Cara Membuat Makalah yang Benar dan Tepat Berdasarkan Strukturnya

Hallo! Kali ini teman-teman akan membahas tentang Cara pembuatan Makalah yang Benar dan Tepat Berdasarkan Strukturnya.

Mungkin masih banyak di antara teman-teman yang bingung dengan penyusunan makalah yang benar dan tepat. Karena itu, mari simak beberapa hal penting berikut.

Makalah merupakan salah satu format tugas yang cukup sering diberikan oleh para pengajar. Apakah Anda sudah tahu cara membuat makalah berdasarkan struktur yang benar?

- Iklan -
Dengan mengetahui cara membuat makalah yang benar, pelajar dan mahasiswa dapat menyelesaikan tugas makalah mereka secara efektif. Maka dari itu perhatikan ulasan berikut.

Berdasarkan KBBI, makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Dalam penyusunannya, penulis perlu memperhatikan kaidah-kaidah yang sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah.

Salah satunya adalah penulisan makalah harus menggunakan bahasa baku. Pemilihan katanya juga harus berdasarkan pengertian yang terdapat dalam KBBI. Selain itu, kaidah penyusunan makalah juga mencakup struktur penyusunan makalah itu sendiri.

Baca Juga:  Adverbs of Sequence, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

1. Sampul

Bagian sampul makalah, Anda perlu mencantumkan judul makalah, sub judul (jika ada), nama terang penulis, nomor siswa/mahasiswa, nama/lambang instansi pendidikan, serta tahun pengerjaan makalah. Terkait judul makalah, penulis perlu menggunakan kalimat yang efektif sehingga judul tersebut dapat dimengerti dengan jelas dan tidak menimbulkan enigma bagi pembacanya.

2. Abstrak

Bagian abstrak berisi inti dari makalah, tujuan penelitian, metode, hipotesis (jika ada), dan rangkuman singkat hasil penelitian atau riset. Pada umumnya, abstrak ditulis dengan menggunakan dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Di bagian abstrak pula, penulis perlu menambahkan kata kunci penelitian (keywords). Penyusunan abstrak yang baik adalah tidak terlalu panjang, jelas, dan mampu menggambarkan isi keseluruhan makalah.

- Iklan -

Daftar isi dibuat untuk mempermudah pembaca melihat keseluruhan isi makalah dari awal hingga akhir secara cepat. Daftar isi juga dapat membantu para pembaca untuk mencari bagian makalah tertentu yang ingin mereka baca.

Baca Juga:  Sistem Indera Manusia Ada 5, Apa Saja itu?

Oleh karena itu, di bagian daftar isi, penulis perlu mencantumkan setiap judul bagian maupun sub bagian yang ada di makalah lengkap dengan halamannya. Jika di makalah tersebut terdapat grafik, tabel, atau gambar, penulis juga perlu mencantumkan nama ketiga elemen tersebut lengkap dengan halamannya.

4. Kata Pengantar

Pada bagian awal kata pengantar, penulis pada umumnya akan menuliskan ucapan syukur karena telah menyelesaikan penelitiannya. Setelah itu, penulis dapat menuliskan secara singkat latar belakang pemilihan topik makalah, termasuk apa yang membuat penulis tertarik untuk mengangkat topik tersebut.

- Iklan -

Paragraf berikutnya, penulis dapat menambahkan harapan penulis terhadap manfaat makalah tersebut bagi para pembacanya. Kemudian, kata pengantar dapat ditutup dengan tempat dan tanggal penulisan kata pengantar dan diikuti dengan nama terang penulis.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU