Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5, Subtema 3 Pembelajaran 4 Keseimbangan Ekosistem Halaman 122, 124, 125, 126, 128, dan 129

Kunci Jawaban Halaman 128

Ayo Berkreasi

• Dalam sebuah kelompok kecil beranggota empat sampai lima siswa, carilah gambar-gambar mengenai kegiatan ekonomi masyarakat dalam lingkup kepulauan Nusantara di koran, majalah, atau internet. Gambar-gambar tersebut dapat pula tentang perdagangan atau pendistribusian komoditas perdagangan yang dilakukan antardaerah di Indonesia ataupun kegiatan ekspor yang dilakukan oleh suatu daerah. Tempelkan gambar-gambar tersebut di sehelai kertas karton ukuran A3 dan berilah penjelasan mengenai kegiatan ekonomi yang tengah terjadi dalam gambar tersebut.

• Diskusikan bersama:

- Iklan -

1. Apakah manfaat kesatuan ekonomi bagi masyarakat di suatu daerah?
Jawaban:
Manfaat kesatuan ekonomi bagi suatu daerah adalah sebagai berikut :
(1) Keperluan hidup sehari-hari tersedia merata di seluruh wilayah tanah air dan
(2) Tingkat perkembangan ekonomi serasi dan seimbang di seluruh daerah.

2. Apa yang terjadi jika tidak ada kesatuan ekonomi?
Jawaban:
Jika tidak ada kesatuan ekonomi antara lain keperluan hidup sehari-hari tidak tersedia secara merata dan tingkat perkembangan ekonomi kurang serasi dan seimbang.

• Presentasikan gambar-gambar serta hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian.

- Iklan -

Kunci Jawaban Halaman 128 dan 129

Ayo Berlatih

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.
Jawaban:
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

2. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya?
Jawaban:
Letak geografis Indonesia yang sangat strategis membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran kapal-kapal perdagangan dunia, Hal ini menjadi potensi bagi Indonesia untuk meningkatkan ekonomi.

- Iklan -

3. Bagaimana caramu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi?
Jawaban:
Cara meningkatkan persatuan dan kesatuan adalah dengan menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan, dan mengajak teman untuk bermain tanpa memandang status ekonominya.

4. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?
Jawaban:
Alat transportasi yang ada saat ini telah berganti dari transportasi bertenaga manual menjadi tenaga bahan bakar minyak dan listrik. Perubahan ini juga membuat alat transportasi saat mampu melaju lebih cepat dan dapat menampung penumpang lebih banyak.

Ayo Renungkan

Baca Juga:  6 Contoh Negara Berkembang yang Memiliki Potensi Besar

Kegiatan apa sajakah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara teman-temanmu yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi? Hal menarik apa sajakah yang kamu dapatkan dari keragaman kehidupan ekonomi masyarakat di sekitarmu?
Jawaban:
Beberapa kegiatan meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan cara menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan. Hal yang menarik adalah dengan adanya keragaman hubungan ekonomi kebutuhan menjadi terpenuhi.

—

Baca Juga:  Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik dan Contohnya

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, carilah sebuah poster dari koran atau majalah yang bertemakan ajakan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Amatilah poster tersebut dan diskusikanlah dengan orang tuamu pesan yang kamu tangkap dari poster tersebut.

Jawaban:

Poster tersebut berisi tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan untuk NKRI. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kunci utama dalam sebuah negara. karena tanpa persatuan dan kesatuan Negara Indonesia tidak akan dapat terus berdiri.

—

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU