4 Tips Sebelum Membeli Pipa Air yang Wajib Diketahui

FAJAR Pendidikan

Ketika membangun rumah paling tidak juga harus memenhui apa saja kebutuhan rumah tersebut. Salah satunya ialah pipa air karena kehadiran pipa air termasuk penting untuk menyalurkan air dan juga pembuangan air.

Namun sebelum membeli pipa air untuk digunakan didalam maupun luar rumah tentunya harus berkualitas agar pipa yang digunakan bisa lebih awet dan juga tahan lama. Nah berikut ini ialah beberapa tips sebelum membeli pipa air yang bisa kamu ketahui:

1. Mengenali Jenis Pipa yang akan Digunakan

Tips yang pertama ialah mengenali jenis pipa yang akan digunakan. Ada dua jenis pipa yang sering digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun jenis pipanya yaitu pipa HDPE dan pipa PVC.

Pipa HDPE atau biasa disebut dengan pipa High Desnsity Propylene ialah pipa lentur yang sangat kuat. Pipa jenis ini bisa digulung, sehingga bisa meminimalkan penggunaan sambungan. Pipa jenis ini biasanya digunakan oleh proyek besar.

BACA JUGA :   4 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Sedangkan pipa PVC ialah jenis pipa yang biasa digunakan untuk sehari-hari. Pipa ini biasa disebut dengan sebutan Paralon.

2. Mengenali Ukuran Pipa agar tak Buang – buang Uang

Tips yang kedua ialah kenalilah pipa yang kamu beli agar tak buang-buang uang. Jika kamu membeli pipa untuk saluran air, kamu bisa menggunakan jenis pipa PVC dnegan ukuran ¾ inch.

Sedangkan untuk pembuangan air kotor, kamu bisa menggunakan pipa dengan ukuran 4.5 inch. Jadi sebaiknya kenali terlebih dahulu ukuran pipa yang kamu gunakan agar tidak sia-sia.

3. Menentukan Jenis Pipa, Apakah Pipa Air Panas atau Air Biasa

Tips yang ketiga ialah tentukanlah terlebih dahulu jenis pipa yang akan kamu gunakan. Apakah untuk pipa air panas atau untuk pipa air dingin. Perlu kamu ketahui bahwa jenis pipa air dingin dnegan pipa air panas tentunya berbeda jenis.

Untuk suhu air panas sebuah waterheater sekitar 65 hingga 85 deratat Celsius. Jadi paling tidak pilihlah jenis pipa air yang bisa menahan suhu minimal 65 derajat celsius. Kamu bisa memilih jenis pipa PPR untuk saluran air panas.

BACA JUGA :   Cara Mengatasi Saluran Air Tersumbat

4. Menentukan Fitting Pipa dan jenis Lemnya

Tips yang keempat ialah menentukan fitting pipa dan jenis lemnya. Nha, jika kamu sudah membeli pipa air, selanjutnya ialah kamu juga harus membeli lem untuk pipa tersebut.
Ketika membeli pipa, biasanya akan ada sambunganya. Jadi kamu juga harus menentukan ukuran sambungan yang pas. Terutama pipa dengan sambungan L atau T.

Pada saat membeli, kamu bsia membawa contoh pipa yang akan kamu beli agar tidak salah.

Ada dua jenis lem yang bisa kamu pilih. Lem jika direkatkan bisa langsung merekat dan kering atau kamu juga bisa memilih lem lainya. Jadi ketika memilih lem, ketahuilah dulu jenis pipa yang kamu gunakan.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -