Sunday, May 31, 2020

Pemerima KIP Kuliah Akan Menerima Uang Sebesar Ini Per Semester

- Advertisement -

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akan mendapatkan pembiayaan yang sama dengan besaran bantuan pendidikan di program Bidikmisi. Setiap penerima KIP Kuliah akan mendapat pembiayaan sebesar Rp6,6 juta per mahasiswa yang dibayarkan setiap semester.

Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, pembiayaan tersebut terbagi atas dua komponen. 

Yakni bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar Rp2,4 juta/semester/mahasiswa dan bantuan biaya hidup yang dibayarkan ke rekening mahasiswa sebesar Rp4,2 juta/semester/mahasiswa.

“Kemudian ada biaya hidup Rp4,2 jt per semester yang diberikan langsung kepada mahasiswa,” kata Paristiyanti di Gedung Kemendikbud, dikutip dari vivanews.

Aturan itu juga sudah tercantum dalam payung hukum terbaru, Permendikbud nomor 10 tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar (PIP). Payung hukum ini juga untuk mendukung Program Indonesia Pintar yang digagas Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, khusus untuk mendukung program vokasi, pihaknya memberi keistimewaan baru, yakni KIP-K Vokasi untuk mahasiswa prodi vokasi.

“Yaitu ada tambahan per semester untuk ujian kompetensi supaya dapat sertifikat kompetensi yaitu Rp800 ribu per semesternya,” tambahnya

Paristiyanti mengingatkan, agar uang yang diberikan harus sesuai dengan aplikasinya. Dia berharap penggunaan KIP Kuliah bukan untuk hal-hal di luar tujuan. (*)

- Advertisement -

TERKINI

IDAI Minta Sekolah Ditutup Sampai Desember 2020

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ikut merespon wacana pembukaan sekolah seiring berakhirnya masa tanggap darurat Covid-19 pada 29 Mei 2020, serta berakhirnya...

Selamat! UIN Alauddin Peringkat Ketiga Paling Diminati di UMPTKIN 2020

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemeringkatan peminat Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2020 untuk pilihan pertama menempatkan UIN Alauddin Makassar diurutan...

Pemudik Asal Bone Ingin Balik ke Jakarta Ternyata Positif Covid-19

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Seorang warga dari Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang hendak balik ke Jakarta ternyata terkonfirmasi Positif Covid-19, Sabtu (30/5/2020).

Bersama Petani, Bupati Barru Tanam Bawang Di Dusun Bette

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Selaku Kabupaten termasuk penyanggah pangan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bersama Petani Dusun Bette, Bupati Barru Ir. H. Suardi...

REKOMENDASI