8 Alasan Kita Harus Bekerja Keras

Kerja keras tentu merupakan hal yang sudah sangat lumrah dikalangan kita semua. Namun tidak semua memilih untuk tetap bekerja keras. Bekerja keras juga bukan hanya sekedar perilaku ataupun hanya kalimat saja.

Kerja keras tentu harus seimbang antara konsep perilaku dan konsep ucapan yang bisa dibuktikan.

Kerja keras mungkin selalu Anda temukan kapan saja, di mana saja, dan dalam konteks apa saja. Dalam hidup, bekerja keras memang perlu. Namun tidak ada seorangpun yang bisa menjawab apa bentuk nyata dari kerja keras itu.

Apakah mereka yang bekerja dari pagi hingga malam hari? Mereka yang belum mendapat pekerjaan dan masih bekerja keras mencarinya? Atau ibu-ibu yang membagi waktu antara keluarga dengan pekerjaan? Setiap orang memiliki definisi masing-masing mengenai kerja keras. Satu hal yang pasti, manusia harus bekerja keras.

Sebagian besar orang akan mengartikan kerja keras sebagai “melakukan sesuatu yang yang tidak menyenangkan, namun harus dikerjakan”. Diperlukan motivasi yang kuat agar untuk seseorang agar ia terus bekerja keras. Sayangnya, hampir semua orang pernah kehilangan motivasi. Bagaimana cara agar kita terus termotivasi.

Mungkin dengan mencari alasan mengapa kita harus bekerja keras.

1. Membuahkan Hasil

Seseorang tidak akan bisa membuat pencapaian apa-apa dalam hidup tanpa kerja keras. Jika Anda bekerja keras, Anda akan mendapatkan hasilnya. Itulah hukum alam yang berlaku bagi siapa saja. Hasil kerja keras tidak melulu kesuksesan yang instan.

Bisa sebuah pengalaman dan pelajaran berharga, atau perubahan pada sesuatu dalam diri Anda. Apapun itu, yang jelas Anda telah selangkah lebih dekat menuju kesuksesan. Pepatah berkata, mimpi tidak akan membawa Anda menjadi orang sukses. Kerja keras-lah yang akan mengantarkan Anda ke sana.

Bermalas-malasan dan menunda pekerjaan hanya akan membuang waktu dan tenaga Anda. Anda baru sadar betapa Anda telah melewatkan banyak hal ketika teman-teman terdekat Anda telah meraih kesuksesannya masing-masing.

2. Dihormati Orang Lain

Coba lihat di sekitar Anda. Akan selalu ada orang-orang dekat Anda yang dihormati oleh siapapun dan kapanpun. Mungkin saudara Anda, sahabat dekat, atau bahkan orang tua Anda sendiri. Kehadiran mereka dihargai orang lain, kata-katanya didengar, dan mereka diharapkan hadir di mana saja.

Sekarang lihat apa kesamaan mereka: sukses. Orang yang sukses adalah orang yang bekerja keras. Mereka dihargai atas kerja keras dan kemampuan mereka.

3. Membangun Karakter

Hal terpenting yang diperoleh dari kerja keras adalah pembangunan karakter diri menjadi seseorang yang lebih baik dan mampu menghargai segala sesuatu yang dimiliki meski nilainya kecil. Kerja keras membentuk kita menjadi seseorang yang lebih disiplin, tekun, dan pantang menyerah. Kita selalu fokus pada tujuan akhir dengan menggunakan waktu dan tenaga semaksimal mungkin.

Dalam perjalanannya, Anda akan menemukan banyak tantangan dan hambatan. Hanya ada dua pilih: menyerah dengan mudah atau meneruskan meski jalannya sulit. Ingatlah satu ha bahwa tidak ada hal baik yang datang dari sesuatu yang mudah. Semua memerlukan kerja keras.

4. Menghindari Penyesalan dalam Hidup

Jangan pernah merasa Anda masih terlalu muda dan masih memiliki banyak waktu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 4 dari 10 orang menyatakan mereka tidak bahagia menjalani hidup mereka. Mengapa? Terlalu banyak penyesalan di dalamnya.

Orang yang sudah memasuki usia paruh baya akan mulai merasakan penyesalan, berharap mereka bekerja lebih keras lagi semasa muda. Jangan pernah mengatakan “Seharusnya saya melakukan itu dulu”. Waktu tidak akan pernah kembali, dan Anda memilih untuk menyia-nyiakannya.

5. Membuka Peluang Baru

Banyak orang yang mengeluh, berkata mereka tidak beruntung dalam hidupnya. Padahal bukan keberuntungan yang membawa hasil, melainkan kerja keras. Presiden Amerika Serikat Thomas Jefferson pernah berkata, “Saya adalah orang yang percaya pada keberuntungan, dan menurut saya semakin saya bekerja keras, semakin banyak pula keberuntungan saya.”

Kerja keras adalah magnet yang menarik semua peluang dan keberuntungan untuk datang menghampiri Anda. Kesempatan yang baik tidak turun dari langit. Bisa dari orang-orang baru yang Anda temui atau dari hasil yang Anda dapatkan dari kerja keras.

6. Mendatangkan Energi Positif

Kerja keras memberikan dampak positif bagi seseorang. Mereka akan selalu mendapatkan energi positif dan termotivasi karena fokus pada tujuan akhir yaitu mencapai kesuksesan. Semangat positif dan motivasi menjadi tren baru di abad ke-21, di mana banyak orang terus menerus mencoba menemukan motivasi melalui buku, ide-ide baru, atau gambar.

Padahal motivasi dapat dihasilkan dari kerja keras. Dengan terus melihat mimpi-mimpi Anda, maka kata menyerah akan jauh dari bayangan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menemukan motivasi karena hal itu ada di dalam diri Anda sendiri.

7. Membahagiakan Orang-Orang Tercinta

Ketika Anda bekerja keras, bukan hanya Anda yang akan menikmatinya. Tapi keluarga dan orang-orang tercinta akan merasakan dampaknya. Misalnya Anda ingin memberikan rumah pensiun atau mobil baru untuk orang tua. Semua itu akan terwujud dengan kerja keras.

Meski belum berhasil, mereka akan bahagia melihat Anda bekerja keras mewujudkannya. Anak-anak Anda nantinya juga bisa menjalani hidup yang lebih mudah berkat kerja keras Anda. Melihat orang-orang di sekeliling Anda bahagia, tentu akan memberikan kebahagiaan tersendiri buat Anda.

8. Kerja Keras Memberikan Kepuasan Diri

Anda tidak boleh memandang rendah diri Anda sendiri karena Anda selalu mampu untuk melakukan lebih. Dapatkan kepuasan diri Anda dengan bekerja keras. Ketika Anda telah mampu meraih kesuksesan dengan segala kerja keras Anda, maka Anda akan merasa puas dan bangga pada diri sendiri.

Tidak ada jalan sukses tanpa adanya kerja keras. Semoga anda merupakan salah satu orang yang akan sukses di masa depan.

 

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI