Seragam Terbaru Satpam 2021 Mirip Seperti Polisi, Begini Latar Belakangnya

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Beberapa hari terakhir hingga saat ini, kita melihat persamaan seragam Satuan Pengamanan (Satpam) dengan Polisi Republik Indonesia (RI), Polri menyatakan penggunaan seragam baru tersebut akan mulai diberlakukan tahun 2021.

Sesuai dengan peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Para anggota satpam menggunakan atasan berwarna coklat muda dan bawahan coklat tua, disertai ketanda pangkatan di pundak. Tentu saja ada latar belakang yang menyebabkan seragam satpam saat ini berubah menjadi seperti seragam polisi

BACA JUGA :   Anies Jadi Sopir MikroTrans, Sidak atau Ingin Lebih ''Dekat''?

Sejak Agustus 2020, seragam dinas harian satpam yang semula terdiri dari atasan putih dan bawahan biru tua, diubah menjadi atasan dan bawahan coklat muda dan coklat tua. Layaknya seragam polisi.

Brigjen (Pol) Awi Setiyono yang saat itu menjabat Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri menyatakan, perubahan seragam tersebut diharapkan menumbuhkan kebanggaan satpam terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.

BACA JUGA :   Anies Jadi Sopir MikroTrans, Sidak atau Ingin Lebih ''Dekat''?

“Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Awi di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, 14 September 2020.(ZUL)

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA