Viral ! David Bennett, Manusia Pertama di Dunia Transplantasi Jantung Babi

David Bennett, 57 tahun menjadi orang pertama di dunia yang mendapatkan transplantasi jantung dari babi yang di modifikasi secara genetik.

Menurut dokter, kondisi David Bennett, terlalu parah untuk memenuhi syarat mendapat transplantasi jantung manusia sehingga ia harus menjalani cangkok organ dari babi.

Prosedur operasi eksperimental itu di lakukan selama tujuh jam.

Tiga hari setelah operasi, kondisi David langsung membaik.

- Iklan -

Operasi tersebut di puji oleh banyak orang sebagai terobosan medis yang dapat mempersingkat waktu tunggu transplantasi dan mengubah kehidupan pasien di seluruh dunia.

Baca Juga:  Angka Bunuh Diri Pria Meningkat, Politisi Ini Salahkan Perempuan

Namun beberapa pihak mempertanyakan masalah moral terkait keselamatan pasien, hak-hak hewan, dan masalah lainnya.

operasi yang sengaja di lakukan untuk penelitian eksperimen yang membawa serta risiko besar bagi pasien.

- Iklan -

Organ donor manusia yang cocok saja dapat ditolak setelah di transplantasikan, dan dengan organ hewan, bahayanya mungkin lebih tinggi.

Baca Juga:  Angka Bunuh Diri Pria Meningkat, Politisi Ini Salahkan Perempuan

Pada 1984, dokter di California mencoba menyelamatkan nyawa bayi perempuan dengan memberinya jantung babon, tetapi dia meninggal 21 hari kemudian.

Meskipun risikonya sangat tinggi, beberapa ahli etika medis mengatakan mereka harus tetap melanjutkan jika pasien mengetahui risikonya.

- Iklan -

Dokter yang menangani kasus Bennett mengatakan operasi itu di benarkan karena dia tidak punya pilihan pengobatan lain dan Bennett akan mati jika tidak menjalaninya.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU