Peraturan Dalam Sepak Bola, Ini Wajib Kalian Ketahui

FAJAR Pendidikan

Sepak bola di warnai dengan begitu banyak peraturan, dan sebagai pemain kamu pun perlu memahami peraturan-peraturan tersebut agar tidak merasa di rugikan oleh wasit atau bisa memaksimalkannya sebagai sebuah kesempatan.

Berikut peraturan dasar sepak bola yang wajib kalian ketahui:

Tidak ada offside dari lemparan kedalam, corner dan goal kick

Jangan ragu terus bergerak ke belakang baris pertahanan lawan saat rekanmu tengah mengambil lemparan kedalam, corner atau goal kick, karena kamu tidak mungkin terjerat jebakan offside jika menerima bola secara langsung, manfaatkan itu untuk menekan lawan.

Memegang bola hanya enam detik

Aturan ini hanya berlaku untuk penjaga gawang ketika mereka berhasil menangkap bola yang mengarah kepadanya. Ketika bola berada dalam genggaman, mereka hanya di berikan batas waktu selama 6 detik untuk menguasainnya.

Membuat assist dari penalti

Banyak pemain yang memanfaatkan penalti untuk melakukan tendangan langsung kearah gawang, tapi tahukah kamu bahwa kita bisa membuat assist saat menendang penalti. Kita bisa mengoper bola itu kerah depan dan langsung di manfaatkan rekan setim yang berlari dari luar kotak penalti.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Amanda Nunes, Juara Dunia MMA Wanita Lesbian Pertama

Dalaman harus sewarna

Merupakan hal yang umum ketika melihat seorang pemain turun ke lapangan menggunakan celana pendek atau kaus dalam, namun semua pakaian yang dikenakan itu harus memiliki warna yang sama dengan warna utama jersey mereka.

Menjaga jarak dengan dinding lawan

Dalam melakukan tendangan bebas, tim penyerang dilarang untuk mengganggu barisan dinding pertahanan lawan. Mereka harus berdiri di sekitar dinding tersebut, paling tidak memiliki jarak sejauh satu meter. Hal ini dilakukan untuk mengurangi citra permainan itu sendiri.

Mendapat kartu sebelum pertandingan di mulai

Kamu bisa saja mendapat kartu peringatan bahkan hingga di usir dari lapangan meski pertandingan belum dimulai. Kejadian ini pernah dialami Patrice Evra saat bermain untuk Marseille tahun 2017 lalu, ia mendapat kartu mreah karena menyerang penonton saat tengah melakukan pemanasan.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Amanda Nunes, Juara Dunia MMA Wanita Lesbian Pertama

Menendang penalti dilarang melakukan dua sentuhan

Saat melakukan penalti di waktu normal, pengeksekusi tidak dapat menyentuh/menendang bola untuk mencetak gol setelah bola yang di tendang mengenai tiang dan memantul kecuali bola tersebut telah di sentuh pemain lain.

Minimal tujuh pemain dalam satu tim

Sebuah tim di nyatakan siap bermain apabila mereka memiliki tujuh orang pemain di dalamnya, ini berarti hanya terdapat maksimal empat kartu merah yang di berikan kepada satu tim di setiap pertandingan. Wasit akan terpaksa menghentikan pertandingan jika ada kartu merah kelima.

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI