7 Filosofi Logo HUT Republik Indonesia Ke-77

HUT ke-77 Republik Indonesia
HUT ke-77 Republik Indonesia

Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke 77. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pemerintah merilis slogan kemerdekaan Indonesia.

Slogan HUT RI ke 77 pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang adalah ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. Apa makna slogan HUT RI ke 77?

Slogan HUT RI Ke-77 ini merupakan tema besar yang resmi dirilis dan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema, Logo dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT RI Ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 pada 12 Juli 2022 lalu.

Melalui SE tersebut, Menteri Sekretaris Negara sebagai Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari dan Penerimaan Kepala Negara/Pimpinan Asing/Pimpinan Organisasi Internasional mengungkapkan supaya logo HUT RI Ke-77 dapat diimplementasikan secara lebih maksimal.

Makna Slogan HUT RI ke 77

Melansir dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia milik Kemensetneg, Kemenparekraf dan ADGI, makna dari tema besar HUT RI ini supaya kita dapat merasakan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika hingga kini bisa mempersatukan kita dalam menghadapi segala tantangan yang ada.

“Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa bangsa Indonesia maju,” tulis dalam Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia milik Kemensetneg, Kemenparekraf dan ADGI.

Slogan HUT RI Ke-77 ini bisa Anda gunakan atau sematkan dalam twibbon maupun desain lainnya beserta dengan logo HUT RI Ke-77. Untuk kemudian Anda bagikan ke media sosial.

BACA JUGA :   Indonesia Menangis, Tiada lagi Prof Azyumardi Azra

Logo HUT RI ke 77

Selain slogan, pemerintah juga merilis logo HUT RI ke-77. Loga yang resmi dirilis ini mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang begitu dinamis, bersinergi, tegas, dan juga lugas.

Logo HUT RI ke-77 juga mempunyai makna dan menjadi refleksi dari nilai-nilai dasar Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan sebuah harapan untuk bersama-sama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju yang Indonesia maju.

Adapun logo HUT RI ke-77 tahun 2022 ini memiliki dua jenis. Jenis pertama ladalah tulisan PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT yang berada di samping angka 77. Kemudian jenis kedua, dengan tulisan PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT yang berada di bawah angka 77.

Filosofi logo HUT RI Ke-77

Angka 77 dalam logo HUT RI ke-77 kali ini juga memiliki makna ataupun filosofi tersendiri, yakni

1. Dua Panah ke Atas (percepatan dan pergerakan) 

Bentuk angka 77 dibuat menyerupai dua panah ke atas yang melambangkan gerak percepatan dalam proses memperbaiki kondisi Indonesia suapay pulih lebih cepat dan juga bangkit lebih kuat.

Logo tersebut terinspirasi dari dua orang berlari dan dua anak panah yang masing-masing mengarah ke atas.

2. Dua Anak Tangga (progres dan pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang dibuat mengarah ke atas melambangkan dari progress dan pembangunan di dalam segala sektor di Indonesia.

Logo ini terinspirasi dari tumpukan batu bata yang membentuk tangga dan mengarah ke atas.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Tengku Zanzabella, Sahabat Polisi yang Kritik Najwa Shihab

3. Bagian Atas Terpotong (demokrasi dan keterbukaan)

Dalam logo terdapat bagian atas yang terpotong untuk melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia sebagai perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas dan aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

Logo ini terinpirasi dari Burung Garuda yang mengepakkan sayap keterbukaan.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (semangat juara dan garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan juga kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang bersana untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua Garis Melengkung (sinergi dan harapan)

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah serta masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak bersama serta berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, yaitu menuju Indonesia Maju.

Logo ini terinspirasi oleh dua figur yang berjalan bersama membawa bendera.

6. Sudut Penghubung (penghubung antar bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peranan Indonesia dalam forum G20 untuk mempersatukan suara negara-negara maju agar berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang sedang dihadapi dunia.

Logo ini terinspirasi dari bola dunia dengan garis bersinggungan.

7. Siluet Angka 1 (persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat dalam persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan dari bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Nah itulah tadi ulasan mengenai slogan HUT RI ke 77 ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. Semoga dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap Tanah Air agar tercapai segala yang dicita-citakan.