Kalender Jawa Rabu 22 Maret 2023, Cek Peristiwa Penting!

Kalender Jawa Maret 2023 bertepatan dengan bulan Ruwah dan Pasa. Dalam penanggalan Kamariah Islam, Ruwah disebut Syaban sedangkan Pasa adalah Ramadan. Bulan Ruwah 1956 dimulai pada tanggal 22 Februari 2023 Masehi.

Masa ini berakhir dan memasuki bulan Paskah pada malam tanggal 23 Maret 2023. Ketika bulan Maret 2023 penanggalan Masehi baru dimulai, Ruwah sudah mencapai usia bulan ke-8 atau bertepatan dengan hari ke-8. Hari ini adalah hari pasaran Baca wuku bersama Tambir.

Selama bulan Ruwah, masyarakat Jawa kerap menggelar beberapa acara adat. Kebanyakan dari mereka dilakukan untuk menghormati bulan Paskah atau Ramadhan dari kalender Hijriah. Tradisi yang disebut Ruwahan adalah program doa untuk orang yang sudah meninggal.

Selain itu, akan ada event bernama Nyadran. Nyadra biasanya diadakan pada pertengahan bulan Ruwah. Program tersebut meliputi pembersihan makam leluhur, peletakan bunga dan festival yang diselenggarakan secara terpusat di masjid, mushola atau rumah kepala desa.

Mengutip situs resmi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), sistem penanggalan Jawa mengadopsi penanggalan Islam Hijriah. Sistem kalender Jawa diciptakan oleh Sultan Agung dan didasarkan pada siklus bulan. Jumlah hari dan bulan juga sama dengan penanggalan Hijriah.

Baca Juga:  Buruan! Pendaftaran Dana Indonesiana 2024 Kembali Dibuka

Namun penanggalan Jawa menggunakan sistem pancawara atau pasar, yang meliputi Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Dalam perkembangannya, sistem Pancawara dipadukan dengan sistem Saptawara yang terdiri dari hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Penggabungan ini kemudian menghasilkan periode yang terjadi setiap tujuh hari atau minggu dalam penanggalan Jawa. Periode selama seminggu ini dikenal sebagai Wuku. Siklus wuku memiliki 30 minggu atau 210 hari. Penggunaan wuku terus dipraktikkan di beberapa masyarakat di Jawa dan Bali untuk berbagai adat setempat.

Daftar Kalender Jawa Maret 2023 Kalender Jawa yang berlaku Maret 2023 dimulai pada Rabu Baca. Kemudian 1 Maret 2023 bertepatan dengan 8 Sya’ban 1444 H. Berikut daftar lengkap tanggal dan pasaran di bulan Maret 2023 sampai tanggal kadaluarsanya:

Baca Juga:  Seleksi Beasiswa LPDP Tahap 1 Sudah Diumumkan, Cek Hasilnya
22 Maret 2023 29 Ruwah 1956 Rabu Pahing Wuye
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU