Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Orang Lanjut Usia Wajibkah Berpuasa?’

FAJAR Pendidikan

Selama bulan puasa Ramadhan seringkali kits mendapat kuliah tujuh menit alias kultum. Maka para penceramah atau tokoh agama mulai mencari bahan untuk ceramah di bulan Ramadhan untuk disampaikan kepada masyarakat atau jamaah.

Berikut contoh ceramah singkat tarawih atau kultum selama bulan Ramadhan tentang orang lanjut usia wajibkah berpuasa, kata Ustadz Abdul Somad.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil’ alamin. Wabihi nasta’in ala umuriddunya waddin, wassalatu wassalamu’ala sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du.

Puji serta syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya.

Tak lupa shalawat serta salam marilah kita curah limpahkan kehadirat nabi Muhammad SAW yang memberikan kita syafaatnya di yaumil akhir.

BACA JUGA :   Kiat Praktis Mengajar Anak Hafal Al-Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun

Maka para jamaah sekalian pada kultum kali ini, izinkan saya menyampaikan ceramah singkat tentang ‘bagaimana hukum orang lanjut usia wajibkah mereka berpuasa?’.

Ini merupakan tema yang menarik khususnya bagi orang yang lanjut usia dan bingung karena tidak kuat berpuasa di bulan Ramadhan apakah harus membayar fidyah atau qodho.

Puasa tidak sanggup ganti di hari yang lain ga sanggup ganti dengan membayar fidyah, tak sanggup membayar fidyah dia yang berhak menerima fidyah, tentu hebat sekali islam.

Seperti dicontohkan zaman dahulu datang seorang lelaki datang kepada Rasulullah, ‘celaka aku berhubungan dengan istriku di siang bolong’, nabi menjawab puasa kau 60 hari kalau tidak sanggup kau beri makan 60 fakir miskin ia pun masih tidak sanggup.

BACA JUGA :   Pohon Ini Dapat Menangkal Santet dan Mengusir Setan, Kata Ustaz Khalid Basalamah

Kemudian Rasulullah pergi ke belakang diambil nabi satu karung kurma untuk dibagikan kepada orang miskin di kampungnya, namun ia menjawab jika ia adalah orang paling miskin di kampungnya.

Mendengar hal itu nabi tersenyum melihat orang yang susah dan nekat, kalau begitu ambillah kurma ini bagikan kepada istri dan anak-anak kamu.

Maka bagi orang yang lanjut usia jika ia tidak sanggup berpuasa, maka bisa diganti lain hari, jika tidak kuat maka ia membayar fidyah untuk fakir miskin, jika masih tidak sanggup maka berikan untuk diri sendiri.

Itulah ceramah singkat untuk kultum atau ceramah tarawih yang bisa diterapkan saat memasuki bulan Ramadhan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI