10 Tanda Gejala Gagal Ginjal Pada Anak dan Dewasa

Belakangan ini, dunia dikejutkan dengan peningkatan drastis ditemukannya kasus gagal ginjal. Gagal ginjal umumnya disebabkan oleh kebiasaan menahan buang air kecil yang lebih lanjutnya membuat saluran kemih terganggu.

Disamping itu, faktor aliran darah dengan volume rendah juga menjadi pemicu munculnya penyakit ini.

Berikut ini 10 Tanda Gejala Gagal Ginjal Pada Anak dan Dewasa:

- Advertisement -

1.Mudah Lelah dan Letih

- Advertisement -

Tanda-tanda awal dari gagal ginjal adalah kelelahan setiap saat. Hal ini dipicu oleh produksi hormon erythropoietin (EPO) yang rendah untuk memproduksi sel darah merah dan membawa oksigen.

Maka dari itu, otak dan otot terasa cepat sekali lelah. Bisa jadi tanda anemia juga, vitamin penambah darah dapat menolong Anda dari gejala ini.

2. Suhu Tubuh Tidak Stabil

Gejala gagal ginjal yang lainnya adalah perubahan suhu tubuh yang tidak konstan, sehingga demam mengakibatkan rasa panas dingin, bersamaan dengan rasa nyeri pada punggung. Tidak jarang pertanda ini berasal dari anemia yang menyerang Anda.

3. Pusing hingga sulit berpikir jernih

Rasa pusing hingga kesulitan berpikir dan menjaga keseimbangan tubuh ini dikarenakan kurangnya oksigen pada otak. Hal ini dipicu oleh anemia atau kekurangan darah.

BACA JUGA :   Cara Ampuh Mencegah dan Menghilangkan Bau Badan
4. Kaki, Tangan dan Wajah Alami Pembengkakan

Gagal ginjal membuat cairan tinggi sodium tidak dapat terserap dengan baik oleh organ tersebut. Dampaknya adalah pembengkakan di sekitar tangan, kaki, dan wajah disertai dengan bercak dan gatal.

5. Tekanan Darah Cenderung Tinggi

Ketika tekanan darah meninggi, pembuluh darah menyempit, sehingga tidak maksimal mengalirkan darah ke ginjal untuk membuang kotoran dan racun. Jika racun tersebut terhambat dalam pembuluh darah, ginjal akan rusak.

6. Kadar Gula Darah Tinggi

Dikutip American Diabetes Association, ginjal menyaring terlalu banyak gula darah dan protein bagi para penderita diabetes yang seharusnya dikeluarkan lewat urin. Alhasil zat tersebut tetap mengendap dalam darah. Kandungan protein dalam urin menjadi sedikit, yang disebut juga sebagai mikroalbuminuria. 

Menurut National Kidney Foundation dalam artikel Best Life, diabetes menjadi penyebab utama gagal ginjal yang tentunya fungsi ginjal menjadi rusak dan tidak optimal.

7. Urin Berbusa

Urin berbusa seperti telur yang di kocok di WC rumah, memungkinkan Anda terkena gagal ginjal karena jumlah protein yang berlebih pada urin.

BACA JUGA :   6 Tips Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Mengapa tekstur gelembung hampir serupa dengan telur yang dikocok? Pemicunya adalah protein albumin yang terkontaminasi pada urin. Protein ini juga dimiliki oleh telur.

8. Urin Berwarna Gelap

Gejala gagal ginjal lainnya yang mudah terlihat adalah warna urin yang berubah menjadi gelap, seperti cokelat kemerahan. Kemungkinan urin mengandung darah.

9. Sesak Napas

Sesak napas terjadi ketika ginjal tidak mampu untuk menyaring dan mengeluarkan cairan dengan benar, yang dapat didukung juga oleh faktor anemia dengan kondisi kekurangan darah merah dan menimbulkan kurangnya produksi oksigen.

10. Kulit Merah dan Terasa Gatal

Menurut studi pada tahun 2015 di Kanada yang dikutip di Best Life, 40% penderita gagal ginjal kronis atau stadium akhir selalu ingin menggaruk kulit yang kering, kasar, dan gatal. Mengapa, ya?

Kulit gatal tersebut dikarenakan pemupukan limbah pada darah atau uremia. Maka dari itu, pemakaian pelembab semacam moisturizer atau lotion sangat diperlukan.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: