Tim PKM Unhas Gelar Penyuluhan Cegah Stres Pada Anak di Kota Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat melakukan penyuluhan di Sekolah Dasar (SD) Telkom Makassar pada Senin (12/7/2021).

Penyuluhan ini membahas mengenai cara efektif mencegah stres dini pada anak usia sekolah dasar. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi virtual Zoom Meeting mengingat tingginya angka COVID – 19 di Makassar akhir-akhir ini, sehingga tim berusaha meminimalkan kegiatan yang mengharuskan berkumpulnya banyak orang di tempat tertutup.

Tim pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Eva Febrianty dari jurusan Ilmu Keperawatan dengan anggota tim Ardaridhayana (Kesehatan Masyarakat), Nur Inaayah Azzahra (Ilmu Keperawatan), Sitti Hajariani (Ilmu Keperawatan), dan Randiana Windirianti (Ilmu Keperawatan).

- Iklan -

Tim ini juga didampingi oleh Dr. Suni Hariati, S.Kep., Ns., M.Kep. Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh siswa, wali kelas, dan orang tua siswa dari SD Telkom Makassar. Penyuluhan ini merupakan kegiatan pembuka dari dilakukannya pengabdian masyarakat yang merupakan bentuk realisasi dari lulusnya tim dalam pendanaan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Simbelmawa.

Baca Juga:  HMJ-EI UIN Alauddin Makassar Bersemangat Tutup Pekan Ilmiah dan Olahraga

Kegiatan ini dilakukan berhubungan dengan adanya laporan yang diterima oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dimana terdapat 51 pengaduan dari berbagai daerah yang mengeluhkan anak menjadi tertekan dan kelelahan karena beban tugas. Hasil penelitian lainnya yang dilakukan oleh Palupi (2020) juga ditemukan bahwa selama pembelajaran dari rumah, siswa siswi sekolah dasar mengalami stres dimana rata-rata skor stres siswa kelas besar lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas kecil.

Permasalahan tersebutlah yang mendorong tim PKM Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin melakukan kegiatan penyuluhan sebagai bentuk keprihatinan terhadap tingginya tingkat stres pembelajaran pada anak akibat pemberlakuan kebijakan belajar dari rumah.

- Iklan -
Baca Juga:  Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Penyuluhan dan Skrining Penyakit Kardiovaskular di Makassar

“Semoga anak-anak bisa terhindar dari stres dini karena sudah hampir satu tahun lebih kita melaksanakan pembelajaran dari rumah. Dengan penyuluhan dan pendampingan dari kakak mahasiswa, bisa menambah semangat belajar pada anak-anak,” ujar Ibu Sulastri selaku guru wali kelas di SD Telkom Makassar.

Mahasiswa selaku tim pelaksana kegiatan berharap penyuluhan ini dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dan dapat menjadi awal langkah untuk menarik minat masyarakat dalam mencegah stres dini pada anak usia sekolah dasar selama pembelajaran dari rumah. Selain itu, diharapkan bantuan berbagai pihak untuk bersama bergerak dalam menjaga kesehatan mental terutama pada anak usia sekolah dasar.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU