Tips Rayakan Hari Raya Semua Orang Kudus 1 November #AllSaintsDay

All Saints Day adalah festival Kristen yang menghormati semua orang yang di anggap orang suci oleh gereja. Tips Rayakan Hari Raya Semua Orang Kudus 1 November #AllSaintsDay

Hal ini di rayakan setiap tahun pada tanggal 1 November di seluruh dunia. Hari itu juga di sebut sebagai Hari Orang Mati, Hallowmas, Hari Semua Hallow, Hari Raya Semua Orang Suci, atau Hari Raya Semua Orang Kudus.

Ini adalah momen yang tepat untuk menghormati para kudus yang sudah berbahagia di surga dan sebagai kesempatan di mana kita bisa meniru kehidupan rohani mereka.

- Advertisement -

Pesta ini adalah sebagai pengingat bahwa, semua umat Katolik sedang dalam misi yang sama, yakni  menjadi kudus seperti mereka suatu hari nanti.

- Advertisement -

Nah, berikut ini ada lima hal yang bisa kamu lakukan saat merayakan Hari Raya Semua Orang Kudus, bersama anak-anak, teman dan anggota keluarga lainnya.

1. Menghadiri Misa

Misa adalah yang paling utama. Bisa dibilang, ini salah satu tiket yang bisa kita persiapkan sebelum ke surga nanti. Melalui Misa, kita bersama Para Kudus di Surga memuliakan dan memuji nama Tuhan.

BACA JUGA :   Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Angklung, Fungsi dan Perbedaannya

2. Mengulik perjalanan hidup orang-orang kudus

Hari Raya Semua Orang Kudus adalah hari raya penting dalam kalender liturgi. Ini adalah momen yang tepat dan khusus untuk menyimak lebih jauh kehidupan orang-orang kudus.

Setelah mengikuti Misa, gak ada salahnya kamu dan keluargamu atau temanmu meluangkan waktu untun menonton film-film seputar perjalanan hidup mereka.

Ada beberapa film tentang orang kudus yang bisa kamu nikmati, seperti:  Film Paul Apostle of Christ, Risen, Fatima, St Padre Pio of Pietrelcina, Love and Mercy: FAUSTINA, dll.

Kamu juga bisa membaca buku-buku rohani yang memuat cerita tentang santo/a bersama orang-orang terdekatmu.

Kisah-kisah menarik dari santo/a ini diharapkan mampu menginspirasi kamu dan generasi berikutnya untuk meniru kebajikan, keberanian dan hidup rohani mereka.

3. Diskusi bersama keluarga tentang cara hidup orang-orang kudus

Petik hal-hal positif dari film dan buku yang telah dibaca dan diskusikan dengan anak-anak atau keluargamu.

List perilaku dan sifat apa saja yang dimiliki santo dan santa tersebut lalu coba untuk terapkan dalam hidupmu. Dengan begitu, secara tidak langsung, kita sudah mencoba untuk menerapkan spirit hidup suci dalam keluarga kita.

BACA JUGA :   15 Jenis Angklung Beserta Fungsi dan Cara Menggunakan

4. Parade orang-orang kudus

Di negara lain, Hari Raya Semua Orang Kudus ini dirayakan dengan cukup meriah. Ada parade di jalanan, lingkungan gereja dan sekolah-sekolah Katolik.

Ada juga yang menggunakan kostum seperti santo dan santa, seperti Uskup, Santa Faustina, Santa Thérèse dari Lisieux, Bunda Teresa, dll.

Namun, di Indonesia mungkin hal ini tidak begitu umum. Sebagai gantinya, kamu bisa berpose dengan gambar atau patung orang kudus yang ada di rumahmu.

5. Memohon doa dari orang-orang kudus

Nah, yang terakhir ini jangan sampai kamu lewatkan, yakni memohon doa melalui perantaraan santo dan santa. Meskipun mereka telah meninggal, tapi sejatinya mereka selalu bersama kita.

Kita memohon doa dari mereka, agar perjalanan hidup yang kita tempuh di dunia ini mampu mengikuti jejak mereka dan berkenan di hadapan Tuhan.

Inilah doa yang bisa dipanjatkan pada Hari Raya Semua Orang Kudus ini. Di akhir doamu, jangan lupa sebutkan nama santo-santa dan dilanjutkan dengan seruan “Doakanlah kami.” (Contoh: Santo Yohanes: Doakanlah kami)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: