- Advertisement -

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 120 121 124 125 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 120 121 124 125 Pembelajaran 3 untuk Kelas 4 SD/MI berikut. Tema 9 yaitu Kayanya Negeriku, Subtema 3 Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Pembelajaran 3 yang mulai dari halaman 119 sampai 131.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 dan 121

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama dengan teman semejamu hal-hal berikut ini.

Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?
Jawaban:
Hal yang dapat kita lakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis adalah dengan mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan energi yang telah habis tersebut. Energi yang habis ini umumnya energi yang tidak terbaharukan. Sementara energi alternatif adalah jenis energi pengganti yang terbaharukan

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!
Jawaban:
Energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan tanpa dampak negatif dari bahan bakar fosil.

Ayo Membaca

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber energi alternatif berasal dari sumber energi yang dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut, dan biomasa. Mari kita mencari tahu lebih lanjut.

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang bukan sumber energi tradisional yaitu bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam.

Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

1. Matahari
Matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. Energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain. Pada saat ini sel-sel surya sudah biasa dijumpai di atap-atap rumah, rumah sakit, dan hotel–hotel.

BACA JUGA:  Musim Semi di Jepang, Waktu terbaik Mekmati Bunga Sakura Bermekaran

2. Angin
Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincir angin tradisional. Saat ini energi angin digunakan untuk menghasilkan listrik melalui alat yang disebut aerogenerator.

3. Air
Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras. Energi gerak dari air terjun tersebut digunakan untuk memutar generator pembangkit listrik.

4. Panas
Bumi Energi panas bumi (energi geotermal) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi. Bumi yang berbentuk, seperti bola sesungguhnya tersusun dari lapisan-lapisan. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Pengembangan energi geotermal saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik. Ini juga menjadi alasan hanya ada 24 negara di dunia yang memanfaatkan energi panas bumi saat ini.

5. Gelombang
Air Laut Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

6. Bahan Bakar Bio
Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji yang mengandung minyak seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodisel. Biodisel dapat digunakan untuk menggantikan solar.

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 116 dan 118 Pembelajaran 2

Singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan bensin atau premium. Bahan bakar bio juga dapat berasal dari kotoran hewan. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biogas. Kotoran hewan yang ada dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah (lubang). Penguraian kotoran hewan dengan bantuan bakteri akan dihasilkan gas metana yang digunakan sebagai sumber energi panas kompor. Selain itu, bahan bakar ini dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Bacalah bacaan berikut dengan nyaring

Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati

Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas.

Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi.

Sudah hampir setahun Latif dan keluarganya memanfaatkan biogas tersebut sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak. Hasilnya juga cukup lumayan karena uang belanja untuk membeli gas elpiji dapat dihemat untuk keperluan lainnya. Termasuk saat terjadi kelangkaan elpiji, istrinya pun tetap bisa memasak.

Menurut Latif, memakai tabung gas elpiji dengan biogas dari kotoran sapi tidak ada bedanya serta tidak berpengaruh pada rasa masakan. Meskipun biogasnya dari kotoran sapi, masakannya pun tetap lezat. Selain itu juga murah.

Bagikan

BACA JUGA:

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli, dan Umum

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli, dan Umum, Hipotesis ilmiah adalah pada saat mencoba untuk mengungkapkan jawaban dari masalah yang diselidiki. Hipotesis ini dikonfirmasikan apabila...

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5, Subtema 1 Pembelajaran 2, Halaman 9 10 11 16

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5, Subtema 1 Pembelajaran 2, Halaman 9 10 11 16 SD/MI.  Pembelajaran 2, Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran,...

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, Keberadaan Organel Sel, dan Gambar Sel

Sel merupakan bagian struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Setiap makhluk hidup memiliki sel, termasuk tumbuhan, hewan, manusia, dan organisme bersel satu. Sel...

Proses Pembentukan Minyak Bumi, Ini Tahapannya

Komoditas hasil tambang yang memiliki peran terpenting dalam kehidupan manusia salah satunya yaitu minyak bumi. Minyak bumi dapat diolah menjadi beragam komoditas turunan yang...

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD Subtema 2 Halaman 71, 75, 76, dan 77 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD Subtema 2 Halaman 71, 75, 76, dan 77 Pembelajaran 2 yang terdapat dalam Buku Tematik Terpadu yang...

POPULER

Cara Jitu Guru TK Islam Athirah Baruga Tingkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an

Guru TK Islam Athirah Bukit Baruga mengisi kegiatan dengan program "Sabtu Ceria". Kegiatan diawali senam bersama yang dilakukan sekitar 30 menit, Setelah itu membahas...