Unhas Gelar Spesial Talk Seputar Jalur Mandiri Melalui Live Instagram

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Spesial Talk #101 bertajuk “Banyak jalan Menuju Unhas : Seputar Jalur Mandiri Unhas” secara live streaming di Instagram pada Senin (3/5/2021). Pembicara dalam spesial talk ini dibawakan oleh Suharman Hamzah selaku Direktur Komunikasi dan sekaligus Sekretaris Rektor.

Pada kesempatan tersebut Suharman membuka kegiatan dengan memberikan penjelasan terkait jalur mandiri. Ia mernyampaikan jalur mandiri itu relatif kalau dikatakan mahal karena Unhas sendiri mempunyai 4 macam Jalur Mandiri.

“Jalur mandiri itu macam-macam sebenarnya, jalur mandiri itu bukan hanya satu jalur, jalur mandiri di Unhas sendiri itu ada 4 Macam. Jalur yang dimiliki oleh unhas yang pertama ada namanya jalur ketua osis biasanya pendaftaran di awal tahun, tujuannya diberikan kepada siswa yang mempunyai bakat kepemimpinan, yang kedua adalah jalur Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK), jalur ketiga adalah advokasi,kemudian keempat jalur non subsidi, jalur non subsidi ini yang dikatakan mahal,”ungkap Suharman Hamzah, Direktur Komunikasi Unhas.

Pada sesi selanjutnya yaitu menjawab pertanyaan dari beberapa peserta live yang diantaranya pertanyaan seputar tentang bisa atau tidaknya daftar jalur mandiri apabila tidak mengikuti SBNPTN dan UTBK.

“Jalur mandiri itu ada 4 macam yang mana mensyaratkan harus ikut UTBK jadi jalur non subsidi harus ikut UTBK dan POSK harus ikut UTBK karena kita tidak ada ujian lagi jadi nilai UTBK menjadi tes nantinya bukan lagi tes ujian tapi tes tentang kepribadian, wawancara,”jelasnya.

KIP kuliah, Lanjut Suharman pada saat menjawab pertanyaan kedua, itu diberikan kepada calon mahasiswa yang di anggap untuk membiayai sekolahnya karena keterbatasan biaya, namun KIP kuliah bisa saja mendaftar di jalur mandiri unhas tapi masalah diterima atau tidaknya itu bukan kami yang menentukan dan perlu diketahui juga bukan cuma KIP kuliah, jika anda diterima melalui jalur non subsidi terus di tengah jalan ada pembukaan beasiswa itu bisa saja diikuti.

“Saya kira kita ingin unhas itu selalu ingin memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa maka tentunya kita juga dibatas ileh kapasitas dan aturan selalu mengedepankan kualitas daripada kuantitas makanya kami menerima sedikit mahasiswa dari sekian banyaknya pendaftar, kita terbatas untuk menyediakan ruang namun kita menyediakan peluang kepada adik-adik semua dan saya mengharapkan masuklah dengan cara yang baik karena ada kami juga temukan dengan cara yang tidak baik,”pungkasnya.(ZUL)

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI