Sabtu, Oktober 23, 2021

Elon Musk Bikin Robot Manusia, Akankah Menggantikan Manusia?

spot_imgspot_img

Siapa yang tidak mengenal Elon Musk, Orang terkaya kedua di dunia itu mengumumkan bahwa perusahaan mobil listriknya, Tesla, saat ini sedang membuat robot humanoid yang mirip seperti manusia. Musk menyebut tidak lama lagi robot ini akan beroperasi dan dimungkinkan akan muncul pada tahun 2022.

Seperti yang terhimpun dari situs resmi perusahaannya, robot ini diberi nama Tesla Bot, robot ini didesain sebagai robot humanoid untuk membantu pekerjaan manusia, mulai dari tugas-tugas yang terbilang berbahaya maupun mengerjakan tugas yang biasa dikerjakan oleh manusia.

Musk menyebutkan robot Tesla ini memiliki nama kode “Optimus.” Ia ditujukan untuk melakukan kerja yang “paling tidak disukai orang.”

“Ini pada dasarnya akan mulai berurusan dengan pekerjaan yang membosankan, berulang dan berbahaya,” kata Elon Musk dalam acara Tesla’s AI Day yang dihelat Kamis (19/8), dikutip CNN.

Seperti yang tertulis di akun Twitter @Tesla. Tesla Bot ini direncanakan akan memiliki body layaknya manusia, tinggi sekitar 172 cm, dengan berat 56,6 kg, serta memiliki layar sebagai wajahnya. Robot ini juga akan memanfaatkan teknologi mesin otomatis dari pabrik mobil Tesla, termasuk software dan hardware di sistem autopilot mobil tesla.

Elon Musk menyebut robot yang akan dibuatnya itu merupakan bagian dari proyek Tesla untuk membangun mobil otonom. Robot Tesla akan menggunakan chip komputer dan delapan kamera yang sama seperti mobil Tesla.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI