Kamis, Februari 25, 2021

12 Titik Perpustakaan di Makassar Akan Dilengkapi WiFi

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sebanyak 12 titik perpustakaan kecamatan, kelurahan, kepulauan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar tahun 2021 akan dilengkapi WiFi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar.

Kepala Seksi Aplikasi dan Telematika, Dr. Jusman, S. Kel., M.Si kepada Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni, Kamis (21/01) meminta data lokasi perpustakaan yang berdiri sendiri dan tidak melekat dengan kantor kecamatan atau kelurahan untuk selanjutnya akan dibantu dengan memberikan fasilitas WiFi.

Untuk perpustakaan yang melekat dengan Kantor kecamatan atau kelurahan fasilitas WiFinya sudah tersedia di kantor tersebut.

Bantuan tersebut tentunya sangat membantu masyarakat di era teknologi dan meningkatkan peran perpustakaan di kecamatan,  kelurahan, kepulauan apalagi di tengah pandemi.

“Beberapa Perpustakaan binaan kami ditengah pandemi seperti di perpustakaan Kelurahan Mangasa yang terletak di Terminal Malengkeri menjadi tempat belajar anak-anak untuk menyelesaikan tugas onlinenya.

Fasilitas WiFi yang ada di beberapa perpustakaan sangat terbatas bahkan harus menggunakan kuota sendiri,” ungkap Tulus.

Maka dengan bantuan ini, kata Tulus, masyarakat khususnya anak-anak sekolah yang belajar online di perpustakaan dapat terbantu dengan fasilitas WiFi.

Berikut daftar perpustakaan kecamatan, kelurahan, kepulauan yang akan dilengkapi WiFi tahun 2021:

1. Perpustakaan Umum Kecamatan Mariso

2. Perpustakaan Umum Kecamatan Mamajang

3. Perpustakaan Umum Kecamatan Makassar

4. Perpustakaan Umum Amaliah Kecamatan Tamalate

5. Perpustakaan Umum Kecamatan Panakkukang

6. Perpustakaan Umum Kelurahan Tamangapa

7. Perpustakaan Umum Kelurahan Bulurokeng

8. Perpustakaan Umum Kelurahan Mangasa-Terminal Mallengkeri

9. Perpustakaan Umum Kelurahan Baraya

10. Perpustakaan Umum Kelurahan Lette

11. Perpustakaan Umum Kelurahan Camba Berua

12. Perpustakaan Umum Kelurahan Lakkang

Dinas Perpustakaan Kota Makassar saat ini telah melakukan pembinaan di 14 unit perpustakaan umum di kecamatan, 86 unit perpustakaan umum di kelurahan, tujuh unit perpustakaan umum di kepulauan dan dua unit perpustakaan umum yang berada di Mall.

Pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan di kecamatan/ kelurahan dan kepulauan tersebut dibawah tanggung jawab pemerintah kecamatan dan kelurahan masing-masing.

Selain melakukan pembinaan di perpustakaan kecamatan/ kelurahan dan kepulauan, Dinas Perpustakaan Kota Makassar juga melakukan pembinaan perpustakaan yang berada di SD dan SMP.

Sebagian sekolah mulai membenahi perpustakaannya dengan pendampingan program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Belajar Public Speaking Bersama Binus University

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kelas inpirasi bagi kelas XII kembali digelar SMA Islam Athirah 1 Makassar secara virtual, Senin (22/02/2021). Sejumlah 83 partisipan...

Penandatanganan Kotrak PPPK, Plh. Bupati Barru Berpesan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja yang disingkat PPPK adalah warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu yang diangkat berdasarkan perjanjian...

OSIS SMA Islam Athirah Gelar Webinar Kesehatan, Kepsek: Mereka Pandai Baca Situasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar kesehatan bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Remaja dan Pengetahuan Mental...

Unibos Kembali Jadi PT Terbanyak Raih Dana Hibah Proposal Pengabdian Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali raih pendanaan hibah proposal pengabdian masyarakat terbanyak tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, Unibos pun menjadi...

Dies Natalis ke-22, STIE Nobel Sukses Cetak Alumni Berjiwa Entrepreneur

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia, tengah merayakan hari jadinya yang ke-22, Rabu, (24/2/2021). Seusia anak remaja yang tengah...

REKOMENDASI