10 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

FAJAR Pendidikan

6. Gunakan Pakaian yang Tepat

Sebaiknya Anda tidak hanya melindungi tubuh anak Anda dari dalam, namun juga dari luar. Nutrisi penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari dalam. Sedangkan dari luar, Anda perlu pakaian yang tepat digunakan saat musim hujan.

Pakaian yang tepat saat musim hujan adalah pakaian yang terbuat dari wol atau katun. Musim hujan, suhu udara cenderung lebih dingin di musim hujan. Untuk itu, anak perlu diberi pakaian yang lebih tebal.

Pakailah pakaian hangat terutama saat berada di luar rumah. Selain memakai jaket wol, Anda juga bisa membekali mereka dengan topi atau kaos kaki. Bahkan, jika anak Anda masih bayi, beri dia selimut hangat.

Untuk pakaian dalamnya, pilihlah pakaian yang mampu menyerap keringat. Pilihannya bisa pakai kemeja atau kaos untuk membuat mereka lebih nyaman.

7. Istirahat yang Cukup

Tips berikutnya adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Dengan istirahat yang cukup maka tubuh anak akan kembali segar dan bugar dan kondisi ini sangat baik di saat sedang menghadapi musim hujan yang rentan muncul berbagai penyakit.

Sesuai anjuran dokter, waktu istirahat (tidur) yang paling ideal untuk anak usia 4-6 tahun minimal 9-11 jam per hari. Kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Belum lagi, bisa memicu hormon stress pada anak.

BACA JUGA :   23 Nama Grup WhatsApp Kantor, Dijamin Makin Semangat

Waktu tidur anak juga hendaknya tidak terlalu malam, karena bisa mengganggu metabolisme tubuh, yang pada gilirannya akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh anak. Jadi, usahakan jam 8 malam, anak harus sudah tidur.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan – Prestasi GlobalTips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan – Prestasi GlobalPhoto by Igordoon Primus on Unsplash

8. Berolahraga

Tips meningkatkan daya tahan tubuh pada anak juga bisa Anda lakukan dengan berolahraga secara teratur. Olahraga adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem imun, karena anak bergerak aktif atau ada latihan fisik disana.

Lantas, apa korelasinya aktivitas fisik dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh? Anak yang secara rutin melatih fisiknya dengan berolahraga secara langsung akan meningkatkan suhu tubuh.

Dengan suhu tubuh yang baik pastinya akan menghambat infeksi masuk ke dalam tubuh anak. Belum lagi, olahraga juga bisa memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga anak pun akan lebih siap saat musim hujan tiba.

Intinya, Anda harus mengajak anak tetap bergerak aktif. Musim hujan bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan di rumah. Beraktivitas juga tidak harus keluar rumah. Anda bisa mengajaknya bermain di dalam rumah.

BACA JUGA :   19 Nama Grup WhatsApp Lucu Buat Kelas, Nggak Norak

9. Membersihkan Rumah

Masih terkait dengan aktivitas fisik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengajak anak beraktivitas bersama, misalnya bergotong royong membersihkan rumah.

Saat musim hujan tiba umumnya membuat keadaan rumah cepat kotor. Ditambah lagi, musim hujan juga identik dengan munculnya penyakit demam berdarah.

Oleh karena itu, kegiatan bersih-bersih rumah wajib Anda lakukan bersama anggota keluarga yang lain. Bersihkan semua tempat yang bisa menjadi media untuk berkembang biak nyamuk ini, seperti tempat sampah, genangan air, dsb.

Kegiatan bersih-bersih rumah, selain menjaga tubuh kita tetap sehat karena aktivitas fisik, juga membuat rumah kita tetap bersih dan indah. Yang lebih penting, terhindar dari bahaya demam berdarah.

10. Selalu Sedia Payung dan Jas Hujan

Tips menjaga daya tahan tubuh anak yang terakhir adalah dengan selalu menyediakan payung dan jas hujan buat anak saat dia bepergian. Terutama untuk anak yang sudah masuk sekolah. Anda wajib membawakan payung dan jas hujan saat musim hujan.

Ada pepatah: “sedia payung sebelum hujan”. Ini agaknya tepat buat Anda untuk selalu siap sedia di tas sekolah demi kesehatan anak.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI