Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap kunci Jawaban

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap kunci Jawaban, Berikut ini Pelajaran Sekolah akan memberikan contoh soal mata pelajaran Biologi kelas 10 semester 2 kurikulum merdeka.

Berikut ini Contoh soal bisa membantu dalam latihan soal untuk persiapan ujian PAS kurikulum merdeka untuk kelas 10. Dengan ini memudahkan dalam belajar dan menjawab segala ujian yang ada.

Simak di bawah ini Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Mardeka Lengkap kunci Jawaban

- Iklan -

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Mardeka

1. Objek kajian biologi dari yang paling sempit ke yang paling luas adalah …..

A. individu-populasi-ekosistem-bioma
B. individu-ekosistem-populasi-bioma
C. individu-populasi-bioma-ekosistem
D. individu-ekosistem-bioma-populasi
E. populasi-individuekosistem-bioma

jawaban: A

- Iklan -

2. Pada tingkatan organisasi biologi tertentu, para ahli mampu menggandakan untai DNA sehingga dapat mengenali urutan basa nitrogen pada DNA yang dikehendaki. Tingkatan yang dimaksud adalah …..
A. sel         D. individu
B. jaringan E. molekul
C. organ

jawaban: E

3. Untuk dapat mendesain sepatu yang nyaman dipakai dan tidak mengganggu kesehatan kaki, seorang desainer harus paham ilmu …..
A. anatomi dan morfologi
B. fisiologi dan evolusi
C. fisiologi dan genetika
D. fisiologi dan organologi
E. ekologi dan behavior

- Iklan -

jawaban: A

4. Pemanfaatan ilmu biologi dalam bidang produksi pangan yang tidak berdampak negatif pada lingkungan adalah …..
A. pemberantasan hama dengan pestisida
B. penanaman dengan sistem monokultur
C. hibridisasi untuk mendapatkan bibit unggul
D. penggunaan pupuk kimia
E. eksentifikasi melalui ladang berpindah

jawaban: C

5. Contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah adalah …..
A. hampir punahnya badak bercula satu
B. penggunaan zat radioaktif untuk deteksi penyakit
C. berubahnya hutan menjadi kebun sawit
D. pengembangan bioteknologi dalam pengobatan
E. memutuskan mata rantai siklus nyamuk Aedes pada pemberantasan penyakit DBD

jawaban: E

6. Pengelompokan organisme dapat didasarkan pada keanekaragaman tingkat gen dan tingkat spesies. Tanaman berikut yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen adalah …..
A. melon, mentimun, semangka
B. jahe, srikaya, mangga
C. jahe, temu ireng, temu lawak
D. bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga
E. kelapa gading, kelapa hibrid, kelapa hijau

jawaban: E

7. Di antara individu sejenis tidak pernah ditemukan individu yang sama untuk semua jenis. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan …..
A. lingkungan
B. induknya
C. jenisnya
D. lingkungan dan gen
E. gen dan plasma nutfah

jawaban: D

8. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri spesies endemis adalah …..
A. mereka terdapat di wilayah-wilayah dengan keanekaragaman hayati yang tinggi
B. mereka tersebar secara luas di biosfer
C. mereka membutuhkan batas antar ekosistem
D. posisi trofik mereka menjadikannya sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan
E. mereka merupakn spesies kunci terhadap struktur suatu komunitas

jawaban: E

9. Penggolongan organisme dengan menggunakan sistem klasifikasi filogenetik dilaksanakan berdasarkan kesamaan …..
A. morfologi
B. habitat
C. habitat dan morfologi
D. kekerabatan secara evolusi
E. susunan biokimiawi tubuh

jawaban: D

10. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan peran utama dari sistem klasifikasi?
A. untuk membantu dalam mengingat
B. untuk memperbaiki keakuratan prediksi
C. untuk membantu menjelaskan hubungan diantara makhluk hidup
D. untuk memberikan nama yang relatif tetap bagi makhluk hidup
E. untuk merancang kunci identifikasi

jawaban: B

11. Garis yang memisahkan jenis fauna Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian tengah adalah garis …..
A. Weber D. Lydekker
B. Wallace E. Bujur
C. Khatulistiwa

jawaban: B

Baca Juga:  Mengapa Kupu-kupu Hinggapnya di Pohon Bunga?

12. Faktor paling dominan yang dapat menyebabkan hilangnya atau semakin menurunnya tingkat keanekaragaman hayati adalah …..
A. penumpukan sampah
B. kerusakan habitat
C. erosi
D. eutrofikasi
E. kesuburan tanah

jawaban: B

13. Ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain adalah …..
A. memiliki DNA dan RNA
B. bentuknya beraneka ragam
C. hanya dapat berkembang biak dalam satu sel hidup
D. bersifat parasit
E. merupakan organisme satu sel

jawaban: C

14. Perhatikan gambar berikut!

Amati struktur tubuh virus di gambar ini, nomor 1, 2, dan 3 merupakan …..

A. kapsid, DNA, ekor

B. kapsid, RNA, ekor

C. DNA, ekor, kapsid

D. kepala, kapsid, ekor

E. DAN, kapsid, ekor

jawaban: E

15. Dilihat dari strukturnya, virus belum dapat digolongkan sebagai sel atau organisme karena …..
A. materi genetik hanya terdiri atas DNA dan RNA
B. mempunyai bentuk yang bervariasi
C. tidak mempunyai organel sehingga tidak dapat melakukan metabolisme
D. virus hanya memiliki sitoplasma
E. ukuran tubuhnya sangat kecil

jawaban: C

16. Virus dapat digunakan sebagai vektor gen dalam rekayasa genetik. Hal ini karena virus …..
A. memiliki enzim transkriptase
B. mampu bermutasi dengan mudah
C. memiliki alat transpor
D. mudah berpindah dari satu sel ke sel inang lainnya
E. mudah berkembang biak

jawaban: B

17. Ketika berada dalam daur lisogenik, bakteri yang terinfeksi virus tidak menunjukkan gejala terganggu karena …..
A. virus tidak bersifat parasit
B. DNA virus belum aktif
C. virus belum menginjeksikan materi genetik
D. jumlah asam nukleat virus masih sedikit
E. virus belum matang

jawaban: B

18. Bakteriofag adalah …..
A. bakteri yang menyerang virus
B. virus yang menyerang bakteri
C. bakteri yang menyerang manusia
D. virus yang menyerang manusia
E. virus yang mengakibatkan penyakit

jawaban: B

19. Perlekatan virus seperti Covid-19 yang sedang mewabah sekarang ini pada permukaan sel pasti terjadi pada tempat khusus yang sesuai. Tempat itu disebut …..
A. efektor D. tempat konjugasi
B. reseptor E. penetrator
C. tempat aktif

jawaban: B

20. Covid-19 dapat mengakibatkan kematian. Virus tersebut termasuk dalam kelompok …..
A. virus RNA
B. virus DNA
C. virus DNA dan RNA
D. virus bakterofag
E. virus yang tidak memiliki selubung protein

jawaban: A

21. Di bawah ini yang bukan merupakan ciri dari Archaebacteria adalah …..
A. dinding selnya tidak memiliki peptidoklikan
B. lipidnya terdiri atas hidrokarbon bercabang
C. RNA polimerasenya satu jenis
D. pertubuhannya tidak dihambat oleh antibiotik
E. selnya prokariotik

jawaban: C

22. Anggota Archaebacteria yang hidup di lingkungan berkadar garam tinggi adalah …..
A. Methanosarcina D. Sulfolubus
B. Haloferax E. Thermoplasma
C. Pyrococcus

jawaban: B

23. Bakteri dan ganggang biru dalam klasifikasinya termasuk prokariota karena belum memiliki …..
A. inti sel
B. membran sel
C. membran inti
D. membran sel, tetapi memiliki membran inti
E. asam nukleat

jawaban: A
24. Perhatikan gambar berikut!

Perhatikan gambar bakteri berikut. Bagian yang dinamakan plasmid dan kapsul berturut-turut ditunjukkan oleh nomor …..

A. 1 dan 3 D. 4 dan 5

B. 2 dan 6 E. 5 dan 8

C. 3 dan 7

jawaban: D

25. Ani mengamati ganggang biru. Dari pengamatannya, dia menemukan tanda-tanda ganggang biru sebagai berikut: dapat bergerak, berbentuk benang, dan mempunyai sel yang pipih. Dengan demikian, dia berkesimpulan bahwa ganggang biru ini adalah …..
A. Ochromonas D. Anabaena
B. Nostoc E. Chroococcus
C. Oscillatoria

Baca Juga:  10 Dampak Pemanasan Global yang Paling Terasa Saat Ini

jawaban: D
26. Nata de coco yang sering kita makan sebenarnya merupakan …..
A. daging buah kelapa
B. air kelapa yang mengental membentuk jelli
C. selulosa yang dihasilkan dari bakteri
D. agar-agar
E. ampas kelapa

jawaban: C

27. Roni sedang mengamati mikroorganisme yang diambil dari air kotor. Hasil identifikasi melalui mikroskop diperoleh ciri-ciri sebagai berikut:
1) bersel satu,
2) bergerak bebas,
3) soliter,
4) membran inti tampak jelas,
5) sitoplasma jernih tanpa warna,
6) tidak tampak dinding selulosa.
Mikroorganisme yang diamati termasuk kelompok …..
A. bakteri
B. protista mirip hewan
C. protista mirip jamur
D. protista mirip tumbuhan
E. tidak dapat diidentifikasi

jawaban: B

28. Perhatikan gambar berikut!

Beberapa organisme yang diamati dengan mikroskop oleh seorang siswa meunjukkan gambar seperti ini. Kedua organisme tersebut termasuk kelompok Protozoa. Namun, diantara keduanya terdapat perbedaan dalam hal …..

A. alat gerak

B. habitat

C. jumlah sel

D. membran nukleus

E. cara mendapatkan makanan

jawaban: A
29. Protista mempunyai sel yang termasuk …..
A. eukariota D. ganda
B. prokariota E. tidak bermembran
C. tunggal

jawaban: A

30. Jamur pernah dikelompokkan ke dalam kelompok tumbuhan, tetapi kemudian dipisahkan menjadi kingdom tersendiri. Alasan memisahkan jamur dari tumbuhan karena …..
A. tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan jamur tidak
B. tumbuhan memiliki kloroplas sedangkan jamur memiliki plastida
C. jamur heterotrof sedangkan tumbuhan autotrof
D. jamur saprofit, sedangkan tumbuhan parasit
E. jamur melakukan fotosintesis, sedangkan tumbuhan melakukan kemosintesis

jawaban: C

31. satu ciri bahwa Protista dianggap menyerupai tumbuhan adalah …..
A. Memiliki dinding sel
B. Memiliki membran sel
C. Tidak punya alat gerak
D. Memiliki pigmen klorofil
E. Multiseluler

jawaban: D

32. Untuk membuat kecap diperlukan bantuan mikroorganisme yang berasal dari golongan …..
A. Deuteromycetes D. Mycomycetes
B. Ascomycetes E. Phycomycetes
C. Basidiomycetes

jawaban: B

33. Ketika terjadi kekeringan, tumbuhan dengan mikorioza tetap dapat melanjutkan pertumbuhannya karena …..
A. jamur meningkatkan luas permukaan untuk mengabsorpsi air
B. tumbuhan memiliki sedikit jaringan bunga karang (spongy mesophyll)
C. akar tumbuh lebih dalam untuk mencari air
D. akar melakukan transpor aktif ion
E. akar tumbuh ke samping untuk mencari air

jawaban: A
34. Seorang ahli biologimeneliti virus yang ternyata memiliki materi genetika berupa DNA. Kajian penelitian tersebut addalah pada tingkat. Berikut ini yang termasuk sikap ilmiah kecuali …..
A. Subyektif D. obyektif
B. tekun E. jujur
C. teliti

jawaban: A

35. Interaksi antar komponen biotik dan abiotik disuatu lingkungan disebut …..
A. populasi D. bioma
B. komunitas E. biosfer
C. ekosistem

jawaban: C

36. Virus dianggap sebagai makhluk hidup karena dapat …..
A. Dikistralkan
B. Berkembang biak
C. Menyebabkan penyakit
D. Mempunyai DNA dan RNA
E. Bertahan pada suhu tinggi

jawaban: B

37. Bagian virus yang digunakan untuk proses infeksi DNA ke dalam sel bakteri adalah …..
A. jarum penusuk D. serabut ekor
B. papan dasar E. kapsid
C. DNA

jawaban: E

38. Beberapa jenis manfaat mikroorganisme di bawah ini sebagai berikut :

1. Mengikat nitrogen untuk kesuburan tanah
2. Untuk vaksinasi
3. Berguna dalam pengawetan makanan
4. Untuk terapi gen
5. Untuk viroterapi

Yang termasuk manfaat virus …..
A. 1,2,3 D. 3,4,5
B. 3,4 E. 1,4,5
C. 2,4,5

Itulah Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap kunci Jawaban, Semoga Bermanfaat!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU