Tragedi Kanjuruhan, Mestinya Ada Layar Lebar di Luar Stadion

Sejak tragedi Kanjuruhan dengan bergelimpangannya mayat- mayat, terutama dari  supporter Tim Sepak Bola Arema Malang, masalah kejadian di stadion tempat bertandingnya tim Sepak Bola, Arema Malang dan Persebaya ramai dibicarakan.

Tidak hanya internal Panitia Lokal, pihak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), masyarakat Surabaya,  khalayak Indonesia, bahkan warga dunia. Penyebab bergelimpangannya, mayat-mayat, disinyalir selain tembakan gas air mata Polisi, sangat beralasan, dengan kapasitas penonton jauh melebihi, kapasitas tempat duduk.

Kapasitas stadion, jauh melebihi, jumlah penonton. Sehingga sulit dibendung, bila terjadi kerusuhan. Sebab dengan jumlah penonton yang melebihi kapasitas tempat, juga sudah memancing kerusuhan. Emosi gampang tersulut, bila ada masalah.

BACA JUGA :   OASE KIM Bersama Ibu Negara Kuatkan Profil Pelajar Pancasila Jenjang PAUD

Bila kapasitas tempat duduk di dalam ruangan Stadion, tidak bisa menampung jumlah keseluruhan pembeli tiket, seharusnya panitia menyiapkan layar lebar di luar arena pertandingan. Agar penonton, tidak semua merangsek masuk ke dalam arena pertadingan.

- Advertisement -

Bila tidak seperti itu, Panitia pun bisa mengalihkan pertandingan ke stadion yang lebih besar, bila melihat, jumlah pembeli tiket, sudah melebihi kapasitas tempat duduk. Misalnya, dari stadion Kanjuruhan Surabaya, dialihkan ke Stadion gelora Bung Karno, Jakarta.

Ada juga pihak yang menyarankan, hendaknya, tim sepak bola yang berdekatan, tidak dipertandingkan di stadion yang berdekatan dengan kedua tim sepak bola tersebut. Agar supporternya, banyak yang tidak bisa menjangkaunya karena faktor biaya. Sehingga bisa dihindari ”gerombolan”suporter fanatik.

BACA JUGA :   Keberagaman adalah Kekayaan Besar Indonesia

Dilihat dari kata definisi stadion, bangunan sebuah stadion, memang harus besar dan luas. Sehingga, bila pembeli tiket membludak, kapasitas tempat duduknya, tetap bisa menampung pembeli tiket.

Bangunan Stadion memang harus luas. Dalam kamus Bahasa Indonesia, defininisi Stadion adalah sebuah bangunan yang umumnya digunakan untuk menyelenggarakan acara olahraga, dimana di dalamnya terdapat lapangan atau pentas yang dikelilingi tempat berdiri atau duduk bagi penonton. ada standion yang mempunyai atap, ada pula yang tidak mempunyai atap. Stadion juga tidak hanya diguanakan untuk pertandingan olah raga. Juga digunakan untuk event-event di luar olah raga. (ana)

 

Bagikan

BACA JUGA:

Sah ! UU IKN Telah Disahkan, Ibu Kota Negara Resmi Pindah Ke Kaltim

Rapat Paripurna DPR mengesahkan Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi Undang-undang. Pengesahan RUU IKN menjadi UU di lakukan setelah Ketua Pansus RUU IKN...

KRI Dewaruci dan Bima Suci Akan Ramaikan Garuda di Lautku

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI mendatangkan dua kapal perang legendaris Indonesia yakni KRI Dewaruci dan Bima Suci-945 untuk mendukung...

Kabar Duka Dari Legenda Bulutangkis Indonesia, Markis Kido Meninggal Dunia

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kabar duka datang dari dunia bulutangkis Indonesia. Mantan pemain ganda putra Markis Kido meninggal dunia. Hal ini diumumkan PBSI lewat akun media sosial, Senin (14/6/2021)....

Nadiem Bakal Genjot Jumlah Talenta Digital, Fokus Ciptakan Entrepreneur

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menekankan pentingnya Indonesia memiliki talenta digital. Menurut Nadiem, saat ini bangsa Indonesia tidak bisa berkembang tanpa kehadiran...

Harga Token Shiba Inu (SHIB) Terbang Tinggi, ‘Anjing’ Pembunuh Dogecoin

Pesaing kripto meme antara Shiba Inu (SHIB) dan Dogecoin (DOGE) semakin sengit. Harga Shiba Inu (SHIB) meroket 81,4 persen dalam 24 jam terakhir. Kenaikan...

POPULER