KKI Tinjau Kesiapan FKG Unhas Buka Spesialis Ortodonti

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka mempersiapkan pembukaan Program Studi Spesialis Ortodonti, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) menerima visitasi Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Kamis (4/7). Delegasi KKI diterima oleh Unhas, yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Muh Restu, MP.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Direktur Komunikasi Ir Suharman Hamzah, Ph D., Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas drg Muhammad Ruslin, Sp BM., M Kes., Ph D., serta beberapa dokter spesialis ortodonti dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Sekretaris Fakultas Kedokteran Gigi Unhas drg Irwansyah menjelaskan bahwa KKI nantinya akan mengeluarkan surat rekomendasi mengenai kelayakan pembukaan Prodi Spesialis Ortodonti.  Rekomendasi ini akan digunakan untuk mengajukan akreditasi minimum kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes).

Delegasi KKI terdiri atas Prof drg Armasastra Bahar, Ph D., dan drg Yulianti Kemal, Sp Peio (keduanya dari Universitas Indonesia) serta drg Grace Gumuru, Sp Kg., (spesialis konservasi gigi dari Universitas Padjadjaran).

Prof Armasastra memberikan catatan terkait komitmen Rektor untuk membantu pemenuhan SDM dan finansial pembentukan Prodi Spesialis Ortodonti ini. Ia menegaskan bahwa dukungan dan komitmen universitas memiliki nilai penting dalam setiap rencana pembukaan program studi spesialis baru.

Baca Juga :   Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi Menyonsong Tantangan Revolusi Industri 4.0

Menyikapi hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik menyatakan bahwa Unhas memiliki komitmen penuh. Hal ini merupakan salah satu program kerja Rektor untuk menambah program studi yang potensial, terutama pada program pasca sarjana, mulai dari spesialis sampai doktor.

“FKG memiliki potensi untuk membentuk prodi Spesialis Ortodonti. Sehingga, tentu Unhas sangat antusias menyambut langkah ini.  Apalagi, prodi ini pada dasarnya telah dipersiapkan sejak lama,” kata Prof Restu.

Sebelum berkunjung ke Rektorat Unhas, tim KKI telah terlebih dahulu berkunjung ke Fakultas Kedokteran Gigi dalam rangka Visitasi Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Ortodonti.  Kegiatan visitasi ini akan berlangsung hingga tanggal 5 Juli 2019. (*)