Guru dan Orang Tua Siswa SD Inpres Hartaco Indah Makassar Hadirkan Sudut Baca Kelas di Hari Kemerdekaan

FAJAR Pendidikan

Semarak Kemerdekaan di SD Inpres Hartaco Indah Makassar disambut berbeda oleh guru dan orang tua siswa.

Mereka jauh-jauh hari menyiapkan berbagai kebutuhan mulai menghias dan menata sendiri untuk menghadirkan sudut baca kelas yang nyaman bagi anak-anaknya dan puncaknya resmi dihadirkan sudut bacanya mulai hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022.

Kepala SD Inpres Hartaco Indah Makassar, Nuraeni Amir melakukan apresiasi dengan melombakan sudut baca kelas yang menghadirkan Pustakawan Dinas Perpustakaan Makassar, untuk memberikan penilaian.

Sudut Baca terbaik I, II dan III serta Harapan I, II dan III akan mendapatkan hadiah menarik dan terbaik I akan menerima piala bergilir.

“Alhamdulillah semua kelas atau 13 kelas dengan 19 rombel telah memiliki sudut baca kelas hasil kreasi masing-masing orang tua siswa.

BACA JUGA :   Think Big and Grow Up jadi Tema Super Camp Sekolah Alam Bosowa

Secara berkala sudut baca kelas akan dilombakan dan akan disiapkan hadiah menarik serta piala bergilir untuk memberi semangat dan menjamin keberlanjutannya”, ungkap Nuraeni Amir yang didampingi Pustakawan sekolahnya, Maida Kendek.

Seluruh orang tua terlihat bersemangat dan ikut menyambut saat penilai masuk ke masing-masing kelas.

Bahkan beberapa orang tua ikut memberikan penjelasan tentang sudut bacanya saat penilai mengajukan beberapa pertanyaan.

Ada 3 komponen yang dinilai dalam lomba Sudut Baca, yang pertama terkait Koleksi Sudut Baca dengan indikator keberagaman/ variasi jenis koleksi, jumlah Koleksi dan Karya siswa.

Kedua terkait Kreativitas Sudut Baca dengan indikator penataan, keindahan, dekorasi yang sesuai dengan tema sudut bacanya, kenyamanan dan kebersihannya.

Selanjutnya komponen terakhir terkait administrasi sudut baca dengan indikator ketersediaan data koleksi, tata tertib, struktur/ pengurus pengelolaan sudut baca dan buku kunjungan.

BACA JUGA :   Gelar Seminar KTI Mahasiswa P2K SMAN 1 Pangkep Ajak Peserta Didik Lebih Kreatif dan Inovatif

Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni yang melakukan penilaian kagum dengan semangat guru dan orang tua siswa.

“Senang saya meihat orang tua siswa yang peduli dan bersemangat menghadirkan sudut baca di kelas apalagi Perpustakaan Sekolahnya sudah bagus dan berkesesuaian dengan standar,” ungkap Tulus.

Sudut Baca merupakan perluasan layanan perpustakaan sekolah dan penguatan kegiatan literasi di sekolah.

“Saya berharap Sudut Baca ini terus dikelola oleh masing-masing guru kelas/ wali kelas dan siswa serta dipantau langsung oleh Kepala Sekolah.

Seluruh aktivitas termasuk bukunya dilaporkan ke Perpustakaan Sekolah sebagai bagian dari kegiatan layanan perpustakaan,” terang Tulus.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA