- Advertisement -

Ini Beberapa Bahan Makanan Yang Tidak Boleh Ditaruh di Kulkas

Barangkali tidak ada lagi rumah tangga yang tidak memiliki kulkas di rumah. Anak kosan bahkan juga rata – rata memilikinya. Meskipun fisiknya kecill.

Namun, tidak semua jenis makanan dan bahan makanan yang aman disimpan di dalamnya. Kulkas memang sangat berguna untuk membikin makanan tahan lama. Apalagi yang menjadi konsumsi setiap hari. Seperti ikan, ayam, tahu dan tempe, buah-buahan dan sayur. Demikian juga minuman.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir dari Hajinews.id,  bahan makanan yang sama sekali tidak boleh disimpan di kulkas, adalah BAWANG MERAH.

Bawang merah, memang sangat berguna untuk kehidupan kita. Dam memang sangat menolong, terutama untuk para emak-emak. Masakan juga, terutama goreng – gorengan, kurang enak rasanya tanpa bawang merah.

Sehingga bawang merah perlu diamankan penyimpanannya, agar tahan lama. Sebab, tidak bisa langsung dipakai sekaligus. Sehingga banyak emak-emak yang menyimpannya di kulkas.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ternyata bawang merah, tidak boleh disimpan di kulkas. Rupanya bawang merah kalau ditaruh di kulkas malah bisa bikin efek mengerikan. Bahkan bukan hanya bawang merah, demikian juga bawang putih. Simak penjelasan berikut ini :

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Bumbu dasar masakan ini akan berjamur bila diletakkan di dalam lemari pendingin.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tak hanya itu, daging bawang putih juga akan berubah warna serta teksturnya pun akan berubah menjadi kenyal seperti karet.

Bawang merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga bisa berjamur jika disimpan di dalam kulkas. Selain itu, tekstur bawang merah pun akan berubah menjadi lembek.

Bukan cuma itu, menyimpan bawang merah di dalam kulkas akan membuat aromanya menyebar dan berpotensi terserap oleh bahan makanan lain.

Kentang

Bahan makanan ketiga yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah kentang. Menyimpan kentang di lemari pendingin akan mengubah patinya menjadi gula.

Saat pati kentang berubah menjadi gula, rasanya akan berubah menjadi manis dan teksturnya pun seperti berpasir.

Cara terbaik menyimpan kentang adalah dengan menaruhnya di dalam kantung berbahan kertas pada suhu ruangan.

Rempah-Rempah

Rempah-rempah seperti ketumbar, jinten, pala bubuk, merica, dan lain-lain ternyata juga tidak boleh disimpan di dalam kulkas. Alasannya, rempah mudah sekali menyerap aroma bahan makanan lain yang ada di sekitarnya.

Selain itu, rempah yang diletakkan di dalam lemari pendingin akan berubah menjadi kering, berbau, dan kehilangan rasa aslinya.

Cara terbaik menyimpan rempah-rempah adalah dengan menaruhnya di dalam toples kaca kemudian menutupnya hingga rapat.

Bubuk dan biji kopi

Jangan pernah menyimpan bubuk atau biji kopi di dalam kulkas karena dapat menyebabkan rasa dan kualitasnya menurun. Kopi dapat menyerap aroma menyengat dari sekitarnya yang membuat aroma aslinya menipis bahkan hilang.

Cara terbaik menyimpan bubuk dan biji kopi agar kualitasnya tetap terjaga adalah dengan menggunakan wadah kedap udara dan disimpan pada suhu ruang.

Madu

Madu terutama yang asli tetap tahan lama meski tidak disimpan di dalam kulkas. Kualitasnya pun tidak berubah walaupun diletakkan di tempat dengan suhu ruang.

Justru hindari menyimpan madu di dalam lemari pendingin karena akan membuat madu membeku dan sulit untuk dituang.

Roti

Hindari menyimpan roti di dalam kulkas kecuali sudah mengolahnya terlebih dahulu. Roti yang disimpan di dalam lemari pendingin justru membuatnya lebih cepat basi.

Kalaupun ingin tetap mendinginkannya, lebih baik letakkan roti di dalam freezer, karena roti beku akan lebih tahan lama.

Melon

Melon yang telah dipotong memang baik disimpan di dalam kulkas, tetapi tidak bagi melon utuh yang belum dibelah.

Melon yang belum dibelah lebih baik diletakkan pada suhu ruang agar kandungan antioksidannya tetap terjaga dengan baik. (p/wa/ana)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: