Menwa Satuan 707 Unibos Gelar Lomba Napak Tilas

Lomba Napak Tilas oleh Menwa Satuan 707 Unibos.[Foto:/Ist.]
Lomba Napak Tilas oleh Menwa Satuan 707 Unibos.[Foto:/Ist.]

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 707 Universitas Bosowa (Unibos) gelar Lomba Napak Tilas di Parangloe, Kabupaten Gowa. Kegiatan tersebut dilaksanakan empat hari, mulai Jumat hingga Senin, 15-18 Maret 2019.

Kegiatan yang mengikutkan peserta Menwa se Sulawesi Selatan ini diikuti 40 peserta dari 10 tim dan membagi tiga peserta dalam satu tim. Termasuk Resimen Mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (2 tim), Universitas Muslim Indonesia (2 Tim), Universitas Negeri Makassar (1 Tim), Universitas Cokroaminoto (1 Tim), IAIN Pare-Pare (1 Tim), IAIN Bone (2 Tim), As’adiyah Sengkang (1 Tim) dan tim Universitas Bosowa sebagai panitia pelaksana.

Foto bersama usai lomba Napak Tilas oleh Menwa Satuan 707 Unibos.[Foto:/Ist.]
Foto bersama usai lomba Napak Tilas oleh Menwa Satuan 707 Unibos.[Foto:/Ist.]
“Para mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini harus tetap menjaga silaturahmi agar kegiatan ini tidak hanya memberi pengalaman prestasi non akademis tetapi juga dapat menjadi wadah untuk silaturahmi sesama anggota Menwa di lingkup Sulsel. Untuk kegiatan selanjutnya, mungkin bisa ditambahkan lomba outbound untuk melatih ketangkasan mental dan fisik para peserta,” ungkap Wakil Rektor III Unibos, Dr Abd Haris Hamid sebelum melepas keberangkatan tim.

Baca Juga :   Terapkan Pembelajaran yang Inovatif, Mahasiswa Administrasi Negara Unibos Kunjungi Benteng Rotterdam

Lomba yang dimenangkan oleh Tim Resimen Satuan 702 Universitas Negeri Makassar ini dilakukan dengan lomba jalan cepat. Lomba ini ditujukan untuk melatih peserta menanamkan nilai perjuangan para pahlawan agar menjadikan generasi muda tetap mengingat bahwa sebuah kemerdekaan membutuhkan perjuangan seperti layaknya jika seorang Menwa melakukan pendakian gunung untuk mengingat perjuangan pada masa perang dengan menelusuri jalan yang telah dilalui oleh pejuang masa lampau.

Ketua (Komandan) Menwa Satuan 707 Unibos, Alfridus Patrisius mengatakan terpilihnya Unibos menjadi tuan rumah merupakan hasil keputusan seluruh satuan Menwa se-Sulsel pada lomba yang digelar tahun sebelumnya.

“Ini kali pertama kami menjadi panitia pelaksana dalam kegiatan ini dan Alhamdulillah berhasil. Keberhasilan kami dibuktikan dengan kembali terpilihnya kami sebagai panitia untuk even tahun berikutnya. Semoga, kegiatan ini tidak hanya melatih fisik para Menwa tetapi juga kegiatan ini bernilai sebagai salah satu bentuk kami untuk tetap melestarikan ingatan kepada para pejuang terdahulu,” tuturnya Alfridus Patrisius.

Selanjutnya, usai penyerahan hadiah kepada pemenang, Resimen Mahasiswa Satuan 707 Unibos melanjutkan kegiatan dengan menggelar bakti sosial di lingkungan sekitar tempat pelaksanaan kegiatan tersebut sebelum meninggalkan lokasi kegiatan.(*)

Baca Juga :   Unibos Kembali Dipercayakan Buka Dua Prodi Baru