Minggu, Desember 5, 2021

Bola Voli ??? Perhatikan Cara Memili Sepatu Yang Benar

Voli merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain.

Pemain voly mengandalkan kecepatan, kelenturan, dan ketepatan masing-masing individu. Nah, sepatu voli yang bagus, nyaman, dan bermutu tentunya akan meningkatkan performa dalam bermain, terutama untuk pemain profesional.

Dewasa ini, merk sepatu olahraga seperti Asics, Mizuno, dan Adidas terus berlomba menghadirkan produk sepatu voli berkualitas. Jadi, sekarang kami akan memberi tips memilih serta merekomendasikan sepatu voli terbaik. Tenang saja, tidak semua sepatu berharga mahal, ada juga sepatu voli murah dengan budget di bawah sejuta rupiah. Jika Anda sedang mencari sepatu voli yang pas, simak arikel ini selengkapnya!

Cara memilih sepatu voli

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar Anda tidak menyesal setelah membeli sepatu voli. Berikut akan kami jelaskan mengenai poin-poin tersebut.

Sesuaikan bahan sepatu dengan posisi bermain

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sepatu adalah menyesuaikan sepatu dengan posisi bermain Anda. Sepatu dengan karakteristik yang sesuai dengan posisi bermain tentu akan meningkatkan performa permainan secara signifikan.

Spiker: Midsole yang tebal bantu minimalkan kemungkinan cedera

Spiker merupakan posisi yang akan sering melakukan gerakan berlari, melompat, dan mendarat. Untuk itu, pilihlah sepatu dengan outsole lentur agar memberikan daya lontar yang kuat saat melakukan spike. Daya lontar akan makin kuat jika outsole-nya lentur karena titik tumpu saat melompat akan terpusat pada jari kaki.

Kemudian, bagi Anda yang berposisi sebagai spiker, pilihlah sepatu dengan midsole yang tebal. Tujuannya agar saat mendarat, midsole tetap empuk untuk menahan bobot tubuh. Selain itu, midsole yang tebal dapat membantu meminimalkan terjadinya cedera kaki.

Tosser dan libero: Pilih sepatu antiselip

Gerakan tosser (pengumpan) dan libero (pemain belakang) selama permainan memang tidak seintens spiker. Namun, tosser dan libero membutuhkan penempatan dan penerimaan bola dengan posisi yang akurat. Selain itu, keduanya perlu melakukan gerakan refleks untuk menjaga pertahanan.

Bagi Anda yang bermain di posisi ini, Anda perlu memilih sepatu dengan outsole berbahan solid dan midsole sedang. Outsole solid contohnya adalah yang berbahan rubber. Outsole ini akan membuat pijakan tetap stabil dan mantap tanpa khawatir selip. Selanjutnya, midsole dengan ketebalan sedang akan membantu langkah jadi lebih mantap untuk melakukan gerakan refleks.

Sesuaikan sepatu dengan ukuran kaki anda

Ketika Anda memilih sepatu voli, usahakan untuk memilih sepatu yang ukurannya tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Carilah sepatu yang masih terdapat sedikit ruang bagi punggung, lebar dan jari kaki, serta tumit. Tujuan dari ruang di sepatu tersebut adalah agar nyaman ketika menggunakan kaus kaki. Selain itu, ruang sepatu juga bertujuan untuk mencegah kaki Anda lecet akibat gesekan yang terlalu sering.

Saat membeli sepatu secara online, Anda tentu tidak dapat mencoba sepatu secara langsung, bukan? Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu secara pasti ukuran kaki Anda. Lalu, baca keterangan penjual dengan saksama. Terkadang, penjual akan menuliskan bilamana Anda perlu antisipasi terhadap perbedaan ukuran. Hal ini juga bisa Anda jadikan panduan dalam memilih ukuran sepatu yang tepat.

Pilih sepatu voli yang bobotnya ringan

Voli merupakan olahraga yang intens dalam pergerakan. Jadi, dengan banyaknya gerakan yang dilakukan, tentu dibutuhkan sepatu dengan bobot yang ringan agar tidak membebani tubuh.

Bobot sepatu juga bisa Anda sesuaikan dengan posisi Anda dalam permainan. Jika Anda berperan sebagai spiker yang perlu bergerak aktif, pilihlah sepatu yang lebih ringan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk melompat saat melakukan smash ataupun blocking.

Pilihlah sepatu dengan bahan yang kuat

Saat membeli sepatu, Anda pasti berharap agar sepatu tersebut awet, bukan? Maka dari itu, memperhatikan bahan saat memilih sepatu adalah hal yang penting Anda lakukan. Meski jarang dituliskan secara detail, Anda dapat memperhatikan hal ini dari fitur dan teknologi yang berkaitan.

Untuk permainan bola voli, pilihlah sepatu dengan bagian atas yang berbahan lentur, tetapi tetap solid. Ini bertujuan agar sepatu mampu menahan tubuh saat melakukan gerakan yang cepat dan ekstrem. Kemudian, perhatikanlah perekat atau jahitan antara bagian atas dan sol sepatu. Hal ini penting mengingat sepatu akan digunakan untuk pergerakan lari dan melompat berulang kali

Perhatikan juga fitur yang dimiliki sepatu

Setiap produsen pasti berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang berkualitas. Oleh karena itu, kebanyakan sepatu dilengkapi dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk sepatu voli sendiri, kebanyakan produsen akan berfokus pada kontur dan konstruksi sepatu. Sebelum memilih sepatu, Anda tentu perlu mengenal fitur-fitur tersebut dan menjadikannya bahan pertimbangan.

Sebagai contoh, Asics memiliki fitur khusus untuk bagian midsole sepatu mereka. Beberapa di antaranya adalah FlyteFoam Midsole Technology, FluidRide Midsole, dan Trusstic System Technology. FlyteFoam Midsole Technology merupakan fitur yang membuat sepatu memiliki kontur disertai daya lontar yang baik. FluidRide Midsole mengombinasikan daya lontar dengan bantalan yang nyaman untuk kaki pemain. Selanjutnya dan yang terpenting adalah Trusstic System Technology yang membuat sepatu lebih ringan.

Di sisi lain, Mizuno sebagai pesaing dari Asics juga memiliki spesialisasi tersendiri. Sebut saja teknologi 3-Layer No Sew Upper dan Booty Construction. Sepatu dengan 3-Layer No Sew Upper akan membuat sepatu lebih fit dan tidak longgar selama permainan. Kemudian, Booty Construction memberikan kenyamanan dengan sistem cushioning yang empuk dan lembut di bagian dalam sepatu.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI