyum Sehat dan Ceria di Tengah Tumpukan: Fakultas Vokasi Unhas Sukses Selenggarakan Bina Desa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang

Prodi teknik sipil meyudisium 56 orang mahasiswanya pada wisuda september 2019.

Wisudawan/ti ini diharapkan mampu menjadi lulusan yang professional di dalam pekerjaannya serta dipersiapkan untuk mampu melakukan perencanaan, pengawasan, dan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Bermoral dan menjunjung tinggi etika profesi dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, professional, inovatif, kreatif dan mampu bekerja sama dalam tim serta mampu mengembangkan diri melalui riset, upaya belajar mandiri, serta berkelanjutan, dan berwirausaha.

Fakultas Teknik menaungi empat program studi, yakni:

  • Program Studi Teknik Sipil, Akreditasi B
  • Program Studi Teknik Mesin, Akreditasi B
  • Program Studi Teknik Elektro, Akreditasi B
  • Program Studi Teknik Kimia, Akreditasi B

Fakultas Informatika dan Komputer

Berdasarkan surat keputusan izin dikti No.796/DT/2006 tanggal 24 Februari 2006.

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika resmi dibuka di Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) Makassar.

Prodi Teknik Informatika berada di bawah naungan Fakultas Teknik, bersama dengan prodi Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Kimia.

Pada tahun 2012 Prodi Teknik Informatika mendapatkan status terakreditasi dengan nomor SK 009/BAN-PT AK-XIV/S/VII/2012.

Tahun 2016 tim asesor dari Badan Akreditasi BAN-PT kembali melakukan reakreditasi terhadap prodi Teknik Informatika dan mendapat status terakreditasi dengan nomor SK 0517/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2016.

Mengingat akreditasi merupakan hal penting sebagai bagian dari pemberian penilaian pemerintah terhadap perguruan tinggi dan diatur dalam Pasal 60 UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berkualitas.

Berdasarkan Surat Ketetapan (SK) Rektor No. 005/SK/UKIP.02/2018, maka mulai tahun ajaran 2018/2019 lulusan Teknik Infornatika yang berada di bawah naungan Fakultas Informatika dan Komputer bergelar S.Kom.

Fakultas Informatika dan Komputer menyasarkan mahasiswa dan lulusan Informatika dapat menguasai dan mampu menerapkan komputerisasi numerik untuk menyelesaikan masalah dalam bidang rekayasa komputerisasi.

Selain itu, menguasai dan memahami teknologi dan konsep pengembangan sistem multimedia, serta dapat mengimplementasikannya.

Lulusan Teknik Informatika juga memiliki kemampuan dalam perekayasaan perangkat lunak komputer untuk optimasi kinerja perangkat lunak Mahasiswa yang menjadi peserta didik di Prodi Informatika dilatih untuk memiliki rasa tanggung jawab dalam lingkungan masyarakat dan peka terhadap perubahan sehingga, mampu berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lain dan berorientasi global.

Fakultas Informatika dan Komputer menaungi satu program studi, yaitu: Program Studi Teknik Informatika, Akreditasi BAIK.

Demikian artikel yang berisi daftar fakultas di UKI Paulus Makassar.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU