Mahasiswa PBL III FKM Unhas Lakukan Evaluasi Terhadap Penyuluhan Antisipasi Hoax Vaksin COVID-19

FAJAR Pendidikan

Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) III, Posko 30 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) mengadakan kegiatan evaluasi terkait penyuluhan hoax Vaksin COVID-19 yang telah dilaksanakan pada 6 bulan lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 Juni 2022 di beberapa dusun yaitu Dusun Salekowa, Dusun Sanrobone, Dusun Kasuarrang, Dusun Lau, dan Dusun Bontowa pada Desa Sanrobone, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar.

Kegiatan evaluasi ini dilakukan dengan metode door to door, menggunakan instrument kuesioner sebagai bentuk Post Test kepada masyarakat desa sanrobone.

BACA JUGA :   KKN Tematik Stunting Unhas Lokus Gowa Gelar Monitoring Daring

Tujuan pelaksanaan evaluasi ini yaitu untuk mengetahui tingkat penguasaan atau pemahaman masyarakat terhadap materi penyuluhan mengenai vaksin COVID-19 yang telah dilakukan pada 6 bulan lalu.

Selain itu bahwa pada evaluasi ini juga kita dapat melihat perubahan yang terjadi pada masyarakat yang dulunya dengan adanya hoax tersebut membuat masyarakat khawatir bahkan takut untuk melakukan vaksinasi Covid-19, berbeda dengan sekarang yang masyarakat desa sanrobone sudah tidak takut lagi untuk di vaksin Covid-19.

BACA JUGA :   Tim Pengabdian Masyarakat Unhas Gelar Pelatihan Penyusunan Uraian Tugas pada Pegawai di 7 RS Milik Pemprov Sulsel

Atinya beberapa masyarakat yang telah mengikuti kegiatan penyuluhan hoax Vaksin COVID-19 pada PBL 2 sebelumnya, telah memahami dengan baik bahkan menerapkan nya dikehidupan sehari-harinya.

Tantangan yang dihadapi dalam kegiatan ini yaitu terdapat beberapa masyarakat yang sulit untuk ditemui dikarenakan masih ada yang bekerja bahkan ada yang telah pindah dari desa sanrobone.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI