Penyuluhan Penyakit DBD dan Malaria Bagi Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Paccerakang

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Telat dilaksanakan penyuluhan penyakit DBD dan malaria bagi masyarakat yang dilaksanakan oleh Puskesmas Paccerakang yang bertempat di Aula Puskesmas dan dihadiri oleh 30 masyarakat yang terdiri dari berbagai kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Paccerakang, pada Rabu, 7 Oktober 2020.

Peserta dalam kegiatan penyuluhan ini dibatasi jumlahnya mengingat bahwa sekarang sedang berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang membuat harus meminimkan kegiatan perkumpulan yang melibatkan banyak orang.

Kegiatan penyuluhan dibuka oleh moderator yang merupakan salah satu staf Puskesmas Paccerakang yaitu Sabila, SKM dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Kepala Puskesmas Paccerakang yaitu Drg. Hj. Rafiqah.

- Iklan -
Baca Juga:  Dasar Dasar Mempelajari Python : Tipe Data Dan Variabel Dalam Python

Penyuluhan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai DBD dan Malaria dimana materi ini dibawakan sendiri oleh Kelapa Puskesmas Paccerakang yaitu Drg. Hj. Rafiqah.

Penyuluhan mengenai penyakit DBD dan Malaria ini adalah penyuluhan yang rutin diadakan tiap tahunan atau bisa dikatakan merupakan kegiatan tahunan Puskesmas Paccerakang.

Penyuluhan mengenai penyakit DBD dan Malaria ini membahas mengenai cara pencegahan, gejala, faktor penyebab dan pengobatan dari kedua penyakit ini.

- Iklan -

“Jika ada yang dinyatakan DBD dan dirawat di rumah sakit, jika ingin kawasannya diberikan penanganan, maka minta hasil laboraturiumnya, karena yang menentukan seseorang terkena DBD atau tidak adalah hasil laboratorium,bukan surat keterangan dari Rumah Sakit. Jika ada keterangan hasil laboratorium dari rumah sakit yang dibawa ke puskesmas maka kami akan melakukan tindak lanjut untuk kawasan tempat pasien tersebut tinggal,” ungkap Drg. Hj. Rafiqa selaku kepala puskesmas Paccerakang sekaligus pemateri kegiatan.

Baca Juga:  Menelisik Kekerasan Berbasis Gender (KBG): Studi Kasus dan Pencegahan Inovatif

Peserta penyuluhan yang hadir semuanya menerapkan protokol kesehatan dengan baik, yaitu dengan memakai masker dengan benar dan menjaga jarak.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU