Rabu, April 21, 2021

Seruan Bebaskan IJul Bergejolak, FPR Sulsel Tuntut Hakim Harus Objektif

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Setelah menggelar aksi kampanye sewaktu kemarin, Front Perjuangan Rakyat (FPR) Sulsel di kembali Aksi di pelataran gedung Pengadilan Negeri Makassar, Jln. R.A Kartini. Selasa (09/02/21).

Aksi yang di gelar sejak siang tadi merupakan pengawalan agenda pembacaan nota pembelaan (Pleidoi) oleh kuasa hukum para terdakwa yang dijadwalkan pada Pukul 13.00 WITA.

Ijul dan terdakwa lainnya ditangkap oleh pihak Polrestabes Kota Makassar dengan tuduhan melakukan pembakaran ambulans dan pengrusakan gedung milik Partai Nasdem pada Kamis malam (22/10/20) lalu saat aksi penolakan UU Cipta Kerja berlangsung di Jalan A.P Pettarani Makassar.

Humas FPR Sulsel, Al Iqbal membantah tuduhan tersebut. Dia menyampaikan bahwa tuduhan tersebut tidak dapat dibenarkan sebab Ijul secara pribadi maupun organisasi tidak terlibat dalam dalam aksi unjuk rasa pada malam itu.

“Itu tidak benar, Ijul dan kami di FPR tidak terlibat dalam aksi pada malam itu sehingga tidak dapat dibenarkan bahwa Ijul yang melakukan pembakaran,” Tegas cibal sapaan akrabnya.

“Dalam pengajuan saksi pihak terdakwa, para saksi juga dapat menjelaskan rangkaian kegiatan yang dilakukan Ijul saat itu, mulai dari kesibukan di kampus hingga di luar kampus untuk urusan penyelesaian akademik. Tidak ada kegiatan Ijul hari itu yang membenarkan dugaan bahwa Ijul berada di lokasi pembakaran,” tambahnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Ijul, Ansar S.H dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar setelah persidangan menyampaikan bahwa Ijul hanyalah korban asal tangkap dari rezim politik saat ini.

“Tidak ada sama sekali bukti atau saksi yang mampu menjelaskan keterlibatan Ijul. Saksi-saksi yang diajukan Jaksa malah memberikan keterangan yang tidak konsisten bahkan saling bertentangan. Sehingga keterangan dari saksi sangat meragukan.” Tegas-Nya.

Lanjut, dia menambahkan bahwa terdapat kejanggalan yang muncul dalam fakta-fakta persidangan yang telah berlangsung hingga saat ini.

“Dalam persidangan, kita mengetahui bahwa berkas tuntutan hampir sama persis dengan berita acara pemeriksaan (BAP) para terdakwa sehingga patut diduga merupakan hasil jiplakan,” Imbuhnya

“Selain itu, para terdakwa lainnya menyangkali hasil BAP bahwa mereka mengenali Ijul, sementara Ijul ditangkap berdasarkan pengakuan salah satu terdakwa yang menyebutkan bahwa Ijul terlibat dalam aksi tersebut,” Tutup-Nya. (RAI)

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI