Beranda blog Halaman 431

Meninggal di Hari Jumat, Pertanda Baik?

0

Rasulullah Shallallahi Alaihi Wasallam bersabda “Tidaklah seorang muslim meninggal di hari Jumat atau di malam Jumat, melainkan Allah akan menjaganya dari fitnah kubur”. (Di hasankan oleh Al Bani dalam Shahih at – Tirmidzi (1074).dan Takhrij Misykah al.- Mashahih 1316 dengan sanad hasan atau sholih lighoirihi).

Al Mubarokfuri menjeelaskan dalam Syarh Sunan Turmudzi “Allah menjaganya dari fitnah kubur, yairu pertanyaan dan azab kubur. (Dalam hadist ini bisa simaknai mutlak (tanpa batas) atau pun terbatas. Namun makna pertama (mutlak) lebih tepat,.mengingat karunia Allah yang sangat luas. (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi 4/160)

Al Mubarokfuri dalam Tuhfatih Ahwadzi.Syarh Jami.Tirmidzi, juga berkata ketika menjelaskan hadist ini, membawakan perkataan al.- Hakim at Tirmidzi : “Jika Allah Azza wa. Jalla mewafatkan seseorang dari hari wafatnya itu bertepatan dengaan hari Jumat, maka itu merupakan tanda kebahagiannya dan tanda tempat kembalinya yang bagus.

Karena tidaklah dicabut nyawa seseorang pada hari Jumat, kecuali orang yang telah ditulis kebahagiannya di sisi-Nya. Oleh karena itu Allah menjaganya dari fitnah kubur”. (Tuhfatul Ahwadzi Syarh Jami Tirmidzi, 4/136 cet dar fikr).

Lalu bagaimana kalau yang meninggal pada.hari itu pelaku maksiat atau pendoaa besar ? Menurut aqidah ahluunnah jika seorang nualim mennggal dunia sedangkqn ia berada dalam kemaksiatan selama bukan syieik maka urusan mereka si bawah kehendak Allah.

“Jika Allah berkehendak, maka Dia akan mengampuni dosa hamba tersebur dan jika tidak maka Dia alan menyiksanya telebih dahulu, lalu si hamba tadi akan dimaaukkan ke dalam surga”.

Sebagaimana firmanMya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa.syirik itu dan Allah mengampuni dosa yang selain bagi siapa yqng dikehendakinya. (QS An -.Niaa.: 48). (kultum/Ana)

Resep Pempek Palembang, Aslinya Pempek

0

Pempek Palembang masakan aslinya pempek. Pempek mamang masakan khas Palembang, Sumatera Selatan. Orang-orang yang berkunjung ke daerah tersebut tidak ketinggalan  mencari pempek buat ole-ole pulang kampung.

Pempek, kalau di daerah lain sama dengan bakso tanpa kuah. Dimakan dengan sambal cocolan. Dan cocolannya khas, khusus buat pempek. Berikut resep dari “Resep Bunda Renatta” yang paling enak.

Bahan Pempek Palembang :

-500 gram daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.
-6 siung bawang merah dicincang halus.
-300 ml santan (santan encer).
-250 – 300 tepung sagu (sesuai selera kekenyalannya)
-3 butir telur.
-garam dan kaldu bubuk sesuai selera.

Cara Membuat Pempek Palembang:

  1. 1.Siapkan wadah,.masukkan ikan, tuangkan santan sedikit demi sedikit, uleni. Beri garam dan kaldu bubuk.sesuai.selsra. Masukkan bawang merah, sagu sedikit demi sedikit. Uleni hingga rata.
    2.Panaskan minyak. Bulat bulatkan adonan dengan 2 sendok, goreng hingga matang. Sajikan dengan cuka merah atau hitam. (Ana)

Kehidupan yang Metamorfosisnya Bagus, Akan Membuahkan Hasil

0

Semua kehidupan di dunia ini mengalami metamorfosis. Atau bermetamorfosis. Yang melalui sebuah alur proses terbentuknya. Tidak hanya kupu kupu belalang ulat atau sejenisnya.

Cuma saja, cara metamorposianya berbeda-beda. Namun bedanya, hanya dari faktor istilah. Misalnya kupu-kupu. Sebelum menjadi kupu-kupu yang canrik, yang dikagumi semua orang, awalnya dari ulat yang jijik. Semua orang takut bila tersentunya, di samping menggelikan, bila tersentuh ulatnya, badan akan terasa gatal.

Ulat tersebut, melekat pada pohon yang indah-indah, yaitu di bunga-bungaan. Makanya setelah menjadi kupu-kupu, dia menjadi indah. Sebab dasar kehidupannya adalah di pohon yang indah. Dan bahan makanannya untuk membesarkan dirinya, asalnya dengan mengisap sari-sari bunga. Makanan yang bersih, enak dan memuaskan.

Lalu berproses dengan waktu tertentu, menjadi kepompong. Dalam beberapa waktu pula berkembang menjadi kupu-kupu yang cantik.

Metamorfosis Manusia

Demikian pula metamorfosis menusia. Kelihatan di saat dewasanya. Saat dewasanya, disitu tercermin bagaimana alur metamorfosisnya. Bila dari sejak lahir melalui perawatan yang baik diberi terus asupan gizi.

Setelah masuk usia sekolah, dikawal dan dibina terus. Hingga menghasilkan prestasi. Lalu di tingkat dewasa tetap diperhatikan dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikannya. Akhirnya mendapat keberhasilan. (Ana)

Resep Sambal Terasi, Bikin Nafsu Makan

0

Tidak enak makan bila tanpa sambal. Itu kalau masakan lauk. Jenis apapun. Mau lauk dari daging atau ikan. Enaknya makan bila dengan sambal.

Apalagi dari ikan. Dan ikan, cocok sekali dengan sambal mentah. Ikan dimasak dengan cara apapun, semuanya cocok dengan sambal mentah. Berikut resep By @seksikitchen, yang sangat enak.

Bahan Sambal Terasi:

-5 buah cabe rawit merah
-10 buah cabe rawit keriting
-8 buah cabe rawit hijau
-1/2 bulat terasi (pakai terasi yang bundar ya)
-1 buah tomat merah
-garam dan gula secukupnya
-2-3 sdm minyak sayur
-2 sdm perasan jeruk limo

Cara Membuat Sambal Terasi:

  1. Panaskan minyak goreng. Masukkan semua bahan sambal, tumis hingga layu. Lalu angkat.
  2. Ulek semua bahan sambal yang sudah ditumis. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Catatan:
Untuk yang suka menggunakan bawang merah boleh menambahkan bawang merah. (ana)

Ada Pengecualian yang Bisa Berpuasa Dua Hari Sebelum Ramadan

0

Diharamkan puasa sunnah sehari atau dua hari sebelum masuk Ramadan. Kecuali bagi orang-orang yang terbiasa melakukan puasa. Atau orang yang berpuasa qadha dan nadzar. Atau mengqadha puasa Ramadannya yang lalu. Atau orang yang menyambung puasanya dengan hari sebelumnya.

Hadiat tentang hal tersebut. “Janganlah kalian mendahului Ramadan dengan puasa sehari atau dua hari sebelumnya. Kecuali seseorang yang biasa di hari tersebut, maka silahkan ia berpuasa”.(HR Bukhari 1914 dan Muslim 1972).

Puasa di Akhir Syaban Ada 3 Kondisi

Pertama dia puasa dengan niat puasa Ramadan. Dengan maksud berhati-hati maka itu terlarang.

Kedua, dia puasa dengan niat puasa nadzar atau qadha Ramadhan. Atau puasa kafarat. Atau puasa yang semisalnya. Maka ini diperbolehlan oleh mayoritas ulama

Ketiga, dia puasa dengan niat sunnah mutlak. Maka ini dibenci (makruh). Kecuali bertepatan dengan kebiasaan puasanya. Atau ia telah mendahului puaaanya lebih dari dua hari sebelum akhir Syaban dengan niat menyambungnya dengan Ramadan. (lihat Syarh Nawawi VII/194 dan Lathaiful Ma’arif hal 144)

Diantara hikmah dilarangnya berpuasa sehari atau dua hari sebelum Ramadan, agar puasa Ramadan, tidak bertambah dengan sesuatu yang tidak berasal darinya. Sebagai bentuk kehati-hatian dari ahli kitab di dalam puasa mereka yang gemar menambah-nambahkan dengan akal-akalan dan hawa nafsu.

Selain itu untuk memisahkan antara puasa fardhu (wajib) dengan puasa nafilah (sunnah). Karena memisahkan ibadah wajib dan sunnah, sesuatu yang disyariatkan. Karena itulah Nabi melarang menyambung salat fardhu sengan salat sunnah sampai dipisah dengan ucapan atau perpindahan tempat (Shahih Muslim 883). (Syaikh Shalih al-Munajjid/ana)

Apa Itu Domisili, Inilah Pengertian Domisili Menurut Para Ahli

Apa itu domisili? Memahami pertanyaan ini kadang menjadi penting, sebab masih ada beberapa kalangan yang keliru dan tidak bisa membedakan antara domisili dan alamat yang tertulis pada KTP.

Domisili dan alamat tentulah berbeda. Sederhananya domisili merupakan tempat seseorang tinggal pada kurun waktu tertentu. Sedangkan alamat adalah tempat seseorang tercatat secara administratif di suatu daerah, tempat atau kota.

Domisili tidak hanya berlaku untuk perorangan atau warga, domisili juga berlaku untuk sebuah lembaga, organisasi, perusahaan dan entitas lainnya. Tentu, sebuah entitas harus memiliki domisili keberadaan mereka, sehingga domisili cakupannya luas.

Lantas, apa itu domisili yang sebenarnya?

Apa itu domisili?

Domisili merupakan sebuah tempat tinggal yang nyata bagi seseorang atau suatu entitas secara hukum. Konsep ini melibatkan penentuan lokasi tempat tinggal seseorang atau suatu organisasi untuk keperluan administratif, perpajakan, dan hukum. Domisili memiliki peran penting dalam membentuk identitas hukum seseorang atau perusahaan serta menentukan kewajiban perpajakan dan administratif lainnya

Dari sudut pandang hukum perdata, domisili seringkali menjadi faktor yang menentukan yurisdiksi pengadilan yang berwenang mengatasi suatu kasus. Misalnya, dalam perceraian, domisili suami atau istri dapat menjadi faktor penentu dimana proses perceraian dilakukan. Domisili dalam hal ini tidak hanya merujuk pada alamat fisik, tetapi juga pada tempat tinggal yang diakui secara hukum.

Dilihat dari konteks perpajakan, domisili menjadi faktor penentu dalam menentukan kewajiban perpajakan seseorang atau sebuah entitas. Pajak dapat dikenakan dengan nominal yang berbeda berdasarkan domisili atau tempat kedudukan hukum wajib pajak. Oleh karena itu, entitas atau individu diwajibkan membayar pajak di tempat di mana mereka memiliki domisili hukum.

Domisili Secara Administratif

Secara administratif khususnya di Indonesia, pemerintah biasanya mengakui domisili sebagai informasi penting untuk keperluan pendaftaran, pemilihan umum (pemilu), dan administrasi lainnya. Pendaftaran pemilih, misalnya, sering kali melibatkan penentuan domisili sebagai syarat untuk memastikan bahwa seseorang memiliki hak untuk memilih di suatu daerah.

Perlu digaris bawahi bahwa domisili dapat berbeda dengan tempat tinggal fisik. Seseorang mungkin tinggal sementara di suatu tempat tanpa mengubah domisilinya secara hukum. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika seseorang bekerja sementara di luar kota atau negara. Meskipun alamat fisiknya berubah, domisilinya tetap di tempat asalnya.

Domisili juga selalu menjadi pertimbangan penting dalam hal penentuan kewarganegaraan. Beberapa negara mungkin mengaitkan kewarganegaraan dengan domisili hukum, dan seseorang mungkin dianggap sebagai warga negara suatu negara berdasarkan tempat di mana mereka memiliki domisili hukum.

Sampai disini, apakah sudah memahami apa itu domisili? Sekarang kita akan membahas pengertian domisili menurut para ahli.

Pengertian Domisili Menurut Para Ahli

Memahami pengertian domisili menurut para ahli dapat berbeda-beda sudut pandang, hal ini tergantung pada konteks hukum, administratif, atau sosial. Berikut adalah beberapa definisi domisili dari sudut pandang beberapa ahli:

  1. Sudargo Gautama: Menurut Sudargo Gautama, seorang ahli hukum Indonesia, domisili adalah tempat tinggal seseorang atau badan hukum yang dijadikan tempat kedudukan hukumnya untuk kepentingan tertentu.
  2. Prof. Subekti: Prof. Subekti, seorang ahli hukum Indonesia, menjelaskan bahwa domisili adalah tempat kedudukan seseorang dalam hukum yang diambil sebagai dasar untuk menentukan kewenangan pengadilan dalam hal perkara perdata.
  3. Satjipto Rahardjo: Satjipto Rahardjo, seorang tokoh hukum Indonesia, menjelaskan bahwa domisili adalah tempat kedudukan seseorang atau badan hukum dalam hukum perdata untuk tujuan atau urusan tertentu.
  4. Jimly Asshiddiqie: Menurut Jimly Asshiddiqie, seorang ahli konstitusi Indonesia, domisili adalah tempat kedudukan hukum seseorang atau badan hukum dalam suatu lingkungan wilayah negara.
  5. Sistem Hukum Romawi: Dalam tradisi hukum Romawi, domisili disebut sebagai “domicilium” dan didefinisikan sebagai tempat di mana seseorang memiliki tinggal tetap dengan niat untuk tinggal di sana secara permanen.
  6. Ahli Hukum Barat: Para ahli hukum Barat, seperti Black’s Law Dictionary, mendefinisikan domisili sebagai tempat tinggal tetap yang diakui oleh hukum sebagai dasar untuk penetapan yurisdiksi hukum dan pemutusan perkara perdata.

Sekarang, pertanyaa apa itu domisili sudah terjawab dengan jelas baik dari pengertiannya secara luas, dari sudut pandang administasi dan pengertian domisili berdasarkan sudut pandang para ahli.

Resep Castella Cake, Lebih Istimewa dari Kue Bolu

0

Castella Cake, bisa diistilahkan kue bolu yang lebih istimewa. Dengan bahan dan cara pembuatannya, memang rasanya lebih istimewa.

Hampir sama membikin kue bolu. Hanya sedikit perbedaannya. Namun, yang perbedaannya lebih unik. Berikut resep @henjiwong:

Bahan Castella Cake:

-50 gram minyak sayur
-80 ml susu cair
-50 gram tepung terigu protein rendah
-1,5 sdt vanilla
-4 butir telur (pisah kuning dan putihnya)
-65 gram gula halus

Cara Membuat Castella Cake:

  1. Masak minyak sayur dengan susu cair pakai api kecil hingga hangat sambil diadik-aduk. Jangan sampai mendidih.
  2. Siapkan wadah, tuangkan tepung sambil diayak, aduk rata, masukkan vanilla, aduk rata lagi.
  3. Masukkan kuning telur satu per satu, aduk rata, sisihkan.
  4. Mixer putih telur, tambahkan gula halus, mixer sampai soft peak.
  5. Masukkan sedikit putih telur ke adonan kuning telur. Aduk perlahan. Lalu tuang adonan kuning telur ke adonan putih telur. Aduk balik hingga tercampur rata.
  6. Tuang ke loyang, ratakan, lalu hentak-hentakkan loyang 4-5 kali.
  7. Panggang dengan sistem taruh loyang di atas loyang yang lebih besar, yang telah diberi air panas). Oven pada suhu 150’c selama 65 menit, lalu angkat dan iris-iris sesuai selera. (ana)

Diharamkan Puasa Sunnah Syaban Dua Hari Sebelum Ramadan

0

Untuk sekadar mengingatksn kaum muslimin, yang masih menjalankan puasa sunnah Syaban, agar menghentikannya paling lambat dua hari sebelum masuk bulan Ramadan.

Sebetulnya sebagian kecil ulama yang mengajurkan setelah melewati pertengahan Syaban, tidak boleh lagi berpuasa sunnah Syaban. Sebagaimana sebuah hadist yang berbunyi: “Apabila telah masuk pertengahan Syaban, maka janganlah kalian berpuasa”. (HR Abu Daud (2337), Tirmidzi no.738 dan Ibnu Majah), Hadist ini dinilai lemah oleh mayoritas ulama.

Para Imam senior berkata “hadist itu mungkar”. Diantara imam senior yang berpendapat seperti ini, adalah Abd Rahman bin Mahdi, Imam Ahmad, Abu Zur’ah ar -Razi, dan lainnya. (Lathaiful Ma’arif hal 135).

Diharamkan

Maka dengan demikian, berpuasa setelah masuk pertengahan Syaban, tidaklah dibenci, melainkan, sehari atau dua hari sebelum masuk Ramadan, maka ini diharamkan.

Bagi mereka yang menganggap hadist rersebut shahih dan melarang berpuasa setelah masuk pertengahan bulan Syaban, yaitu mereka dari madzab syafi’iyah, maka larangan ini dikecualikan bagi mereka yang memang sudah terbiasa berpuasa.

Seperti seseorang yang biasa melaksanakan puasa Senin Kamis, meskipun telah masuk pertengahan bulan Syaban.

Dan orang yang memulai berpuasa sebelum masuk pertengahan bulan Syaban, kemudian melanjutkan setelah masuk pertengahan bulan Syaban maka ini juga tidak termasuk di dalam larangan.

Karena Nabi bersabda “Belum pernah berpuasa Syaban di keseluruhan harinya dan pernah pula berpuaaa Syaban kecuali hanya sedikit (HR Bukhari 1970 dan Muslim 1156). Termasuk juga yang dikecualikan dari larangan adalah yang berpuasa setelah pertengahan Syaban untuk mengqadha puasa Ramadan yang lalu. (lihat al Majmu karya Nawawi Vi/399, Riyadhush Shalijhin hal 354, Tahdzibus Sunan Abi Daus karya Ibnul Qayyim Ii/20 dan Lthaifil Ma’arid hal 136). (Ana)

Semboyan Ki Hajar Dewantara Buat Pendidik dan Pemimpin

0

Tiga semboyan Ki Hajar Dewantara yang harus dipegang teguh Pendidik dan Pemimpin

1. Ing Ngarsa Sung Tulada

Arti Ing Ngarsa Sung Tulada, seorang guru sdalah pendidik yang harus memberi contoh atau panutan.

Uraiannya:

Ing berarti “di”, Ngarsa artinya, depan “Sung”, artinya “jadi”, ‘tulada” yang marupakan “contoh” atau “panutan” .

Dengan demikian berarti seorang guru harus mampu menjadi contoh bagi siswanya, baik sikap maupun pola pikirnya.

Siswa akan melakukan apa yang dicontohkan gurunya. Bila guru memberikan teladan yang baik, siswa akan baik pula perilakunya.

2. Ing Madya Mangun Karsa

Seorang guru adalah pendidik yang selaku berada di tengah-tengah para muridnya dan terus menerus membangun semangat, hingga mendukung ide-ide mereka untuk terus berkarya.

Ing artinya “di”, “madya” memlki arti “tengah”, “mangun” bersrti :membsngun” atsu “memberikan” dan “karsa” memiliki arti “semsngat” atsu “niat”.

Dengan demikian berarti, bila guru berada di antara siswanya, maka guru tersebut harus mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi siswanya, sehingga siswa diharapkan bisa lebih maju di dalam belajar.

Jika guru selalu memberikan semangat kepada siswanya, maka siswa akan lebih giat. Karena merasa diperhatikan dan selalu mendapat pikiran-pikiran positif dari gurunya. Sehingga anak selalu memandang ke depan dan tidak hamya terpaku pada kondisinya saat ini.

3. Tut Wuri Handayani

Maknanya, seorang guru adalah pendidik yang terus menerus menuntun menopang dan menunjukkan arah yang benar bagi hidup dan karya anak anak didiknya.

Tut Wuri artinya “di belakang ” atau “menngikuti” dari belakang dan Handayani berarti “memberikan semangat”.

Wadah Ekonomi

Berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara, pendidikan menjadi wadah ekonomi untuk membangun otonomi intelektual, eksistensi, dan sosial.

Apabila siswa sudah paham dengan materi, siswa sudah pandai dalam banyak hal, maka guru harus menghargai siswanya tersebut.

Guru diharapkan mau memberikan keprrcayaan bahwa siswa dapat melaksanakan tugasnya.dengan baik. Guru tidak boleb meremehkan kemampuan siswa.

Jika dimasukkan dalam konteks kepemimpinan, maka semboyan tersebut akan menciptakan seorang pemimpin yang disegani dan berwibawa. Karena menggambarkan seorang pemimpin yang mampu menempatkan diri di mana pun dia berada, namun tetap berwibawa. (Ana)

Tidak Berlebihan dalam Ucapan dan Perbuatan

0

Amr bin Syuaib dari bapak dan kakeknya, mewariskan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, “Makan dan minumlah, berpakaianlah, juga bersedekahlah, tanpa boros dan bersikap sombong. (HR Abu Daud, Ahmad, dan dikeluarkan oleh Al Bukhari secara mu’allaq). (HR Abu Daud Ath Thayalisi, 4 : 19 – 20, An Nasa’i, 5 :79, Ibnu Majah no.3605, Ahmad :11 : 294,312).

Faedah Hadis

  1. Sedekah yang dimaksud dalam hadist ini adalah sedekah sunnah. Karena sedekah wajib, terbatas ukuran dan besarannya. Seperti zakat maal, dan zakat fithri, sehingga tidak mungkin dibayangkan israf di dalamnya.
  2. Israf adalah berlebihan dalam ucapan dan perbuatan. Istilah israf lebih terkenal untuk mengeluarkan harta yang berlebihan. Israf berlebihan dalam mengeluarkan sesuatu. Sedangkan tabdzir (boros).berarti mengeluarkan harta bukan pada tempatnya.
  3. Tabdzir tidak terkait dengan jumlah namun terkait dengan dimanakah disalurkan. Makanya orang yang tabdzir disebut “saudaranya setan”. Karena mereka menyalurkan hartsnys untuk yang haram.

Tabdzir lebih parah dari israf, sebagaimana kita merujuk pada surah Al An’am ayat 141 dan Al Isra’ ayat 27.

Allah berfirman : “Dan janganlah kamu berlebih lebihan. Sesungguhnya.Allah tidak menyukai orang yang berlebih lebihan”. (QS. Al An- Am ayat 141)

Firman Allah tentang sifat boros : “Dan janganlah kamu menghambur hamburkan hartamu secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan”. (QS. Al Isra’ : 26 – 27).

4. Makan dan minum termasuk kesenangan dunia yang mubah.
5. Ibnu Taimiysh menyatakan bshwa israf dalam.makan itu tercela.
6. Hadist ini menunjukkan bahwa,.mubahnya pakaian.
7. Dilarabg israf dan khuyala (sombong) dalam berpakaian.
8. Seorabg muslim diperimtahkan untuk bersedekah jika ia memiliki kelebiban dari yang mencukupi diri dan keluarganya.
9. Kita juga diperintahkan untuk menghabiskan.makanan

Barokah pada Makanan

Rasulullah bersabda, “Jangan dia sapu tangannya dengan serbet, sebelum dia jilat jarinya. Karena dia tidak tau makanan mana yang membawa berkah. (HR Muslim no
2033).

Asy Sysukani rahimahullah mengatakan, “Menjilat jari seusai makan adalah sesuatu yang disyariatkan (dianjurkan). Alasannya, sebagaimana yang disebutkan di akhir hadist yaitu karena orang yang makan, tidak mengetahui dimanakah barokah yang ada pada makanannya.

Makanan yamg disajikan pada orang yang makan, benar-benar ada barokahnya. Namun tidak diketahui apakah barokahnya ada pada makanan yang dimakan. Atau pada makanan yang tersisa di jari. Atau pada mangkoknya. Atau pada suapan yang terjatuh.

Oleh karena itu sepatutnya seseorang memperhatikan ajaran ini, agar ketika makan pun bisa bersih barokah.

Pengertian barokah pada asalnya adalah bertambahnya dan tetapnya kebaikan serta mendapatkan kesenangan dengannya. (Ana)