Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5, Subtema 3 Pembelajaran 1 Keseimbangan Ekosistem Halaman 103,104 dan 105

Kunci Jawaban Halaman 103

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan-kegiatan berikut ini.

Mencari Arti Kosakata Baru

- Iklan -

1. Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari bacaan di atas.
2. Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku catatanmu.
3. Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
4. Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat lengkap.

Jawaban:

NO. KOSA KATA BARU ARTI
1 Ekosistem Keadaan khusus tempat komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi
2 Energi Daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga;
3 Produsen Penghasil bahan makanan
4 Konsumen Pemakai barang hasil produksi 
5 Herbivor Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan
6 Predator Binatang yang hidupnya dari memangsa binatang lain; hewan pemangsa hewan lain
7 Kompleks Mengandung beberapa unsur yang pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan
8 Komponen Bagian dari keseluruhan; unsur:
9 Mangsa Binatang yang menjadi makanan binatang buas
10 Karnivor Hewan pemakan daging (seperti anjing, kucing)
11 Omnivor Hewan pemakan hewan lain dan tumbuhan
Contoh kalimat:
  1. Ekosistem hutan bisa rusak jika tidak ada kesadaran dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikannya.
  2. Kebergantungan antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam sebuah ekosistem.
  3. Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi listrik untuk suatu hal yang tidak berguna.
  4. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien.
  5. Produsen merupakan makluk hidup yang dapat membuat makanananya sendiri.
  6. Makluk hidup yang secara langsung tergantung pada produsen yaitu hewan pemakan tumbuhan.
  7. Konsumen adalah makhluk hidup yang mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain.
  8. Konsumen dalam rantai makanan ini biasanya diurutkan sesuai tingkatan
  9. Herbivora adalah hewan yang makanannya berupa tumbuhan seperti rumput, daun-daunan, biji-bijian dan buah-buahan.
  10. Hewan herbivora kebanyakan dipelihara oleh manusia karena tidak buas.
  11. Predator puncak merupakan predator yang menduduki bagian atas rantai makanan.
  12. Hewan komodo tergolong sebagai predator puncak.
  13. Masalah yang berat dan kompleks dicoba dengan solusi yang ringan dan sederhana.
  14. Kategori masalah bervariasi; ada yang ringan, ada yang berat; ada yang sederhana, ada yang kompleks.
  15. Komponen-komponen yang menjadi penyebab terbentuknya ekosistem, yakni komponen biotik dan abiotik.
  16. Komponen abiotik ini merupakan komponen berupa makhluk mati.
  17. Ada beberapa jenis hewan yang hidup dengan cara memangsa hewan lainnya.
  18. Hewan kecil seperti belalang sembah juga dapat memangsa hewan lainnya.
  19. Hewan karnivora memiliki peranan penting di dalam sistem keseimbangan alam dan ekosistem.
  20. Hewan karnivora biasanya memiliki bentuk pencernaan yang relatif pendek.
  21. Omnivora tetap memainkan peranan yang besar untuk aliran energi dalam pola ekosistem.
  22. Peran ekologi omnivora menjadi penting karena mereka mengkonsmsi tumbuhan dan juga hewan.

Membuat Peta Pikiran

- Iklan -
Baca Juga:  Kunci Jawaban Lengkap Bahasa Indonesia kelas 9 halaman 120 Kegiatan 2 pokok pikiran teks tentang pajak

Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap paragraf. Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk membuat cabang utama pada peta pikiranmu. Temukanlah informasi penting pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap paragraf yang telah kamu buat sebelumnya.

Buatlah peta pikiranmu semenarik mungkin, lalu presentasikan di depan kelas dengan percaya diri.

Jawaban:

- Iklan -

Jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi. Pada jaring-jaring makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Kunci Jawaban Halaman 103 dan 104

Ayo Mencoba

Baca Juga:  Pronoun, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Pronoun

Kamu tentu telah mengetahui dan memahami beberapa jenis ekosistem yang ada di dunia. Kamu juga telah mengetahui bahwa ada hubungan khas yang terjadi di dalam sebuah ekosistem. Rantai makanan pada setiap ekosistem dapat juga merupakan hubungan khas di dalam ekosistem. Hubungan dimakan dan memakan di dalam ekosistem dipengaruhi oleh komponen ekosistem yang ada pada ekosistem tersebut.

Kamu akan bekerja sama dengan beberapa orang temanmu di dalam kelompok. Sediakanlah beberapa alat dan bahan seperti koran atau majalah bekas, atau sumber informasi lain, gunting, lem, kertas karton ukuran A3, dan alat tulis. Berbagilah tugas dengan teman sekelompokmu berdasarkan langkah kegiatan berikut ini.

  1. Setiap kelompok akan mendapatkan jenis ekosistem yang berbeda.
  2. Pelajarilah ekosistem tersebut dengan mencari informasi tentang komponen biotik dan abiotik yang menjadi bagian ekosistem tersebut.
  3. Carilah informasi tentang hewan dan tumbuhan yang ada pada ekosistem tersebut.
  4. Tentukanlah sebuah jaring-jaring makanan yang mungkin terjadi pada ekosistem tersebut.
  5. Carilah gambar hewan atau tumbuhan dari sumber informasi yang ada yang sesuai dengan jaring-jaring makanan yang telah kamu tentukan. Potong dan kumpulkan.
  6. Di atas kertas karton A3, susunlah jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem tersebut.
  7. Berikanlah keterangan yang menarik tentang ekosistem dan jaringjaring makanan yang terjadi pada ekosistem tersebut. Kamu juga dapat mencantumkan fakta menarik tentang makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makananmu, demikian juga dengan fakta menarik tentang ekosistem pilihanmu.
  8. Susunlah jaring-jaring makanan dan keterangannya dengan menarik.
  9. Presentasikan hasil karyamu di depan kelas dengan percaya diri.
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU