FKM Unhas Gelar Bina Desa di Daerah Pesisir Kabupaten Maros

FAJAR Pendidikan

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan Program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2022 yang berlokasi di Desa Ampekale, Kabupaten Maros, 17-18 Juni 2022.

Program ini melibatkan 4 dosen FKM Unhas serta 27 orang mahasiswa yang berasal dari dua program studi yakni Prodi ilmu Gizi dan Prodi Kesehatan Masyarakat khususnya peminatan Kesehatan Lingkungan & Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP).

Pada program Bina Desa yang dibiayai oleh Universitas Hasanuddin ini terdapat 5 kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak pasca pandemi covid-19.

Lima kegiatan dikoordinir oleh 4 dosen FKM Unhas yaitu edukasi gizi seimbang pada remaja oleh Safrullah Amir; edukasi pencegahan anemia pada remaja putri oleh Muhammad Rachmat; edukasi pemberian ASI eksklusif dan MP-ASI oleh Marini Amalia; dan edukasi PHBS & pengolahan sampah oleh Basir.

Kegiatan kelima berupa kerja bakti bersama warga membersihan lingkungan oleh semua tim program Bina Desa.

BACA JUGA :   UNM Akan Gelar Wisuda Luring Pertama Pasca Pademi Covid-19

Sebelum pelaksanaan Bina Desa tahun 2022, tim melakukan briefing sebanyak tiga kali, termasuk koordinasi pada hari Jum’at, 17 Juni 2022 untuk persiapan edukasi.

Kegiatan dimulai dengan kerja bakti membersihan lingkungan yang bertempat di Dusun Lalang Tedong.

“Semua tim bersama warga melakukan kerja bakti di pagi hari dengan membersihkan sampah yang berserakan di selokan depan rumah warga.

Akan tetapi, tim tidak bisa berlama-lama karena diguyur hujan yang semakin deras sehingga sampah yang dikumpulkan tidak terlalu banyak,” ujar Alfina Riyanti Haris, salah seorang mahasiswa Departemen PKIP FKM Unhas.

Setelah kerja bakti dilaksanakan, tim bergegas menuju lokasi masing-masing sesuai dengan edukasi yang akan mereka berikan.

Tim edukasi gizi seimbang dan tim pencegahan anemia pada remaja putri berlokasi di SMP Negeri 31 Satap Lalang Tedong.

Siswa yang hadir dalam edukasi gizi seimbang berjumlah 21 orang sementara pada edukasi pencegahan anemia pada remaja putri berjumlah 29 orang.

BACA JUGA :   Tim Sharia Business Plan Forkeis UIN Alauddin Juara III di Temilreg X Fossei

Edukasi perilaku pemberian ASI dan MP-ASI dilaksanakan di Kantor Desa Ampekale yang sasarannya adalah ibu hamil dan ibu menyusui dimana pada kegiatan ini ibu-ibu yang hadir berjumlah 18 orang.

Sementara itu, untuk edukasi PHBS dan pengolahan sampah berlokasi di SDN No. 132 Inpres Lalang Tedong dengan jumlah siswa kelas 4 SD yang hadir ada 21 orang sedangkan kelas 5 berjumlah 29 orang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Unhas yang telah membiayai kegiatan ini dan juga fasilitasi yang sangat baik dari Fakultas, aparat Desa Ampekale, warga setempat, pihak sekolah, dan semua sasaran yang telah terlibat aktif.

Semoga kegiatan Bina Desa Mahasiswa tahun depan akan lebih baik lagi,” tutup Muhammad Rachmat yang juga dosen di Departemen PKIP FKM Unhas.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI